Corat-coret Anto S. Nugroho

Catatan kehidupan

  • Corat-coret Terbaru

  • Februari 2008
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    2526272829  
  • Kategori

  • Arsip

Bermalam di surau

Posted by Anto Satriyo Nugroho pada Februari 29, 2008

Kamis sore kemarin saya telah berada di surau Qutubul Amin, di daerah Bogor. Saya rasakan suasana yang sama sekali berbeda dengan kantor yang terletak di pusat kota Jakarta. Hawa di surau terasa sejuk, bebas polusi dan segar. Setelah ziarah ke makam Ayahanda Guru, saya menikmati tenangnya suasana, menunggu tibanya saat Maghrib. Suasana hening dan khusyuk. Petang pun datang, matahari tenggelam di ufuk Barat. Tiba saatnya shalat Maghrib, adzan berkumandang dan kemudian kami sholat berjamaah. Betapa suasana seindah ini telah lama saya rindukan. Ah, serasa saya telah sampai di surga dunia. Usai shalat Maghrib, saya berzikir sebentar, memutar tasbih dan berzikir kepada Allah, mohon ampun kepada-Nya. Setelah itu, saya cari makan malam di kantin surau, sambil menunggu datangnya saat Isya, ngobrol dengan teman-teman lama. Akhirnya waktu sholat Isya pun tiba. Saat shalat Isya’ pun demikian juga. Suasana yang tenang dan khusyu’ membuat hati taslim.

Semalam saya tidur di surau, hanya beralaskan karpet di atas lantai, dan berbantal handuk dan baju yang saya lipat. Herannya, kepala saya tidak terasa berat, tidak terasa sakit sebagaimana kalau saya tidur di kantor. Padahal di kantor, saya sudah pakai kasur lipat dan tidur berbantal. Biasanya sakit kepala saya terasa kalau tensi sedang naik. Tetapi kemarin, setelah berbalur obat anti nyamuk, semalam saya alhamdulillah bisa tidur nyenyak, sampai menjelang saat subuh. Tiba saat shalat Subuh, kami pun mengambil air wudlu. Shalat Subuh walau jamaah yang ikut tidak sebanyak semalam, tapi khusyu’ nya sama.

Alhamdulillah, hari Jumat ini telah saya mulai dengan sesuatu yang indah. Semoga hari ini dan hari esok pun indah dan bermakna, atas rahmat-Nya.

About these ads

49 Tanggapan to “Bermalam di surau”

  1. arul_ayat said

    assalamualaikum bang nugroho…..?
    salam kenal dari saya, arul hidayat salah satu jamaah thareqat ayahanda guru.
    boleh tau link temen-temen ikhwan dari qutubul amin gak ya?

  2. Abdul Azis said

    Yth,
    Bang Anton S Nugroho.

    Dh,
    Salam kenal , saya Abdul Azis, Karyawan PT.Pupuk Kaltim Bontang, Domisili Bontang, saya bergabung dengan Yayasan YMM Ayahnda Guru sejak 1994, setelah jatuh bangun melang – lang buana di dunia Tasauf kampung, tidak pernah Sholat, tidak pernah Puasa, Sakti mandra Guna, tetapi di hadapan QUBAH YMM AYAHNDA GURU tersungkur, menangis , meratap sebisa – bisanya, ibarat anak kecil baru ketemu orang tuanya.
    Alhamdulilah , Allah masih berkenan menyelamatkan makhluk yang tak tau diri ini, kalau tidak pasti menjadi raja JIN Bontang.
    Demikian sekelumit tentang diri saya.
    Salam Hormat saya,

    Abdul Azis.

  3. % Bang Arul
    Maaf, saya khilaf terlupakan membalas pertanyaan abang. Saya tidak tahu link teman-teman QA.

    %Bang Abdul Azis
    Alhamdulillah, Bang. Semoga senantiasa istiqomah di jalan-Nya.

    Wassalam

    Anto S. Nugroho

  4. bidulux said

    assalamu’alaikum
    punten..mohon info surau di daerah bandung dunk..
    syukran…

    wass

  5. SURYA said

    Ass Bang Anto…
    saya juga murid Ayah Guru, alhamdulilah setiap minggu saya ke surau Arco, kalo gak malam wirid, hari minggu pagi untuk ziarah + jalan2 dengan keluarga

    seperti nya saya kenal wajah abang, tapi boleh gak kalo kita kenal lebih dekat lagi…?
    yang jelas saya orang biasa saja, tidak sehebat bang anto (btw, saya manggilnya bang anto atau bang nugroho..?) o iya ini HP saya, siapa tahu dibutuhkan 08151671172

  6. rahim said

    mo kenalan ni.saya rahim dari medan.dah lama juga nggak ziarah ke Ayahanda Guru.tapi insya Allah bulan 8 ini mo kesana dwngan keluarga. ab.domosili dimana ?

