Adaptive Resonance Theory (ART)

Di milis sc-ina, ada pertanyaan dari Dinan Andiwijayakusuma mengenai ART. Saya tidak pernah memakai ART untuk riset, tapi kalau yg pernah saya baca, prinsip dari algoritma tsb. adalah sbb.

  1. ART (Adaptive Resonance Theory) dikembangkan oleh Stephen Grossberg (1976). ART1 didesain untuk mengolah binary vector, sedangkan ART2 untuk continuous-valued vector. Keduanya termasuk kategori algoritma unsupervised learning.
  2. Algoritma ART pada dasarnya mirip dengan algoritma clustering yang lain. Yaitu terdiri dari dua tahap:
    1. Cari cluster terdekat dengan input pattern (ART memakai istilah “resonate”)
    2. Cluster diupdate agar mendekati/mengakomodasi input pattern tadi.
  3. ARTMAP adalah supervised-version dari original ART
  4. Selain paper Grossberg, hanya buku Fauset yang memuat penjelasan yg cukup lengkap mengenai ART di textbook. Saya coba balik-balik beberapa text book neural network & pattern recognition yg lain (Bishop, Haykin, Duda-Hart, Kohonen, Jain) tapi hampir tidak ada bahasan mengenai algoritma ini kecuali hanya diulas sekilas.

Related Links :

  1. FAQ Neural Networks (lihat pada “What is ART?”)
  2. Fausett, L. (1994), Fundamentals of Neural Networks, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hal. Chapter 5 membahas ART (pp.218-288)
  3. ART Gallery
  4. Sarle, W. “Why Statisticians Should Not FART”, August 1, 1995

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di neuro. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Adaptive Resonance Theory (ART)

  1. Lanni berkata:

    Permisi..saya mau ta menggunakan metode Art1. Bisa tidak bantu menjelasin secara luas mengenai metode ini?tolong dong udah bingung nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s