Corat-coret Anto S. Nugroho

Catatan kehidupan

  • Corat-coret Terbaru

  • September 2007
    S S R K J S M
    « Agu   Okt »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
  • Kategori

  • Arsip

Menghafal huruf Kanji

Posted by Anto Satriyo Nugroho pada September 13, 2007

Ada beberapa pertanyaan yang saya terima mengenai tips menghafal huruf Kanji. Saya coba untuk sharing pengalaman saya dulu saat masih belajar bahasa Jepang, barangkali ada manfaatnya. Saya pertama kali belajar bahasa Jepang di Japan Foundation Summit Mas Jakarta. Hari-hari pertama kami belajar baca tulis hiragana dan katakana. Kalau tak salah sejak hari ke-11 kursus, kami mulai belajar cara baca dan tulis Kanji. Suripno Sensei lah yang mengajar kami dengan sabar urutan stroke saat menulis huruf masing-masing huruf. Untuk menghafalkan huruf tersebut, banyak di antara kami yang membuat kertas kecil panjang yang bisa dilipat menjadi kecil, bertuliskan huruf-huruf Kanji yang sedang kami pelajari. Kertas hafalan itu kami bawa kemana-mana, dan kami bisa belajar menghafal tulisan tsb. saat naik bis ke sekolah. Kanji yang kami pelajari saat itu mungkin masih sekitar 200 huruf. Selain pelajaran Kanji, kami belajar grammar, intonasi dalam bahasa Jepang, dan juga pengenalan budaya Jepang (Japanology). Guru yang mengajarkan keduanya adalah Sukegawa Sensei (sekarang beliau menjabat sbg. professor di Tohoku University), dan Lim Sensei.

Tiba di Jepang musim semi 1990, kami belajar bahasa Jepang di Kokusai Gakuyukai Nihonggo Gakko. Keuntungan belajar bahasa Jepang di negeri Jepang adalah kami langsung terjun ke lingkungannya. Mau tidak mau, kami dipaksa untuk memahami dan mencari arti dari huruf-huruf yang berada di sekitar kehidupan kami sehari-hari. Di sekolah, pelajaran kanji diajarkan dengan cepat. Dalam satu hari, kadangkala kami belajar 20 sampai 30 an huruf, lengkap dengan cara baca onyomi dan kunyomi-nya. Buku yang dipakai dibuat oleh Sensei sekolah kami sendiri, dan huruf-huruf itu ditulis tangan, bukan berupa huruf cetakan ! Apa alasannya, saya tidak tahu. Tapi kalau difikir-fikir, barangkali kami dilatih agar terbiasa membaca tulisan tangan huruf Kanji, yang jelas kualitasnya tidak seindah/standard sebagaimana huruf cetak. Cara yang saya pakai masih sama seperti saat di Jakarta, menuliskan huruf itu di kertas kecil dan dibawa kemana-mana. Kalau di Jepang, untungnya notes kecil semacam itu mudah dibeli di toko buku dan alat tulis.

Selama setahun kami belajar, jumlah huruf Kanji yang dipelajari kalau tidak salah baru sekitar 1600-an. Masih dibawah standar minimal 2000 huruf untuk lulus level 1 nihonggo noryoku shiken (JLPT). Selain belajar bahasa Jepang, kami juga mendapatkan pelajaran fisika, kimia, matematika dan bahasa Inggris dalam bahasa Jepang di sekolah yang sama. Kami belajar bagaimana melafalkan rumus-rumus kimia, fisika dan matematika dalam bahasa Jepang. Saat itu kami membeli word-tank, atau kalau sekarang istilahnya denshi-jiten (electronic dictionary) untuk membantu mencari tahu arti kata-kata, atau cara baca sebuah huruf Kanji. Harganya saat itu sekitar 11 ribu yen, dan yang lebih bagus kualitasnya seharga sekitar 25 ribu yen. Saya dan beberapa rekan juga membeli kamus Nelson, yang direkomendasikan oleh Sukegawa sensei untuk dimiliki oleh setiap orang yang belajar Kanji. Kamus Nelson memang literatur klasik dalam pengenalan huruf Jepang.

Tiba saat mengikuti ujian JLPT level 1, kami pun belajar keras agar bisa lulus ujian. Tetapi dari angkatan kami (sekitar 60 an orang), hanya 5 orang saja yang berhasil lulus JLPT level 1. Untuk perguruan tinggi, kami sudah ditempatkan oleh Monbusho, dan tidak diperkenankan mendaftar sendiri. Pertimbangan penempatan juga tidak dijelaskan kepada kami, apakah berdasarkan score JLPT & toitsu-shiken ataukah berdasarkan hal yang lain. Kami hanya terima keputusan saja, dimana melanjutkan studi S1. Saya saat itu ditempatkan oleh Monbusho di Nagoya Inst. of Technology.

Setelah masuk perguruan tinggi, tahun pertama merupakan fase paling berat. Untuk membaca buku teks berbahasa Jepang, diperlukan waktu yang lama sekali untuk mampu membaca dan memahami artinya. Belum lagi saat mengikuti kuliah. Sangat sulit untuk memahami bahasa Jepang yang dipakai oleh sensei, maupun membaca tulisan beliau. Saya sering bertanya ke teman sebelah, huruf apa yang dituliskan oleh sensei di papan tulis. Apalagi selama tingkat I, kami mendapatkan mata kuliah yang cukup beragam, meliputi sosiologi, didaktik, wayaku (menterjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Jepang), politik, sejarah dunia dan berbagai mata kuliah sosial lainnya, padahal saya belajar di fakultas teknik. Rasanya seperti anak SD yang disuruh mengikuti kuliah, karena ketidak mampuan saya dalam bahasa Jepang. Padahal secara formal, sudah mengikuti pendidikan bahasa Jepang selama satu setengah tahun.

Alhamdulillah, masa-masa berat itu dapat saya lalui juga, dan berhasil menyelesaikan studi S1 di tahun 1995. Skripsi saya saat itu saya tulis dalam bahasa Jepang, dan satu-satunya thesis yang saya tulis dalam bahasa Jepang. Karena untuk S2 dan S3, saya memilih menulis thesis dalam bahasa Inggris. Pertimbangan saya, agar thesis saya nantinya bisa dibaca banyak orang, tanpa saya harus menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris (seandainya saya tulis dalam bahasa Jepang). Sampai lulus S1, saya tidak mengikuti JLPT. Beberapa teman sebelum lulus menyempatkan diri mengikuti JLPT. Saya baru mengikuti JLPT setelah lulus S3, dan mengajar di Chukyo Daigaku. Agak khawatir juga, karena saat itu nggak sempat persiapan ujian sama sekali, karena kesibukan di kampus. Alhamdulillah saya lulus ujian level 1 dan akhirnya memiliki sertifikat tsb. Sebenarnya saya masih nggak puas, dan pengin ujian lagi agar bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Perfect score, itu target nya. Tapi waktu dan kesibukan sepertinya nggak memungkinkan, setidaknya untuk sementara ini.

Di milis angkatan alumni Jepang, teman saya ngomporin untuk ikut ujian JLPT lagi tahun ini : “UJI NYALI”, begitu katanya. Rupanya kawan saya ini tiap tahun mengikuti JLPT level-1, sebagai hobby dan menguji kemampuan diri sendiri. Berkali-kali dia lulus level 1, walau pernah gagal juga. Entah berapa sertifikat level 1 yang sudah dia kumpulkan :D Ada juga teman yang punya obsesi unik. Sesudah lulus level 1, kemudian mengikuti ujian level-level di bawahnya (2, 3 dan 4), agar bisa mengkoleksi sertifikat berbagai level dalam JLPT. Ah, ada ada saja ya. :D

About these ads

52 Tanggapan to “Menghafal huruf Kanji”

  1. sakuralady said

    Iya, kanji susah ya untuk orang Asia yang karakternya memakai romaji (terkecuali dari Cina dan mungkin Korea?). Saya sependapat juga kalau sudah di Jepang, akan lebih terbiasa dengan kanji2, paling ga bisa baca, walaupun pas nulis agak kesendat2, mikirin ada stroke yg kurang / tidak. :D

    Saat ini, saya juga mengalami krisis pede krn bahasa pengantarnya yang masih susah dimengerti pada saat di kelas. fiuh. Thanks buat tips2nya Pak Anto.