  7. Sajadin Sembiring said

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Maaf Bang Anto, kenalkan nama saya Sajadin Sembiring, asal dari Medan, yg saat ini lagi study di Malaysia. Saya Juga adalah muri YMM Ayahanda Guru, dituakan pd Jan’97 di Qutubul Amin Medan. Saya sudah lama tahu nama bang Anto, dari milis Soft Computing,sebab saya member milis, tapi agak pasif karena lagi sibuk mengerjakan riset, tapi tak tahu kalau Bang Anto adalah saudara saya se-Guru, Alhamdulillaah. saya tahu baru setelah browsing2 dan jumpa blog abang ini.

    Trimakasih
    salam dgn keluarga insya Allah nanti satu saat boleh jumpa dengan abang di surau.
    wassalam.

    sajadin Sembiring
    +60173974504/UMP Pahang Darul Makmur

  8. Bang Sajadin yth.
    Wa alaikum salam Wr Wb
    Alhamdulillah, ketemu dg saudara se-Guru di dunia maya ini. Semoga satu saat bisa jumpa juga di surau Arco.
    Wassalam

    Anto S. Nugroho

  9. joedi prohoro said

    assalamu’alaikum wr. wb
    hati saya tergetar dan airmata saya menitik membaca komentar rekan Abdul Azis. entah mengapa, mungkin karena saya lama tidak berkunjung ke surau Ayah.
    semoga dengan ini semua bisa segera menarik saya untuk berziarah kepada Ayahanda. saya benar-benar merindukan seperti apa yang saudara Anto alami.
    o, ya….saya orang kecil berasal dari sebuah kota kecil di Batang Jawa Tengah dengan beberapa orang ikhwan. sudilah menerima kami dalam forum ini dan terima kasih sebelumnya.
    wassalmu’alikum wr. wb.

  10. wanto said

    assalamu’alaikum,

    bang Anto, salam kenal yah, pagi ini saya terlintas pikiran di kepala saya gimana kalau surau kita di online kan. Hal ini tentu sangat membantu abang2 dan kakak2 kita yg jauh dr surau untuk tetap update, dan juga bisa lebih mudah kalau ingin kirim persembahan ke YMM, kalau perlu kita bisa gunakan paypal yg lebih memudahkan semua orang mengenai isu currency. aku pikir tentu ini sangat berguna bagi kita.
    Mohon maaf bang, saya hanya newbie yg nda tau apa2, cuman mo share ide yang tiba2 muncul di kepala, sekiranya ada tanggapan dari abang, atau tidak ya nda pp.
    mohon maap sekali lagi bang atas kelancangan saya.

    wassallam

  11. NN said

    hmm kndraan yg bgs, hingga sbgian ikhwan trkgum2 sibuk mmperhatikan n lupa bwt brjalan, juga sbgian lagi mnjalankanya dgn smbrono tnpa prhatikan da kndaraan lain juga pjln kaki dngan 7an yg sama tnpa perhatikan rambu2.(apa akbtnya???).
    afwan… smoga sy salah mlihat , dan ALLAH SWT ampuni kbodohan sy amien…

    hormat sy
    pngmis yg brjlan kq

  12. asalammuaaliku…. bang, salam kenal…….
    saya ikwan dari bali, alhamdulillah masih setia ke arco,
    jika ada waktu dan kesempatan sudikah kiranya abang2 yang dari arco berkunjung ke tempat kami untuk mempererat tali silaturahim, yang selama ini agak renggang,
    QUTUBUL AMIN.

  13. Dodi Putra Yani said

    Assalamu’alaikum
    Perkenalkan Abang2 semua, nama saya Dodi dari Batam. Masih baru bergabungnya dengan Qutubul Amin Arco. Mohon sharing dan inforasinya.
    Wassalam

  14. Noez said

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Bang Anto, Gimana Kbrnya sekarang?
    saya, Ikwan dari Haqqul Amin Yogyakarta. Anak Ayahanda Guru juga, Seneng juga bisa nyasar disini…hehehe…
    salam kenal, smoga kita bisa sama-sama istiqomah.
    kalau ada kesempatan berkunjung ke jogja, Insya ALLAH pintu surau Jogja terbuka untuk Abang dan ikhwan-ikhwan lainnya.
    Kangen juga rasanya hendak Ziarah
    MOga-moga kita bisa bersilaturahmi di “dunia MAYA”
    Wasalam.

