Riset dan Profit

Pernah saya ditanya, profit apa yang dapat diambil dari riset saya ? Sisi mana yang dibisniskan ? Pertanyaan ini mungkin wajar saja diajukan, apalagi oleh masyarakat luas. Tapi dari sisi peneliti, hal ini tidak mudah dijawab. Tidak semua riset, saat dilakukan selalu diplot akan menghasilkan uang.

Mengutip pendapat Grinnel di “The Scientific Attitude” [1], riset ada dua kategori : “basic research “yang target produknya adalah paper, dan yang kedua “applied research” target akhir produknya berupa patent. Berbicara tentang riset dasar dan riset aplikasi, sering ada pendapat yang mempertentangkan keduanya. Padahal seharusnya tidak demikian. Dua jenis riset ini semua sangat penting dan saling mendukung. Fulus datangnya dari produk yang aplikatif. Tapi aplikasi tidak mungkin terwujud kalau tidak ada fondasi teori yang kuat. Repotnya kadangkala signifikansi dari riset dasar ini kadang sulit diterima dan dicerna oleh umum. Basic research kadangkala perlu menunggu waktu lama untuk dipetik buahnya, karena visinya jauh memandang ke depan.

Sekedar contoh : riset di bioinformatics sudah cukup lama dilakukan, dan map dari human genome sudah diperoleh dua tiga tahun yll. Tapi jalan masih panjang untuk bisa diaplikasikan ke dunia kedokteran (tailored made medicine, dsb.). Dukungan finansial sangat diperlukan bagi riset dasar. Prof. Sangkot (Eijkman Inst.) pernah mengeluhkan mengenai kurangnya dukungan dari dunia industri di Indonesia terhadap riset dasar, padahal dana besar sangat diperlukan untuk riset dasar [2]. Tak mungkin bisa lompat ke applied yang menghasilkan fulus tanpa riset dasar.

Porsi riset aplikatif dan dasar ini di tiap negara berlainan. Dari data dana riset di buku putih Ministry of Education, Culture Sports, Science & Technology Jepang, tahun 2005 [3], dilaporkan data rasio dana penelitian untuk “basic:applied:development” di tiap negara maju perimbangannya sebagai berikut:

Jepang tahun 2003 15 : 23 : 62
USA tahun 2003 19.1 : 23.9 : 57.1
Jerman 1993 21.2 : 78.8 (applied & dev. tidak dipisahkan)
Perancis 2001 23.3 : 33.5 : 43.2

Sayang saya tidak tahu data yg terbaru.

Apakah semua riset aplikatif akan menghasilkan uang ? Ternyata tidak demikian. Tidak semua riset dapat secara menghasilkan uang bagi penelitinya. Di Amerika, hanya 1/2 dari riset perguruan tinggi yang diajukan untuk memperoleh patent. Dari jumlah tsb. yang berhasil dipatenkan sekitar 2/3. Yang benar-benar menghasilkan uang hanya separuh darinya. Berarti hanya 1/2 * 2/3 * 1/2 = 1/6 saja dari riset yang menghasilkan pendapatan bagi penelitinya[4].
Referensi

  1. Frederick Grinnell, The Scientific Attitude, The Guilford Express, 1992
  2. “Jangan Tinggalkan Penelitian Dasar Iptek” (Kompas) http://www.bppt.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=1905&Itemid=30
  3. Data dana riset di buku putih Ministry of Education, Culture, Sports, Science & Technology Jepang, tahun 2005.
    URL: http://www.mext.go.jp/b_menu/houdou/17/06/05060903/018.pdf
  4. Yutaka Seino, Gijutsu Iten Gaido bukku, Yodosha, 2004

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di research. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s