    Tambahan mungkin buat yang lain belajar bahasa Jepang : coba latihan baca tulisan2 yang full kanji, dimulai dari komik, ngerti ga ngerti dibaca saja utk biasain matanya dengan karakter2 kanji itu. Terus kalau ada buku teks belajar bhs jepang, sebisa mungkin cari yang tidak ada tulisan romaji, ataupun kalau ada, terpisah bagiannya, krn mata cenderung manja utk memilih baca romaji daripada kanji (spt buku minna no nihongo)

  2. shinchan said

    anu mas, numpang tanya, punya saran mengenai tata bahasa jepang, sekarang ini saya sedang aktif belajar, namun otodidak, jadi ya banyak kendalanya. jadi saya minta saran mas, atau mas punya tulisan mengenai hal diatas? bisa kontak melalui e-mail saya, arigato gozaimasu…..
    Jawab:
    Sepertinya agak sulit kalau belajar otodidak, karena harus mempelajari kanji juga. Bahasa Jepang tidak dapat dikuasai, tanpa belajar baca tulis Kanji. Kalau serius, ada baiknya ikut kursus bahasa Jepang, agar ada kesempatan praktek dan berlatih bicara dengan native.

  3. Suwarno said

    Mas, anak saya dah 3 th krja di jepang lancar baca tulis dan percakapan bhs jepang dia pingin dpt ijasah gimana caranya? Arigato suwarno
    Anto:
    Pak Suwarno. Untuk mendapatkan ijazah (sertifikat) JLPT (Japanese Language Proficiency Test) putera bapak harus mengikuti ujian JLPT yang diselenggarakan akhir tahun. Formulir pendaftarannya dapat dibeli di toko buku, hanya saja saya ragu apakah batas pendaftarannya sudah berakhir atau belum. Silakan minta agar putera bapak mengeceknya. Semoga sukses.

  4. Dhanny said

    Salut buwat pak Anto atas kerja kerasnya..Saya yg baru mau blajar kanji,rasa2nya sudah njlimet dan setengah menyerah krn ‘bentuk’ huruf2nya..Blm lagi kalo 1 kata ada sampe bbrp kanji..Dgn membaca tulisan pak Anto,timbul smangat utk bljr kmbali..Mohon Bimbingannya…

  5. dianitanjung said

    Hajimemashite, Diani to mooshimasu.
    Sore wa taihenna keiken da yo.Belajar keras hasil memuaskan…! Hal yang patut tuk disyukuri. Halnya saya juga sangat bersyukur,saya memang tidak punya keberanian belajar ke Jepang karena berbagai alasan walau kesempatan itu pernah ada. Rasa syukur saya,walau tidak ke Jepang saya masih dapat ilmu dari lapangan kerja untuk pelajaran teinei dan sonkei kotoba dari para tamu Jepang yang saya pandu di negeri ini.
    Yang begonya 3 kali saya ikuti Nihonggo Noryooku Shiken tuk level 1 tidak lulus lulus juga, mengapa ga ambil level 2,3,4 ya? Saya ogah, pertimbangan saya buat apa nyimpan dan membanggakan sertifikat dari level 2,3,4. Ga lulus juga ga apa apa lain kali dicoba lagi. Eh tahun berikutnya karena kesibukan kerja dan lain-lainnya saya ga dapat ikuti lagi.Begitu baca tulisan pak Anto, saya kepikir lagi. Soal macu diri masih memungkinkan hanya saja Desember 2008 lah baru dapat saya ikuti lagi di Medan.Posisi saya di kota kecil Pandan Pantai Barat Sumatera Utara. And if you dont mind please open the line to my email diani640701@yahoo.com

  6. Dini said

    pak Anto, salut dengan perjuangannya..level 1 ?? saya level 2 fugokaku terus..
    btw, murid murid Bahasa Jepang di Kelas saya banyak yang request meminta kosakata bahasa Jepang di bidang Kimia, Fisika, Matematika, Biologi…bisa Bapak memberi masukan kepada saya dimana mendapatkan kamusnya ?
    terima kasih

