Pelatihan Linux

Pagi ini saya dijadwalkan mengisi pelatihan linux di kantor, yang dikoordinasikan mas Oskar. Sebenarnya yang dijadwalkan mengisi adalah mas Dwi Handoko, tapi karena berhalangan, saya yang menggantikannya.

Awalnya materi yang diminta adalah shell programming (bash, C shell), awk dan sed. Wah, kalau ini sih harus membalik-balik lagi catatan tempo doeloe. Tahun 94 di unix zemi di lab., saya kebagian menjelaskan B shell. Tapi memang pengetahuan shell programming ini bermanfaat. Misalnya, saya bisa menjalankan program (training phase nya neural network), dan membuat script agar kalau hasilnya sudah keluar, dikirim lewat email ke handphone. Jadi saya bisa jalan-jalan keluar, dan kalau eksperimen sudah selesai ada laporan hasilnya secara otomatis ke HP. hi hi 😀 Saya tidak memakai sed untuk bekerja. Tapi kalau awk saya agak sering memakainya, karena cukup membantu untuk mengolah data hasil jikken.

Tapi kemudian ada perubahan rencana. Saya diminta mengajarkan bahasa C, bukan shell programming. Asyiik 😀  Soalnya yang ini memang saya pakai terus sampai sekarang. Tapi masalahnya slot waktu hanya 2 jam, dan asumsinya audiens baru pertama kali mengenal linux maupun bahasa C. Waks ! Yang sulit adalah memilih dan menyusun tema yang bisa disampaikan dalam waktu dua jam (termasuk practice). Akhirnya pembicaraan saya batasi pada if-else, loop for, fungsi (passed by value). Sepertinya ini saja sudah cukup untuk memberi gambaran awal mengenai bahasa C. Walau kalau belum sampai konsep pointer, sebenarnya belum merasa puas.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di linux, zaurus, iPod & komputer. Tandai permalink.

2 Balasan ke Pelatihan Linux

  1. axireaxi berkata:

    kalo pelatihannya ‘dah rampung, catetannya mohon diunggah ya pak
    pasti banyak yg butuh

    terima kasih
    (^_-)

  2. azaytun berkata:

    adakah pembaca “islam” minoritas, pls … ?

Tinggalkan Balasan

