Catatan Seminar Riset Teknologi Informasi (SRITI) Yogya (1)

Rabu pagi saya tiba kembali di Jakarta, setelah mengikuti seminar di STMIK-AKAKOM Yogya (7 Juli 2007) dan kopi darat II komunitas softcomputing Indonesia (6 Juli 2007) di Univ. Atmajaya Yogya. Sebenarnya saya ingin datang lebih awal, tapi sejak Senin yll. Tika demam agak tinggi (39 C). Syukurlah kemarin sudah membaik, hanya saja agak sedikit manja. 🙂 Mau tidur, tetapi minta dipanggil “”. Saya ingin menuliskan catatan yg dibuat saat di Yogya. Saat surfing ternyata ada liputan Suara Merdeka mengenai acara kemarin. Jadi sementara saya upload dulu di sini, dan catatan pribadi menyusul belakangan.
Kurang, Komunikasi Ilmiah Antarpeneliti

URL: http://www.suaramerdeka.com/harian/0707/09/ked04.htm

YOGYAKARTA – Salah satu kekurangan yang terasa di Indonesia adalah komunikasi ilmiah antarpeneliti kurang terjalin dengan baik. Komunikasi di sini tidak senantiasa yang bersifat lisan, tetapi juga tertulis seperti misalnya publikasi di seminar dan jurnal ilmiah.

Karena itu, penelitian yang dipublikasikan di seminar-seminar di Indonesia jarang dijadikan referensi oleh peneliti yang
lain, karena keberadaannya tidak diketahui.

Hal itu dikatakan oleh Dr Eng Anto Satriyo Nugroho dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPP Teknologi Indonesia, ketika bertindak selaku keynote speaker pada Seminar Nasional Riset Teknologi Informasi 2007 (SRITI 2007) di Ruang Presentasi Laboratorium Terpadu STMIK Akakom Yogyakarta, Sabtu (7/7).

Menurut dia, jurnal penelitian berbahasa Indonesia di bidang komputasi kurang terasa efektivitasnya, padahal jurnal merupakan media formal untuk mengomunikasikan ide sebuah penelitian ke dunia akademik ataupun industri.

Akibatnya, kalangan industri di Indonesia tidak mengetahui riset apa saja dan potensi apa saja yang dimiliki oleh peneliti
Indonesia, karena hal tersebut tidak terkomunikasikan dan kerja sama antara kalangan akademik dan dunia industripun akhirnya kurang terbina.

Dikatakan oleh Satriyo, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan upaya-upaya menjalin komunikasi antara kalangan akademik, lembaga penelitian, kalangan industri, dan masyarakat agar riset yang dilakukan cepat terpublikasikan.

“Jika komunikasi itu terbina dengan baik, hal ini juga akan membantu kalangan peneliti untuk dapat secara cepat mengetahui dan memformulasikan masalah apa yang tengah dihadapi di dunia industri ataupun di kalangan masyarakat,” tambahnya.

Semantara itu, menurut Ketua Pelaksana SRITI 2007 Drs Berta Bednar MT, SRITI yang diselenggarakan untuk kedua kalinya tersebut masih di sekitar peringatan HUT ke-28 STMIK Akakom. Beberapa pemakalah datang dari tempat jauh diantaranya Medan, Lampung, Jakarta, Bandung, Surabaya bahkan ada dari Ambon.
(P12-70)

Di detik.com ada juga liputan mengenai acara ini.

IWIC 2007 Corner
Sosialisasi IWIC di STMIK AKAKOM Yogyakarta

Yogyakarta – Dalam sebuah kesempatan acara seminar sehari yang diselenggarakan oleh kampus STMIK AKAKOM Yogyakarta pada hari Sabtu, tanggal 7 Juli 2007 yang lalu, tim Indosat cabang Yogyakarta berpartisipasi mengisi satu session yang dimanfaatkan untuk memberikan presentasi program yang diselenggarakan Indosat, yakni sebuah kompetisi di bidang inovasi teknologi wireless yang dinamakan Indosat Wireless Innovation contest (IWIC).

Sekaligus mensosialisasikan keseluruhan mekanisme kompetisi secara lengkap kepada hadirin yang sebagian besar merupakan civitas akademik mahasiswa, dosen internal maupun external STMIK AKAKOM dan masyarakat umum.

Seminar yang mengupas tentang Riset Teknologi Informasi ini mengambil tema “Pemanfaatan Soft Computing dalam Sinergi Riset Akademik dengan Industri”. Selaku pembicara adalah Dr, Eng, Anto Satriyo Nugroho dari PTIK-BPPT Jakarta. Beliau memperkenalkan sebuah program software yang aplikatif untuk dipergunakan di berbagai bidang industri.

Indosat berupaya untuk menumbuhkan semangat generasi muda untuk merubah budaya masyarakat dalam mencintai wawasan keilmuan/teknologi, inovasi, menemukan/menciptakan, dan berkarya bagi kemajuan industri telekomunikasi. Kalangan mahasiswa sebagai bagian dari generasi muda terpelajar dan berpendidikan merupakan salah satu sasaran dari program IWIC ini, supaya memberikan wadah atau penyaluran kreatifitas dan karya cipta.

Acara mendapatkan cukup perhatian dari hadirin yang berjumlah kurang lebih 200 orang. Selain antusias mengikuti kuis pertanyaan seputar program IWIC yang dijawab melalui media SMS, banyak pula berbagai pertanyaan yang dilontarkan mengenai kategori yang dilombakan, teknis pembuatan prototype, siapa saja peserta yang boleh turut serta, serta bagaimana cara mendaftar/turut serta dalam program ini.

Ajang kompetisi yang difokuskan pada inovasi penerapan teknologi telekomunikasi wireless dalam pengembangan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) harus memiliki nilai manfaat bagi industri dan masyarakat secara luas.

Mendukung kegiatan tersebut program IWIC 2007 kali ini mengambil tema “inovasi wireless bagi perkembangan industri dan masyarakat”. Program IWIC 2007 merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial Indosat kepada masyarakat yang berfokus pada pendidikan di bawah payung program INDONESIA BELAJAR. ( pl / pl )

Iklan

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di talk & seminars, trip report. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s