No body knows that you are a dog

Ungkapan di atas berasal dari kartun yang dibuat Peter Steiner tahun 1993. Maksud saya saat kita berkomunikasi lewat internet, kita tidak tahu apakah lawan “bicara” kita itu benar-benar orang yang kita maksud, ataukah istrinya, ataukah pihak ketiga yang bisa jadi iktikadnya tidak baik.

Ini berkaitan dengan kejadian kemarin malam dan tadi pagi. Semalam kami menerima permintaan dari seorang teman di yahoo messenger untuk akses ke situs http://www.geocities.com/ooopsss_1521 dengan icon tertawa ( =)) ), dan segera ybs. log out. Kami fikir di situs di atas ada foto lucu dsb. Tapi ternyata di situs itu ada tampilan yang meminta kami mengisikan ID dan password Yahoo.

Kami pikir untuk akses ke materi tsb. harus memakai ID dan password yahoo. Tapi setelah login ke situs di atas, ternyata tidak ada foto yang menarik atau hal lain. Hal yang sama terjadi lagi pagi ini, tapi message ini kami terima dari rekan lain. Kami coba konfirmasikan ke rekan tsb. ternyata dia tidak login ke komputer.

Berarti ada seseorang yang berhasil mencuri password kedua orang teman saya tsb. dan meminta saya login ke situs http://www.geocities.com/ooopsss_1521. Kemungkinan besar situs http://www.geocities.com/ooopsss_1521 ini adalah tipuan agar kita
mengisikan ID dan password yahoo.com. Setelah diisikan, ID dan password itu akan dikirim ke pemilik situs. Setelah memiliki ID dan password kita, dia akan login di yahoo messenger atas nama kita, dan mengirim pesan yang sama ke daftar teman kita di yahoo messenger. Karena percaya pada kita, teman tsb. akan mengisi nama dan password di situs di atas. Dengan cara berantai seperti ini, nama dan password kita semua dicurinya.

Kejadian ini adalah contoh dari kriminalitas di internet yang marak akhir-akhir ini, memanfaatkan teknik yang disebut social engineering. Yang paling berbahaya adalah jika di mailbox yahoo.com kita ada email-email sensitif atau yang sifatnya rahasia (foto pribadi, rahasia laboratorium, rahasia kantor, email yang sangat pribadi, dsb.). Resiko terburuknya, foto pribadi kita disebar ke internet, rahasia laboratorium kita dibocorkan ke mana-mana, email pribadi kita dibuka di internet. Sekiranya anda terlanjur tertipu oleh situs http://www.geocities.com/ooopsss_1521 harap secepatnya mengganti password di yahoo.com.

Kejahatan dengan modus operandi serupa pernah terjadi beberapa tahun yang lalu dengan situs klikbca.com oleh Steven Haryanto. Permintaan maaf dari ybs. dapat dibaca di a.l. http://www.mail-archive.com/milis@gunadarma.ac.id/msg08788.html

Hal ini yang saya maksud dengan judul di atas : “No body knows that you are a dog“. Saat kita berinteraksi dengan seseorang di internet, kita tidak tahu. Apakah kita berkomunikasi dengan orang yang benar, ataukah lawan bicara kita diseberang itu suami/istrinya, ataukah orang lain yang menyaru sbg. ybs., kucing atau anjing sekalipun. Karena itu dianjurkan agar kita tidak memberitahukan password, nomer kartu kredit, dan informasi sensitif lainnya lewat internet/messenger.

Mengenai password yahoo, sebaiknya kita extra hati-hati jika diminta untuk mengisikan password. Kalau situsnya tidak beralamatkan di situs resminya (yahoo.com), sebaiknya jangan diikuti.

Moral of the story :

kalau di dunia nyata dalam bergaul kita diajarkan untuk selalu bersikap husnuzhon (prasangka baik), tapi dalam dunia maya (internet), sebaiknya mendahulukan suuzhon (prasangka buruk), karena terlalu banyak informasi tidak benar dan menyesatkan yang beredar di internet.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di internet. Tandai permalink.

2 Balasan ke No body knows that you are a dog

  1. abah edo berkata:

    makasih ya mas atas ceritanya, soalnya saya baru mengenal internet, jadi saya harus banyak belajar dari orang seperti mas.
    saya senang sekali kalo bisa menerima cerita atau ilmu yang lainnya dari mas yang pasti akan menambah wawasan saya dan teman2 saya.

    SAYA TUNGGU CORETAN LAINNYA YA MAS…!!!

    THANKS

  2. Ping balik: Tulisan vs Kekerasan : My 0fficial WebloG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s