  15. Budi Santosa said

    Assalamu’alaikum
    Bang Anto dan Abang yang lain, jika berkenan mohon informasi alamat surau yang di Pontianak
    Saya baru 6 bulan di Pontianak dan masih tanya sana-sini keberadaan surau di Pontianak
    Pernah juga saya baca di http://www.suraukita.com ada alamat tersebut namun kabarnya sudah pindah dan belum tau pindahnya kemana.
    Salam
    Budi Santosa

  16. binsmageger said

    Bang,manakala kunbaca tulisan ini semakin terasa berat rasa riduku pada Ayahannda. Semoga kita selalu mendapatkan binbingan-Nya.

  17. Yus Solo said

    mulai 3 april 2009 haqqul amin Kartasura berpindah alamat di belakang Madukoro. Sdr Anto bisa lebih cepat menuju BPPT dari sana, daripada dari Sawangan. Moga keretakan rumah tdk merusak isinya.

  18. Nina said

    Assalamu’alaikum,
    Mas Anto, wah senang sekali bisa ketemu lagi di sini. Sekarang udah ada buntutnya yang lucu2 :)Dulu saya sempat ikutan milis surau kita jaman mas Anto masih sekolah di Jepang. Beberapa kali saya minta tolong untuk dikirimkan gambar2 pemandangan di Jepang yang indah-indah :) (makasih bantuannya ya..)

    Masih sering ziarah/wirid ke Arco kan? Mudah2an bisa ketemu bila ada kesempatan. Yang rajin ke QA Arco bang Emkisby tuh, masih inget nggak?

    Wassalam.

  19. ahmad suparno said

    asslamu alaikum wr.wb.salam kenal dari saya banganto.saya ikhwan dari tg.priok tapi sekarang saya ada di korea selatan.betapa rindu saya kepada ayahnada guru begitu berat.semoga kita masih dalam bimbingan ayahanda guru.dan semoga kita bisa bertemu dan suluk bersama.bila bang anto ke surau salam buat abang2 di surau,terima kasih bang anto wassalamu alaikum wr wb

  20. hermawan said

    Assalamualaikum, salam kenal dari saya hermawan, tinggal di jogja. Kalau berbicara tentang Ayahanda, rindu akan selalu melelh tak berujung. Kehebatan yang terjadi pada diri saya menjadikannya sebuah kenangan terindah dan termegah. Saya punya banyak foto-foto Ayahanda Guru, ada klisenya yang semua takkan pernah habis terbayang, menyertai dalam setiap gerak hidup, berwujud.
    Salam kenal untuk siapa pun yang mampir.
    Wassalamualaikum.

  21. Asw, Abang2 semua! Semoga Allah meridhoi kita semua. Akhirnya, kita bisa ketemu disini … semoga amal dan ibadah ini bisa membawa berkah yang banyak dan bermanfaat bagi banyak orang di seluruh pelosok dunia … , Abang2 kalau mau praktek boleh juga bergabung di islamicenter.net atau jus-promo.net…

    1998

  22. andr34n said

    asss,,salam kenal dari saya.saya adalah ikhwan dari sumenep,saya ingin berkomonikasi dengan semua ikhwan yang ada di seluruh pelosok dunia..semoga safaat Ayahanda Guru selalu menyertai kita semua…Amien,…

  23. Andr34n said

    Ass,abng2 yg ad dslrh dnia slm knal y

  24. surajii said

    salam kenal juga ya andrean

  25. Sieswanto said

    Asalamu’alaikum abangda salam kenal dari saya,saya ikhwan TN Rahimul Amin Berastagi

  26. ANDR34N said

    SALAM KENAL JUGA YA BANG SISWANTO.NGOMONG2 ABANG TAHUN BERAPA MASUK? ABANG PUNYA FACEBOOK G? KLO PUNYA EMAILNYA KIRIM YA…WASSS

  27. wahab said

    bang maaf bertanya ya, surau Qutubul Amin ada website tak? saya ni murid Ayahanda guru juga. Menetap di Malaysia.

    Wahab

  28. rahim said

    assalamualaikum..wahab

  29. rahim said

    assalamualaikum..kalu saya ke malaysia,mau tawajuh kemana,suraunya dimana?

  30. gusmin said

    ass. abang2 semua, salam kenal dr sy. sy dr pamekasan madura.

