Corat-coret Anto S. Nugroho

Catatan kehidupan

Melihat Ikan Koi di Shirotori Garden Nagoya

Posted by Anto Satriyo Nugroho pada Maret 11, 2007

Minggu pagi 11 Maret 2007 diawali dengan hujan yang lumayan lebat. Suhu cukup dingin, saya kira kurang dari 10 derajat Celcius. Untungnya, sekitar pk.9 pagi udara sudah cerah, walau angin dingin masih bertiup agak kencang. Pagi ini kami sekeluarga beserta keluarga Pak Edi Kurnaedi (Pak Edi, Mbak Santi dan mas Rizqi) berjalan-jalan ke Shirotori Garden, Nagoya. Taman ini merupakan salah obyek wisata di Nagoya yang terkenal dengan Ikan Koi-nya (Ikan Mas).

Kami tiba di lokasi sekitar pk.11.30 siang dan tak lama kemudian Pak Edi sekeluarga tiba. Tiket masuknya terbilang murah dibandingkan obyek wisata yang lain 300 yen. Taman ini relatif baru dibangun, dibuka pada 14 April 1991. Luas areanya sekitar 3.7 hektar, dan merupakan miniatur dari kekayaan alam yang berada di wilayah Jepang Tengah. Tema yang mendasari pembangunan taman ini adalah “air”. Di sana-sini sungai yang airnya jernih mengalir, berbentuk air terjun. Aliran sungai berasal dari puncak gunung yang merupakan tiruan dari Ontake-san (gunung yang terletak di antara propinsi Nagano dan Gifu). Sungai yang mengalir merupakan tiruan dari Kisogawa, yaitu sungai yang mengalir dari propinsi Nagano, diteruskan ke propinsi Gifu, Aichi dan Mie, dan selanjutnya bermuara di Ise-wan (Wan gulf) yang berada di Jepang Tengah. Aliran sungai inilah yang dijadikan tema dalam mendesain taman Shirotori.

Karena saat ini masih berada dalam musim dingin, di sana-sini pohonnya gundul tak berdaun. Tetapi gundulnya pohon ini tidak mengurangi pesona wisata alam di taman Shirotori. Justru gemericik air, kelokan jernih aliran sungai terlihat jelas dan indah. Saat Sakura bersemi (akhir Maret ini atau awal April) barangkali bunga sakura yang bergelayut ke aliran sungai, akan memberikan sentuhan tersendiri yang membuat keindahan di Shirotori semakin lengkap.

Setelah puas mata memandang air terjun, kami beranjak ke danau yang terletak di tengah taman, dimana terdapat ikan koi (ikan mas). Tika sangat terkesan dengan pengalaman pertama memberi makan ke ikan koi. Makanan ikan seperti tablet bulat kecil dijual 50 yen per gelas. Ikan Koi memang sedap dipandang. Saya tidak tahu, apakah jenis ikan mas yang di taman ini sama dengan yang di Indonesia atau tidak. Selain ikan koi, di sudut yang lain terdapat pula bebek-bebek yang berenang kesana kemari. Siang ini kami hanya ketemu 3 ekor bebek.

Setelah sholat Dluhur di salah satu perhentian, sekitar pk.3 siang kami pulang diantar keluarga pak Edi. Di tengah jalan sempat turun butiran es kecil, yang dalam bahasa Jepang disebut “arare”. Sungguh aneh musim dingin kali ini. Rata-rata terbilang hangat dibandingkan dengan musim dingin sebelumnya, tetapi justru saat mendekati musim semi, suhu turun bahkan disertai arare. Semoga saja bunga Sakura tahun ini mekar lebih cepat, sehingga kami masih sempat membuat foto Sakura sekali lagi sebelum pulang.

Video :

  1. Tika ngasih makan ikanĀ 

Gambar yang lain :

About these ads

32 Tanggapan to “Melihat Ikan Koi di Shirotori Garden Nagoya”

  1. mairaputry berkata

    indah sekali pengalamanmu..ikan koi sangat cantik.jiwa dan hati jadi tenang bila bermain dengannya.aku terpegun melihat kecantikan shirotori garden..thank kerna kongsi pengalamanmu sama aku..

    mairaputry
    malaysia

  2. taufik berkata

    keren bgt
    mo duwnk

  3. jerry berkata

    aduh pengen banget memelihara ikan koi,tapi aku blm
    mengerti cara merawatnya. bagi yg sdh tahu cara merawat ikan koi. bagi-bagi dong pengalamannya. thx.

  4. erwin berkata

    duh seneng banget ya bisa jalan alan ke jepang. saya hanya mendengar ceritanya juga abang yang pernah kesana. lagi liburan ato dlm rangka kerja kesana mas. liputan koinya ada gak, saya pecinta koi… thanks

  5. eni berkata

    Qjuga seneng banget ma ikan koi,malahan Qpunya.kalo lagi banyak masalah Qsering duduk di depan akuarium,ngeliatin tingkah mereka yang nggemesin,seolah olah gak punya beban…

  6. amalia berkata

    Ikut copas foto yah….jazakallah

  7. maulana berkata

    wah bagus banget foto2 nya tinggal di nagoya tepatnya di mana??

  8. buthong berkata

    aku termasuk penghobi koi, cuman masih pemula.pengen ngoleksi bibit koi yg bagus tp murah, pls kalo ada yg punya info bisa kontak aku

  9. mulyanto berkata

    mau kesana ahhhh sama keluarga ,….tapi kapan yaaaa yah entar kalau S3 aja deh tapi kapan yahhh,…entar kalau S3 jabatan dilepas donk,….. baliknya jadi gimana ???? rencananya sih mau ke jepang,….tapi gimana ya…. he he he,….dasar otak jabatan,….pasrah aja udah gimana nanti,… yang jelas hidup harus punya target dan cita-cita,… ya kan mas antooo salam bahagia dengan keluarga deh,…….

  10. [...] https://asnugroho.wordpress.com/2007/03/11/melihat-ikan-koi-di-shirotori-garden-nagoya/ by: Ihwanul Iman [...]

  11. bodong berkata

    saya akan berbagi pengalaman…untuk pecinta koi.

    tips….
    yg saya berikan untuk paencita koi yg terpenting dalah jangan lupa memberi makan $ memberi filter .
    yg terpenting bagi yg malas membersihkan akuarium…cukup kolam dikasih ikan pembersih kaca ….kolam akan terjamin kersiannya…terutama,air dan kaca akuarium.

    info ini insya allah bisa ada manfaatnya….amin.

  12. saya minta ijin ngambil gambar ikan koinya mas…utk dijadikan wallpaper….

  13. faisal ahmad berkata

    asw. salam kenal mas nugroho,..
    ana mahasiswa perikanan dan hobi perikanan
    ana tertarik dengan pengalaman jepang dan ikan koinya nih
    ada informasi tentang prosedur belajar ke jepang atau kerja di jepang gak ?
    soale ana tuh punya cita-cita belajar perikanan keluar negeri kayak jepang salah satunya, yang nota bene perikanan lebih maju daripada Indonesia.
    bagi teman yang punya info tentang : BEASISWA KE JEPANG, LOWONGAN KERJA DI JEPANG, DAN YANG LAINYA TENTANG JEPANG, please beritahu ana,…
    Jazakallah..
    wsw.

  14. cracker berkata

    apik banget yo ikan mas koi ya kulo kajenge teng mriko natur suwu sanget

  15. supriyadi berkata

    aku dulu eks kentsusei di Jepang,suka banget ngeliat ikan koi terutama di taman UENO Tokyo,soalnya banyak komunitas orang Indonesia di sana yang sedang berlibur.
    Tolong dong yang tau kabar komunitas orang Indonesia di Jepang kasih kabar ke aku,soalnya aku sudah lama pulang ke Indonesia,,,please onegai

  16. tenonx berkata

    sekedar berbagi info, bagi yang ingin tau lebih lanjut tentang koi coba cek di forum ini

    makasih

    salam
    tenonx

  17. Fikri berkata

    wow pengen dong ke sana..mimpi kali yaa hahahhahaha

  18. Asep Saefudin berkata

    duh seneng bgd ikan koinya tuh… enak bgd bisa jalan2 kenegara asal ikan koi

  19. robby berkata

    wew pgen bnget k jpang cman aq ja msih kcil blom bs cri duit sndri gmn? kakak anto mo bwa aq ksono gk? aq gk pnya koi tpi ceceku pnya cntik lo mnurut aq ikan trbgus tu koi soalna wrnana bgus^^

    mkasih yg dah liat psan ku

  20. apa kabar mas As..semoga sehat2 selalu

  21. Terima kasih mas Khairudin. Semoga sehat wal afiat juga.

  22. yusuf berkata

    saya sangat senang sekali dengan ikan koi kalau bisa koleksi gambar ikan koinya diperbanyak

  23. marsono berkata

    aduh enaknya! bisa milaht ikan koi dialam buatan yang indah!
    tolong yang punya video tentang koi, saya boleh minta gak?????

  24. goti berkata

    luar biasa salah satu keindahan alam yang jarang kita temui, anugrah bagi seluruh masyarakt dunia yang dapat meninkmatinya khusus warga masyarak jepang sebagai asal ikan tersebut, harusnya bangsa indonesia bisa mencontohnya krn bnyk anung yg tuhan beriikan di negara ini

  25. Tazkia BC berkata

    Kenapa sich semua koment yang ada di sini nggak di bales, sebel dech!!!!

  26. Maaf ya teman2, karena saya tidak sempat lagi membalas komen2 di blog ini. Ada ratusan komen dan ratusan email yang belum saya balas. Ada yg sifatnya singkat ada juga yg konsultasi (ttg penelitian) dan kadang memerlukan 1 jam lebih untuk menjawab 1 email (yg sifatnya konsultasi). Kalau semua komen, semua email harus saya balas, jelas nggak ada lagi waktu saya untuk bekerja. Kadangkala saja kalau sempat saya akan balas komen dan email yg masuk. Sorry for this inconvenience.

  27. rikardus berkata

    ada info lowongan pekerjaan yang ada hubungannya dengan bahasa jepang ?

  28. h arief berkata

    ikan”y bagus,coba kalau pindah k kolam saya,insa alloh pasti lebih bagus

  29. mursidi midja berkata

    Sebuah perjalanan yang mengesankan, kapan ya aku bisa, biar kupendam dulu, lama lama, dalam dalam…

  30. joni prayoga berkata

    wah..senang sekali bisa melihat ikan koi dari asalnya langsung, dan saya liat ikan koi lewat foto sangat besar2..jadi pengen kesana :)

  31. agus berkata

    klo liat ikan koi pasti lupa waktu, sekalipun istri bete yang penting ikan koi sy ga ada yang mati alias sehat-sehat aja.

  32. lukisan bunga berkata

    wah senengnya bisa lihat ikan koi di Shirotori Garden Nagoya,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 98 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: