Teks pidato 20 Agustus 2006

Foto : 1 2

Bapak-bapak dan ibu-ibu

Assalamualaikum Wr Wb

Pada hari ini kita bersyukur kepada Tuhan YME, bahwa kita dapat berkumpul di NIT untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-61. Peringatan ini menjadi semakin unik, karena dua hal :

  1. kita merayakan di negeri orang
  2. peringatan HUT RI dalam bentuk upacara, terakhir dilakukan tahun 1997, sebelum Krismon, saat ketua PPI Jepang Tengah dipegang oleh Sdr. Dodi Novi Darwis.

Di hari yang sangat unik ini, saya ingin berbagi sedikit renungan kepada bapak dan ibu, mengenai nilai baik yang dapat kita ambil dari masyarakat Jepang. Nilai itu adalah “bagaimana mewujudkan suatu target”. Kita semua tentunya harus bekerja, karena dengan begitu kita dapat hidup. Tapi pandangan tiap orang terhadap pekerjaannya berlainan. Ada yang menganggap pekerjaan sebagai hukuman, sehingga dikatakan I hate Monday, atau ada juga yang bilang monday is mondai (jp:masalah). Tapi ada juga yang menganggap pekerjaan sebagai hobby, sehingga seorang professor Jepang menganjurkan agar kita saat masuk dalam kehidupan lab. memakai paket seven eleven. Kerja mulai pukul 7 pagi, selesai pk.11 malam.

Saya hobby melihat film, dan kali ini akan mengajak bapak dan ibu membicarakan satu film, yaitu satu episode project X. Dalam satu kesempatan ada satu filosofi seorang peneliti Jepang yang berkesan di hati saya. Apa arti pekerjaan atau penelitian bagi anda ? Beliau mengibaratkan idé atau kreativitas itu sebagai anak. Saat kita dikarunia anak, kita sangat bersyukur. Anak itu kita rawat kasih sayang. Kalau baik kita puji. Kalau nakal kita ingatkan. Tiap hari kita mencucurkan keringat, bekerja agar bisa menghidupi anak dan istri kita. Selang berpuluh tahun, barulah kita melihat hasil jerih payah kita tersebut. Tentunya kita akan sangat bahagia jika anak kita berhasil di sekolah, berakhlak baik. Sama halnya dengan ide atau kreativitas. Di filem itu filosofi yang beliau sampaikan adalah “Cintailah ide itu seperti engkau mencintai anakmu”. Saat ide itu timbul, kita perlu rajin mendokumentasikan. Kita besarkan anak yang bernama “ide” ini setiap hari, kita analisa dari berbagai sisi. Diuji dari sana dan sini. Kalau eksperimen berhasil kita syukuri, kalau gagal kita cari penyebabnya. Berjam-jam kita habiskan untuk mengembangkan ide itu agar dapat berhasil. Kecintaan pada ide ini kelak akan berbuah. Ide atau kreatifitas yang matanglah yang kelak akan berbuah menjadi penemuan yang besar.

Bapak-dan ibu,

Bangsa kita tidaklah kalah dengan bangsa Jepang maupun bangsa lain. Banyak rekan-rekan kita yang berpresetasi di forum internasional. Jadi secara potensi kita tidak kalah. Hanya saja ada satu kekurangan yang kadang saya rasakan. Kita kurang tekun dalam mencapai satu sasaran. Di Indonesia seringkali kegiatan dilakukan secara mendadak dan kurang terencana dengan baik. Sehingga hasil yang dicapai pun tidak optimal, dan hanya mengejar formalitas. Barangkali hal ini terjadi karena kita kurang mencintai kegiatan atau pekerjaan itu. Tentunya hal ini dapat dikurangi, kalau kita dapat menumbuhkan kecintaan pada pekerjaan. Sebagaimana kata filosof : Yang penting bukanlah mengerjakan apa yang engkau cintai. Tetapi mencintai apa yang engkau kerjakan.

Bapak dan ibu yang terhormat,

Sebagai penutup saya ingin mengutip pesan yang pernah saya dengar dari professor saya. Kata beliau, kita memiliki dua buah jam. Yang satu jam harian, yaitu sebagaimana yang kita pakai sehari-hari, dan yang sebuah lagi adalah jam kehidupan. Kalau ingin tahu, jam kehidupan itu, maka bagilah usia anda dengan 3. Umumya usia kita berada pada kisaran 24 sampai 36. Kalau dibagi 3, berarti jam kehidupan kita semua di sini, antara 8 sampai dengan 12. Jam 8 sampai 12 adalah masa-masa di mana kita melakukan aktifitas kehidupan fase pertama. Pada jam tersebut bapak dan ibu tentunya akan sangat aktif di kantor.

Sama juga dengan kehidupan kita. Usia 24 sampai 36 adalah usia dimana otak kita masih encer, dan mudah menerima ilmu pengetahuan baru. Ini adalah usia dimana kita mencari bentuk dan merintis karir kehidupan kita. Semoga di usia yang amat berharga ini, kita dapat berhasil merintis format karir kita di masa yang akan datang.

Wassalamualaikum Wr Wb

Anto Satriyo Nugroho

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di living in Japan. Tandai permalink.

58 Balasan ke Teks pidato 20 Agustus 2006

  1. irvan berkata:

    makasih mas Anto …
    saya senang baca yang ini : Yang penting bukanlah mengerjakan apa yang engkau cintai. Tetapi mencintai apa yang engkau kerjakan …

    irvan
    hiroshima (bppt juga)

  2. Halo mas Irvan,
    Terima kasih atas komentarnya. Memang itu sulit banget ya … he hehe.
    Kalau nggak salah ingat, ungkapan ini berasal dari Aristoteles. Saya belum sempat mengecek lagi, sumber aslinya.

    Anto S. Nugroho

  3. wanda berkata:

    mas anto..

    pidatonya bagus banget..
    kebetulan nih,,
    saya punya tugas buat pidato dan harus dibaca didepan kelas tanpa teks.

    Bisa bantu nggak??

  4. ica berkata:

    wah…
    terimakasih

    saya juga sedang mencari teks pidato untuk tugas.
    ternyata ini ada contohnya.

    eh iya,
    suatu saat saya juga ingin pergi ke jepang.
    tapi kapan, ya?
    ^-^

  5. hendi berkata:

    satu kata buat anda, kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen
    !

  6. andi berkata:

    terimakasih ya kak Anto. karena teks pidato yg telah anda buat ini saya dapat membawakan didepan kelas bhs.indonesia saya. ya karena saya diberi tugas bikin pidato.

  7. Fadli berkata:

    thanks,for your job,mantap kali!!!!!!!!!!!!!!!! yuk

  8. niyuni berkata:

    ya,,ya ..ya
    bapa si ii
    yuh,,lumayan bagguuuussss
    tp sya blom baca tuch!!!
    tp ckuup lah bwt tgasss b.i saya
    thanks yuh!!!
    saran sich ini mah fotonya bs lebih d close up dkiit G??
    …..

  9. suci berkata:

    bp Anto bsk saya ada praktek pidato aku sech mo pakai pidato ini atau aku ikutin sperti bpk anto.doain y smoga dpt nilai bagus

  10. Alvian berkata:

    Salam kenal, bagi2 ilmu dung mengenai perkembangan teknologi yang ada di Jepang? Makasi!

  11. AND 1 berkata:

    nuhun pizan……nto

  12. Adit berkata:

    Assalamu’alaikum
    Bapak Anto, besok saya ada praktek pidato. Saya mau memakai pidato ini. Mohon izinnya dari bapak Anto.
    Terima kasih.

  13. rere berkata:

    kak…

    besok saya ada praktek pidato untuk pengambilan nilai Bahasa Indonesia,
    pidato yang dibacakan dapat dicari diinternet,, apakah diizinkan jika menggunakan pidato kakak?

    terima kasih sebelumnya.

  14. gagah berkata:

    Assalamuallaikum,

    wach saya sangat beruntung karena bisa menemukan contoh pidato di sini!!!

    terima kasih, karena pidato kakak sangat berguna untuk refrerensi tugas saya!

    TERIMA KASIH

  15. feri berkata:

    Assalamualaikum
    keren banget isinya bikin semangat aja!!!!!!!!
    wah anaknya lucu banget!!!!!!!!!
    ni bisa buat referensi tugas saya nih!2@
    gmn sich bwt pidato yang keren!!!

  16. Wiznu berkata:

    Mas Anto
    O hisashiburiiiiiiiiiiii
    Akhirna Mas Anto dapat banyak pahala, karena teks pidatonya banyak dipakai untuk kerjakan tugas bahasa indonesia oleh adik adik yang sudah “ngeh” searching di Internet. usaha “kreatip” tetapi nggak “produktip” blas. hehehehe.
    Mas, ditunggu tulisannya tentang kehidupan di Jakarta na ya….
    Salam dari Taza untuk De Tika….Kangen katanya.

  17. Mas Wisnu,
    He he he…saya juga nggak nyangka, kalau pidato saya ini banyak dibaca orang. Semoga saja adik-adik tsb. kreatif dan bisa membuat pidato yg jauh lebih baik daripada yang ditampilkan di sini. Kehidupan di Jakarta saya tulis koq mas, walau pelahan-lahan.
    Salam juga untuk kak Taza dari Tika. Semoga satu saat kita bisa ketemuan lagi yaa….

  18. anthy chaem berkata:

    assalamualaikum…..

  19. Lyna berkata:

    Tolong kirimin contoh pidato tentang love dunk.
    Ples.. secepatnya. makasi…

  20. AwaN39 berkata:

    thank’s yah skrg gw taw conyoh teks pidato
    thank you gw skrg isa bawain di depan klas nih hehehe

  21. AwaN39 berkata:

    thank’s yah skrg gw taw contoh teks pidato
    thank you gw skrg isa bawain di depan klas nih hehehe

  22. XII-IPS berkata:

    ass…….bagus bangt pidatonya bisa bantuian bikin pidato di depan kelas buat besok he…………

  23. GI_2H berkata:

    Ass………mas/mbak ku lagi butuh buangetdan suanget,contoh teks pidato menyambut hari sumpah pemuda.
    THX sebelumnya & sesudahnya.

  24. odonk berkata:

    saran,,
    kykny nie pidato, kepanjangan..
    aplg utk dpakai tanpa teks..

    welleh..
    welleh,,

  25. ardy berkata:

    mas ada ga teks tentang komputer

  26. haSunaHu berkata:

    duw mazz..

    saya ma temen2..(kami ber4)lagi ada tugas buat pidato bahasa jepang

    dan dibacain di depan kelas tanpa teks

    N durasinya cm 3 menit.
    tulungin dunz maZZ?!
    yang simple2 ja mazz

    txs be4

  27. Tony berkata:

    Dear Mr Anto

    Bsok saya ada tugas membacakan pidato di dpn Kls,
    saya bermaksud menggunakan pidato ini.
    Mohon diizinkan.

    Terima Kasih.

  28. udin berkata:

    mas…………..mas……..

  29. nisa berkata:

    nice speech…
    I need speech for children could u help me…. pliz.. thnx

  30. ocTha_v berkata:

    aLuw maZz…………….
    piDaTo nYa bGuzZ bNgeD………..
    bLeh dOnx kLo aQ pKe PidaTo niE bWt tGazZ B.iNdo di skuLah ???!!!
    hE…hE…hE…
    mkSi bNyaQ yEa maZz sBLum nYa………………….!

  31. sule berkata:

    wah …
    Pidatonya bisa jadi teks book sekolah kalo gini 🙂
    bayangakan sejak 2006 ampe skrg
    masih banyak yang ‘mbacem’ tuk tugas sekolah …
    semangat aja mas anto …

  32. DENDY JUNIYAWAN berkata:

    mazz. lam kenal ya…
    giman ya biar bisa berpidato dengan lancar juga bisa tertata rapi dalam penuturannya…
    saya sudah sering pidato, tapi kalau sudah di akhir-akhir pidato bahkan terkadang ditengah-tengah pidato saya suka berbelit-belit.. thanks..

  33. ganung sadewa berkata:

    chhaaayyoooo…..thanks contohnya cz q bsok lomba….

  34. ochafahri berkata:

    mas..
    pdato ny krenn..
    brhubung Q ad tgaz bhsa ind ne..
    =)
    thx!

  35. sha berkata:

    mr anto,thx 4 ur inspiration,,

  36. Reiner berkata:

    mas Anto, makasih buat pidatonya.. pidato ini telah menjadi sebagian inspirasi saya untuk membuat pidato dalam tugas BI jg.. hehe

  37. james berkata:

    mas makasi ya
    aku lagi carik tugas BI tentang pidato
    maksi atas pidatonya aku isa bikin tugas dengan mudah
    lagian pidatonya bagus koq.
    mas lain kali kaloa bikin pidato aku ingin kasi saran biyar lepi komplit di mana pidato e itu soalna aku baca binging di mana pidato itu diselenggarakan.sekalia lagi makasi ya mas

  38. apridah berkata:

    mas makasih ya atas pidatonya tapi, aku mau nanya judul dari pidato 20 agustus iti apa sih?
    sesudah ddan sebelumnya makasih ya mas

  39. Yuda berkata:

    mas Anto tolong saya dong buatin pidato tentang acara perpisahan kelas 3 SMP.
    Sekali lagi tolong,PLease

  40. Yuda berkata:

    mas Anto tolong saya dong buatin pidato tentang acara perpisahan kelas 3 SMP.
    Sekali lagi tolong,karena waktunya besok!

  41. imam berkata:

    keren mas pidato nya
    mas bisa gak ajarin saya

  42. lischa berkata:

    assalamualaikum…….

    saya suka tulisan anda,sangat menarik untuk dibaca
    dan kebetulan saya lagi cari contoh2 teks pidato

  43. septhe berkata:

    what a wonderful speech!

  44. dewan berkata:

    baguZzZz. . . . seKaLi PiDaTonA
    uUuUu KyEnNn yUa

  45. mey berkata:

    wuhi…bgs bgt pidatonya bpk anto.kbtulan aku py tugas berpidato d dpn kelas,pidatonya hrs ttg pendidikan ato penghijauan.di nilai pd 29-01-2008.durasinya cm 5 mnt,tlg bantuin buatnya dong!!ntar pidatonya q translate ke bhs inggris krn ini tugas bhs inggris aku…tlg dongssssss!!!!!!

  46. wawan berkata:

    PiDAto Nya Kt gw Bagus bgt

  47. Singgih berkata:

    ass.
    pak ane ade tugas pidato tentang pemerintahan, ada contohnya gak?
    klo bisa bikinin ya…hhe
    di bales ya…makasih sebelumnya

  48. Singgih berkata:

    ass.
    pak bisa minta tolong buatin teks pidato gak?
    tentang pemerintahan (bebas, yang penting pemerintahan)terus ceritanya ane pidato di karang taruna.
    tolong ya pak.
    klo bisa ke email ane : aldialdo@plasa.com

  49. Nyxx berkata:

    kk/cc/om2..
    teks-teks pidato itu apa aja sih?
    Gw disuruh cari teks-teks pidato.
    Tapi daritadi gak ketemu2.

  50. hii berkata:

    tolong bagi saya teks pidato sekolah rendah:- standart……….. he plz!!!!!!!!!!!

  51. ali berkata:

    Thx pak santo tugas gw selese neh

  52. khara berkata:

    qu sk dngn isi pidato’a

  53. faaaaaaadddllliiiii berkata:

    hahahaha….
    gw copy yawh…abs mls bwat pidato ni gw..
    tenang aja q..lw dpt pahala…soal na ini bwat ujian praktek gw..hhiihi

  54. bobbby berkata:

    kakak* sekalian wa mau nanya ne….??
    cara tepat buat bkin pidato gi mana sieeee

  55. oshi berkata:

    ass…
    pidato yang “great!!!”
    @_^
    wss…

  56. yosina berkata:

    waaaaaaaahhhhhhhhh kkkkeeeeerrrrreeeennnnn!!!!!!
    untung aja ada kk klo ngak aq bs dhkm gr2 g bwt tgs……
    thanks ya kak…….

  57. .... berkata:

    wah, kak Anto, bagus amat pidatonya, lain kali buat yang banyak, supaya bisa buat belajar gitu…..^^

Komentar ditutup.