Minna & Mina

Mana yang benar : “minna san” ataukah “mina san” ? Demikian pertanyaan mbak Dian di milis J-I_link.

Hal ini berkaitan dengan fenomena hatsuonka  (撥音化) , yang mengubah “no“, “na“, dsb. menjadi “n” . Hatsuonka biasa dipakai dalam percakapan (bukan bahasa formal), dengan tujuan memudahkan pelafalan.  Pemakaian yang benar adalah :  mina san (皆さん) atau minna (みんな). Tetapi “minna-san” bukanlah bentuk yang tepat .  “minna” adalah bentuk hatsuonka dari “mina“.

Contoh lain dari hatsuonka ini misalnya
yaranai menjadi yannai
koko no toko menjadi kokontoko
nagai no de menjadi nagainde
iku no nara menjadi yukunnara

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di nihongo. Tandai permalink.

2 Balasan ke Minna & Mina

  1. dodski berkata:

    doohh… untung selama ini bener nulisnya yah? coba kalo salah kan malu tuh! sejuta posting di tempat saya pake minna-san semua tuh! hahahah *pingsan*

    *makanya, dod! ngga usah bergaya sok jepang deh* 😀

  2. dodski berkata:

    皆さん tuh! akhirnya sudah saya tulis dgn benar ‘kan, mas? hehehe 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s