  7. w.a.saputra said

    salam kenal.saya guru bahasa Jepang dari salah satu sman favorit di semarang.berkat artikel ini saya terbantu dan dapat belajar banyak mengenai budaya sehari-hari di Jepang,karena tiap hari ada aja pertanyaan dari murid mengenai Negara Jepang mulai Anime, harajuku,dll, maklum walaupun saya sudah 2th mengajar bahasa Jepang di sma tapi sama sekali belum pernah merasakan daratan Jepang.saya harap artikelnya terus di tambah ya pak Anto.
    itsumo osewani natte orimasu.doumo arigatou

  8. ginanjar said

    salam kenal, pak nugroho! baru-baru ini saya belajar bahasa jepang! saya sungguh kagum dengan bapak! ternyata ada putra bangsa ini yang mampu bersaing dengan sdm yang ada di jepang!

  9. EMHAS said

    Yaaa,,Huruf KANJI memang unik dan luar biasa sulitnya! Bagi saya huruf KANJI itu tontonan sehari-hari, entah itu muncul di TV, media cetak, atau papan nama/reklame di luar jalan. Sering kali saya membaca/menulisnya di kertas bekas, atau menulisnya dalam benak (imajinasi). Saya sarankan, bagi yang ingin bisa membaca/menulis KANJI, harus tekun dan pantang menyerah! Taihen kuro ga hitsuyo da yo,,, betul kan Pak Anto?
    Prinsipnya, Orang lain bisa, kenapa kita tidak? Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

    -emhas-

  10. Agung said

    Wah….salam kenal Pak!! saya senang sekali dg kebudayaan Jepun…sempat kursus tp br dasar banget…memangnya bisa ya kursus di Jap Foundation dari level dasar??

  11. oches said

    bagus pak atikelnya, tapi klo bisa tunjukin dong persamaan huruf alfhabet dengan huruf kanji,terima kasih.

  12. rusadi said

    maaf pak
    saya mau bertanya gimana cara nya bisa kuliah di jepang
    sekarang saya lagi magang di jepang
    yoroshiku oneaitashimasu………….

  13. mercy said

    hajimemashite mercy to moushimasu,yoroshiku
    anto san sugoi desu ne, saya mau tanya gmn cara efektif menerjemahkan bahasa ibu ke bahasa sasaran, disni dr bhs. indonesia ke jepang,soalnya sy lemah di terjemahan bingung gmn mengepaskan kimochinya org jepang, sy pernah ke jepang sekolah gakkou 1,5thn sayangnya saya tidak melanjutkan daigaku/senmon krn sy hrs plg dulu ke ina. nah sy msh merasa kurang dgn bhs jepang sy wlpun sy sering belajar dr situs internet agar sy gak ketinggalan jaman dgn perkembangan jaman. karena iskg sy lagi ngajar di madiun bhasa jepang utk D1,mohon bantuannya

  14. ryu said

    tyu to moushimasu. douzo yoroshiku.
    sensei wa ima doko ni irashaimasu ka? jakaruta desuka nihon desuka?
    Jitsu wa watashi wa jibun de nihon go o benkyou shita. 4 kyuu to 3 kyuu ga gokaku shita ato kotoshi wa 2 kyuu o uketai to omoimasu kara yoroshii saito ( situs) ga aru kara watashi o oshiete kudasai. moushi hokano taisetsuna file ga attara watashi no meru ni okutte kudasai. watashi jakaruta ni sunde imasu kara moeshi sensei wa jakaruta ni ittara, hontouni aitai no desu ga. Yoroshiku onegai itashimasu.

  15. rudi kaharudin said

    Saya pernah belajar bahasa mandarin di Bejing, bisa nggak kira kira ikut ujian mendapat sertifkat bahasa jepang ? karena induknya bahasa jepang adalah mandarin.

  16. dwi said

    Barangkali sulitnya kita belajar kanji sama seperti sulitnya orang Jepang belajar membaca Quran :p Istri saya setengah mati belajar huruf arab, sementara saya setengah mati belajar hiragana (dan jelek, menurut penilaian istri saya :)).

    Mas, mau tanya:

    (1) belajar Jepang yang bagus dimana ya? Kalo diajarin oleh istri sendiri, kadang2 nggak serius, wlpun istri native.

    (2) Beasiswa phd untuk social-science ada tidak? S1 saya hukum di UGM, sementara S2 saya juga hukum di Lund Universitet, Swedia. Saya sedang mencari doktor di sosiologi hukum.

    Salam hangat,

    Dwi

  17. richan said

    Assalamualaikum
    Anto sensei sugoidesune.

    Hajimemashite rina to omoushimasu. Yoroshiku
    Memang huruf kanji sulit tapi mengasyikkan lho.Saya kira kuncinya sering renshu.tadashidesuka??

    Jujur sensei atashi wa nihon e ikitaidesune!!!
    Tapi saya mengakui kalau kemampuan bahasa Jepang masih sangat kurang.Sensei mungkinkah saya bisa ke Jepang?Insya Allah saya mau meneruskan jenjang S2.
    Sensei bagi pengalaman dong???

  18. rona narendra said

    mohon bantuannya… bagaimanakah tulisan “Harakiri” dalam huruf kanji? terima kasih jika dibals via email:
    neopinsilsakti@gmail.com

    salam

  19. jasmine said

    assalammualaikum wr wb
    terimakasih untuk tulisannya ini Pak Anto
    Saya salah satu perawat yg ikut program EPA di Jepang.Dan sekarang sampai bulan February tahun depan belajar Nihon go dan kanji.Selain itu harus mengikuti ujian kangoshi dalam bentuk Kanji….
    luar biasa berat bagi saya…dengan membaca tulisan bapak ini saya jadi semangat..
    salam kenal Pak Anto..
    Boleh silaturahmi dengan nyonya…mohon di balas ke email saya.terima kasih.

  20. nophi said

    pagi mass ,,,,
    sebelumnya makasi banget buat semua informasi – informasi yang ada tentang jepangnya.
    sumpah ,jujur,,,aku terobsesi banget dengan yang namanya jepang dan pengen bekerja di sana.
    mas , aku mau minto tolong ni, gimana ya caranya supaya aku bisa kerja di jepang dan perusahaan yang membuka lowongan ?
    sekarang ini aku masih kuliah ,jurusan ilmu komunikasi , Universitas Sumatera Utara.

    oya ,mas tau gak dengan artis jepang yang namanya ” ASAMI IMAJUKU ”

    mas ,,aku suka banget sama dia.jujur ,,,karena terinspirasi dari ASAMI IMAJUKU itu lah, aku pengen ke jepang dan bertemu sama dia mas.

    mohon bantuannya ya mas ,,,,

  21. andi irma said

    *banyak penggemar nih mas :)*

  22. sulkhan nuswantoro said

    salam kenal sebelumnya, saya bekerja sebagai instalatur audio mobil, sekarang ini banyak mobil2 keluaran jepang yang menu2 audionya memakai tulisan kanji, sebagai seorang instalatur saya sama sekali tidak mengerti dan ini menjadi kendala yang sangat berat. saa pengen bisa membaca tulisan kanji dan mengeri artinya. Gimana pak cara belajarnya, yang siple2 aja. makasih sebelumnya, jika berkenan tuntun saya di sekar_pertiwi@yahoo.com

  23. [...] ditulis pada September 13, 2007 oleh Anto Satriyo Nugroho [...]

  24. andrew said

    Dimana saya bisa belajar bahasa jepang

  25. hery said

    Antosensei sugoidesune…

    hajimemasjhite.Hery toomoshimasu.
    sekarang saya mengajar di salah satu sma di kabupaten Tapanuli Tengah, kota Pandan. Saya beranikian diri saja Pak. Membaca informasi yang Pak Anto berikan, saya termotivasi lagi untuk belajar leb uh keras. Terutama huruf kanji. Sebenarnya kemampuan bahasa Jepang saya, masih saya rasa kurang. Tapi saya harus belajar keras. Saya juga ingin ke Jepang, seperti halnya Pak Anto. Gimana caranya ya Pak…? Karena kadang pertanyaan dari murid saya,apa sensei sudah pernah ke Jepang? Ya, memang belum. Terima kasih…

  26. dhea derika said

    sensei..
    watashi wa dea desu..
    ak skarang msih kelas 2 sma..
    aku pengen banget meneruskan sekolah ku dan bekerja di jepang…
    aku harus mengajukannya kemana..??
    terima kasih sebelumnya..
    mohon balas ke alamat email saya dea_derika@yahoo.com
    mohon bantuannya..
    arigato gozaumasu..^^

  27. dhea derika said

    sensei..
    watashi wa dea desu..
    ak skarang msih kelas 2 sma..
    aku pengen banget meneruskan sekolah ku dan bekerja di jepang…
    aku harus mengajukannya kemana..??
    terima kasih sebelumnya..
    mohon balas ke alamat email saya dea_derika@yahoo.com
    mohon bantuannya..
    arigato gozaimasu..^^

  28. Selamat siang Pak Nugroho,
    Sudah lama saya ingin belajar bahasa jepang.
    Mohon memberikan nasehat: apa yang pertama sekali harus saya pelajari, dan dimana saya bisa menemukan hal yang saya harus pelajari tsb.

    Matur nuwun..

  29. Dee said

    iya kanji sulit.. nyohohoho.. tapi saya harus belajar.. tinggal staun menuju japan dan masih susah baca tulis.. fufufufu.. apa saya pindah haluan ke Rusia aja ya.. Ah Rusia juga hurufnya aneh-aneh.. hikshiks… kyknya males banget belajar bahasa jepang.. >,<

  30. Himawari said

    Pak Nu, seberapa jauh perbedaan level 2 dan 1, dan bila dapet level 1 apa bisa ngajuin bea siswa ke jepang ato jadi dosen?

  31. novia rumbewas said

    kanji wa muzukashikunai desyo . . Ja . . Dekiru yo . .
    .hm. . I want to skull in japan but my problem is gmn spy kanjix wasurenai . . N nempel terus diingtn.

  32. novia rumbewas said

    sumimasen sensei . . Hajimemashite . . Watashi wa novia desu,papua karakimashita,nihon e ikimasu ja nihongo benkyoshinakerebanarimaren dem0 Nihongo wa muzukashi desyo. Nani o shite oitara iidesu ka?
    Arigato gozaimasu . .

  33. Kristi purnomo said

    Assalamualaikum,sensei aq dh 3 tahun kuliah di jrusan sastra jepang.Tp entah kenapa koq sulit bgt ya m’mahaminya.Aplg kanji…aq pusing bgt.Gmna sich caranya biar aq bs sukses blajar nihongo…skripsi nti aq mau bgt buat jdul ‘cara mudah m’pelajari kanji’ tp blum dapat ilmunya.Bantu aq sensei…
    Domo arigatougozaimasu

  34. indra said

    hajimemasjhite.indra toomoshimasu
    nihongo wa daisuki desuyo.
    demo….kanji wa amari wakarimasen ne….
    doozo yoroshiku,onegai shimasu

  35. esti said

    halooo mas… sya tertarik s2 psikologi di jepang, skrg lagi belajar bahasa, mempersiapkan JLPT & sibuk cari beasiswa, hehehe… sya kan merasa senang jika mas mau berbagi apapun tentang jepang, cara belajar bahasa jepang, budaya, termasuk informasi kul di sana. makasi y mas… :) balasan email dr mas tak tunggu loo… makasi yaaa…

  36. rike febriyanti said

    pak anto, salam kenal. saya tenaga pengajar bahasa jepang di salah satu universitas di jatim. kebetulan tiap tahun saya selalu kebagian mengajar huruf kanji. ndak tau itu untuk pemula atopun menengah. mohon informasi cara belajar kanji yang efektif dan cepat agar mahasiswa saya termotivasi lagi untuk belajar kanji. selama ini pertanyaan dari mahasiswa tk pemula saya itu itu saja.
    terimakasih atas bagi bagi ilmunya…. saya tunggu di email saya. matur nuwun.

  37. Neris san said

    Kombanwa. Salam kenal Pak anto. saya suka budaya jepang dan keindahan negerinya. syukur saya pernah menjadi kenshusei 3 tahun di Jpn,pernah ikut JLPT tapi belom lulus h he he he . soalnya sibuk kerja disana. Sekarang saya ingin menjadi guide wisatawan Jpn, tapi belum dapat. pengin balik ke Jpn lagi tapi bingung bagaimana caranya.. tlg kalo ada info saya tunggu di @ saya …. domo arigatu onegaishimasu.

  38. Riki said

    Mas bs tlng krmkn cnth2 hrf kanji jpng soalx mau ulngn nich!!!!

  39. andine said

    halo pak .. saya andin saya sangat tertarik untuk menguasai bahasa jepang , tetapi masalahnya saya kurang bisa mengingat huruf hiragana dan katakana .. mohon sarannya ..
    arigatou gozaimasu ..

  40. isty said

    huhuhu Keren sekali caranya….. saya jadi pengen, karena saya akui menghafal huruf kanji itu susah sekali meskipun saya mahasiswi jurusan bahasa Jepang di salah satu perguruan tinggi di Jakarta…… semoga kita bisa mneruskan perjuangan Bapak…. NNS bisa sampai level 1 seperti itu….. Amiiiiiin ya Allah ya Robbal Alamiiiiiiiiinnn

  41. agie said

    ohayoo gozaimasu, Anto san

    Pak sering-sering share dong pengalamannya soalnya saya juga masi dalam proses meraih beasiswa ke japan. tapi setelah baca artikel saya tertarik mendapat sertifikat JLPT. Bagaimana pak apa kita harus cari info mengenai testnya di Japan foundation beserta materi yang diujikan? mohon balasannya ke email saya :) arigatou gozaimasu

    ganbarimashou…

  42. muhammad ali al absyi said

    assalamualaikum…wr…wb salam sejahtera semoga diberikan selalu kpd orang-orang seperti bapak,saya sangat bangga dengan prestasi dan pengalaman yang sudah tercapai oleh bapak semoga generasi muda seperti saya akan meneruskan perjuangan bapak dan teman-teman. saya ali pelajar asal indramayu yang insya Alloh sebentar lagi saya akan mengikuti program magang ke jepang yang di biyayai oleh pemda indramayu.saya minta saran-saran dari bapak agar nanti saat saya mengikuti pendidikan di ikopin saya dapat belajar dengan konsisten dan cepat menghafal bahasa jepang.

  43. muhammad ali al absyi said

    assalamualaikum…wr…wb salam sejahtera semoga diberikan selalu kpd orang-orang seperti bapak,saya sangat bangga dengan prestasi dan pengalaman yang sudah tercapai oleh bapak semoga generasi muda seperti saya akan meneruskan perjuangan bapak dan teman-teman. saya ali pelajar asal indramayu yang insya Alloh sebentar lagi saya akan mengikuti program magang ke jepang yang di biyayai oleh pemda indramayu.saya minta saran-saran dari bapak agar nanti saat saya mengikuti pendidikan di ikopin saya dapat belajar dengan konsisten dan cepat menghafal bahasa jepang. arigatou gozaimasu

  44. aris said

    gimana dengan level 2 pada pelajaran nya pak,dan sampai beberapa lavel belajar huruf kanji??

  45. handra said

    aku mau tanya cara pnulisan hurf kanji yu gmana
    seandai nya A atau pun huruf yang lain nya/ cara menggabungkan huruf demi hurup

    dan ad gak abjad dalam hurup kanji

    tlng di balas ya

  46. tolong ka kalo bisa tulis semua huruf kanji nya di sni…

  47. Woody said

    精神… 你可以做… (semangat, kau pasti bisa)
    tulisan kanji jepang sedikit mirip dgn tulisan 普通话/中文….

  48. rizky apryanti said

    Assalamualaikum..
    saya rizky, skrg sedang praktek kerja di jpg baru 3 bln untuk msa wktu 3th
    belajar bhsa jpg memang mnyenangkan.. apalagi ngobrol sma org jepang, ramah2..
    pertanyaan sya kalo misalnya lulus nouryouku shiken misalnya level 2 atau level satu (berharap…^^) apakah bisa dapet beasiswa S1 di jpg??

    terimakasih sebelum nya :)

  49. megumi said

    hajimashite sultan to moushimasu

  50. koniciwa….
    watasi no namaewa roni des.
    tg.morawa karakimasita…

    sinse mw tanayak nue….
    buat menghapal cepat kanji….
    metode belajarnya tu gimna?

  51. jam said

    salam..
    cara hendak menulis nama kohbah

  52. Sparkyu said

    Kayak nya lebih gampang hangeul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 107 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: