Pengantar Support Vector Machine

Materi ini disampaikan pada e-tutorial SVM milis indo-dm@yahoogroups.com tanggal 5-18 Februari 2007.

Pattern Recognition (PR) didefinisikan sebagai proses pemetaan suatu data ke dalam konsep tertentu yang telah didefinisikan sebelumnya. Konsep tertentu ini disebut class atau category, sedangkan informasi yang menentukan pada konsep manakah data itu dipetakan disebut feature. Contoh sederhana dari Pattern Recognition misalnya dalam problem klasifikasi yang melibatkan dua buah konsep/class: “Atlet Sumo” dan”Pemain Sepak Bola”. Seorang atlet Sumo (Gulat Jepang) dapat dibedakan dengan seorang pemain Sepak Bola dengan mengukur tinggi badan dan beratnya. Umumnya seorang atlit Sumo memiliki tinggi badan dan berat yang lebih besar daripada seorang pemain sepak bola. Tinggi dan berat badan ini adalah dua buah feature yang menentukan apakah seorang atlit diidentifikasikan/dipetakan ke konsep “Atlet Sumo” ataukah “Pemain Sepak Bola”.

Aplikasi pattern recognition sangat luas, di antaranya mengenali suara dalam sistem sekuriti, membaca huruf dalam OCR, mengklasifikasikan penyakit secara otomatis berdasarkan hasil diagnosa kondisi medis pasien dan sebagainya. Berbagai metode dikenal dalam pattern recognition, seperti linear discrimination analysis, hidden markov model hingga metode yang dikembangkan atas motivasi meniru proses informasi pada manusia, misalnya seperti artificial neural network. Salah satu metode PR yang akhir-akhir ini banyak mendapat
perhatian adalah Support Vector Machine (SVM). Hal ini tercermin dari hasil studi yang dilakukan oleh ICDM pada tahun 2006, mengenai top 10 algoritma dalam Data Mining. Studi yang dilakukan oleh Xindong Wu dan Vipin Kumar ini mengidentifikasikan SVM pada peringkat ke-3, setelah C4.5 dan k-Nearest Neighbor Classifier.

Support Vector Machine (SVM) dikembangkan oleh Boser, Guyon, Vapnik, dan pertama kali dipresentasikan pada tahun 1992 di Annual Workshop on Computational Learning Theory. Konsep dasar SVM sebenarnya merupakan kombinasi harmonis dari teori-teori komputasi yang telah ada puluhan tahun sebelumnya, seperti margin hyperplane (Duda & Hart tahun 1973, Cover tahun 1965, Vapnik 1964, dsb.), kernel diperkenalkan oleh Aronszajn tahun 1950, dan demikian juga dengan konsep-konsep pendukung yang lain. Akan tetapi hingga tahun 1992, belum pernah ada upaya merangkaikan komponen-komponen tersebut.

Berbeda dengan strategi neural network yang berusaha mencari hyperplane pemisah antar class, SVM berusaha menemukan hyperplane yang terbaik pada input space. Prinsip dasar SVM adalah linear classifier, dan selanjutnya dikembangkan agar dapat bekerja pada problem non-linear. dengan memasukkan konsep kernel trick pada ruang kerja berdimensi tinggi.

Pada e-tutorial ini akan dibahas tiga pertanyaan sebagai berikut:

  1. Apakah SVM itu ?
  2. Apa sajakah contoh aplikasi SVM ?
  3. Referensi apa sajakah yang direkomendasikan untuk mempelajari SVM ?

Pertanyaan pertama dibahas pada Sec.2 dan Sec.3. Pertanyaan kedua dibahas pada Sec.4, sedangkan pertanyaan ketiga dibahas pada Sec.5, yang akan ditutup dengan kesimpulan.

Artikel selengkapnya silakan didownload dari sini.

Iklan

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di datamining, kernel methods, research, talk & seminars. Tandai permalink.

9 Balasan ke Pengantar Support Vector Machine

  1. Gusti ITS berkata:

    Pak, saya ga bisa download artikel lengkapnya…
    Minta dong pak, saya lagi mau belajar SVM untuk TA saya… MAkssihh

  2. yulie berkata:

    Pak, saya g bisa mendownload artikel tersebut….
    Saya ingin mempelajari nya untuk TA saya,,,,terimakasih

  3. indah_tuing berkata:

    Pak, bole download artikel lengkapnya…
    saya mo mempelajari utk TA saya…
    kalo ada contoh implementasinya juga…
    Thanks…

  4. satria berkata:

    Salam Pak Anto,
    Saya sangat tertarik mempelajari SVM untuk tesis saya. Dan artikel bapak akan sangat membantu saya. Tapi kenapa tidak bisa didonlot ya? Mungkin bapak bisa memberikan link lain?
    Terima kasih.

    Salam, Satria

  5. H berkata:

    dak bisa didownload ya. WAJAR AJA. GRATIS SIH

  6. %H
    ini adalah contoh komentar/kritik yang tidak jantan, karena tidak berani menuliskan nama dan alamat email aslinya. Juga isi komentarnya asal njeplak tanpa landasan. Saya terbuka untuk dikritik. Tetapi silakan tulis kritik anda, dengan bahasa yang sopan & santun, dan identitas yang jelas, yang mencerminkan bahwa anda seorang intelektual yang patut dibaca komentarnya.

    %satria, tuing dll
    Untuk artikel SVM memang sudah tidak bisa didownload dari server di atas, karena server tsb. adalah komputer saya saat masih tinggal di Jepang. Sebenarnya beberapa paper saya (yang di ilmukomputer.com, maupun “Analisa Informasi Dimensi Tinggi pada Bioinformatika Memakai Support Vector Machine” Proc. of National Conference on Information and Communication Technology (ICT) for Indonesia / e-Indonesia Initiatives-II 2005, pp.427-435, yang tersedia di bagian publication itu ada bagian tutorial SVM-nya.
    Beberapa saat yll. saya juga mengupload slide yang saya pakai untuk tutorial SVM di milis sc-ina (Softcomputing). Silakan bergabung ke milis sc-ina@yahoogroups.com untuk mendownload slide yg saya buat.

  7. kuji berkata:

    saya sedang menyusun disertasi yang menggunakan SVM…mohon bantuan nya, agar file SVM bapak bisa saya pakai sebagai referensi. terima kasih

  8. arifadli84 berkata:

    assalamu’alaikum/ selamat siang
    maaf pak mengganggu
    saya ari fadli, saya sedang kebingungan
    mempelajari perhitungan manual (secara matematis) svm
    baik yang hard margin atau soft margin,
    mohon maaf pak apakah bapak punya referensi yang bisa saya baca
    terima kasih pak

  9. Agnia PD berkata:

    Salam Pak Anto, saya mahasiswi tingkat akhir yang sedang menyusun TA mengenai SVM. saya sudah mencari banyak jurnal untuk memahami tntg SVM tetapi saya belum cukup mengerti. apakah Bapak memiliki jurnal yang berisikan contoh perhitungan manual lengkap untuk SVM ini?terimkasih sebelumnya, saya sangat mengharapkan balasan dari Bapak. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s