  31. Ferry said

    Assalamualaikum Wr.Wb. Alhamdulilah kami panjatkan ke hadirat Alloh S.W.T , sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad S.A.W.serta salam Hormat dan Khidmat kita haturkan keharibaan YMM Ayahanda Guru. Ayah… aku rindu Engkau , Ayah.. Bimbinglah selalu aku.. Ayah sampaikan sembah sujudku kepada Alloh SWT.

    buat abang abang salam kenal, saya Ferry mantan anak surau Arco Periode 96-98 … trima kasih

  32. nanto said

    salam kenal bang…..mudah-mudahan kapan-kapan kita bisa bertemu di surau

    salam
    Nanto

  33. Erman Efrizal said

    Askum Bang Nugroho salam kenal dari saya, kita satu tautan rohani yaitu Arwahul Muqaddasah YMML Ayahanda Guru, saya kepingin banyak belajar dari Abangnda itupun kalau Abang berkenan,

    wass
    Erman Efrizal.

  34. Sandy said

    Assalammu alaikum wr.wb
    Salam kenal…. bang kami berasal dari Pemalang Jawa Tengah. saat ini dalam proses perintisan tempat wirid di sini. mohon do’a dari abang2 dan kakak2 semua agar segalanya bisa terwujud.

  35. Riebhen Mhd Yasin said

    Mohon ampun ananda,
    SHALAWAT dan SALAM keharibaan YML AYAHANDA GURU TERKASIH

    Selamat Hari KEPUTRAAN YML AYAHANDA GURU ke 93

    Fatwa YML AYAHANDA GURU :”Suatu saat nanti kalian semua akan AYAHANDA seleksi, siapa yang kuat hatinya Keharibaan YML AYAHANDA GURU ?, dialah yang akan mengikuti misi-misi AYAHANDA…….”
    untuk sdr-sdrku diseluruh dunia, carilah hikmah dibalik fatwa ini, agar seluruh ILMU yang telah ditanamkan dlm hati kita,berlaku bagi kehudupan dunia dan akherat dan menjadi rahmat bagi seluruh alam semesta. amiiiin

    sembah sujud ananda,
    ansor35

  36. Istrimah Suciani said

    Ass.Wr.Wb
    Salam kenal sy dr Jkt & mengucapkan
    ~ Selamat Menjalankan Ibadah Puasa ~

    Salam/iis
    Anak Surau Q.A.

  37. nofrizal said

    salam semua ikhwan se indonesia,,,smg tetap teguh berubudiyah di jalan allah..

  38. naomi said

    Ass.Wr.Wb

    Mohon ampun ananda

  39. Assalamu’alaikum
    sering Bgd
    http://suraukitabontang.wordpress.com

  40. Subhanallah… bersabarlah…. sungguh yang demikian lebih baik bagi kalian…Janganlah mengikuti jalan orang-orang yang merugi. Tidak mungkin masuk sorga bagi yang memiliki kesombongan meski sebesar biji zahrah.

  41. Danu Kuncoro said

    Salam kenal dari saya, Bang Anto, saya ikhwan dari surau Dhiyaul Amin Malang, masuk thariqat YML Ayahanda Guru th 1992…..

  42. saya ingin sekali ke arco

  43. saya ingin sekali ke arco dan ziarah ke makam ayahanda

  44. ass.wr.wb
    salam kenal dari saya bg anto,saya ikhwan dari pekan baru.surau el amin.

  45. TERIMA KASIH ATAS SEMUA HKMAH KOMENTAR YANG TELAH KU BACA INI,AMIN YA ROBBAL ALAMIN…

  46. AMIN YA ROBBAL ALAMI….TRIM

  47. santo catur said

    abg anton gmn kbr semasa lepas dr jepang? dmn skrg? abdul aziz bontang igt aq ngk yg dl di surabaya. tlg bagi no hp dong lwt email sj ya jg utk bang satrio n, kpn kumpul2 lg, toyamasboy@yahoo.com

  48. Kandar said

    Assalamu’alaikum ….. saya kandar dari surabaya (lakarsantri), ketika kutemukan blog ini dan membaca beberapa tulisan ikhwan, tubuh ini bergetar hebat dan air mata ini seakan tak terbendung untuk tumpah karena nama Ayahanda di sebutkan, dan …. hanya ISTIGHFAR yang bisa keluar dri mulut ini karena belum sempat bertemu secara dhohir dengan beliau.
    Saya mengenal ajaran Ayahanda dari seseorang yang tiada pernah saya duga sebelumnya tentang keilmuannya, namun ternyata bisa buat saya “takluk” dalam wejangannya, dan sampai sekarang saya hanya dibina jarak jauh, kadang sesekali saya dan istri ketempat Mas No ( begitu kami memanggil ) di daerah papar kediri, bisakah saya juga disebut sebagai bagian dari anak2nya Ayahanda Guru, sementara saya belum pernah sama sekali mendatangi surau2 yang ada di dunia ini.
    Dan bisakah saya ditunjukkan surau yang terdekat dengan tempat saya di surabaya sini ?

  49. NN said

    Assalamulaikum abang2 semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 108 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: