Menyiapkan materi ajar Bioinformatika

Satu hal yang ingin saya pertahankan setelah kembali ke tanah air adalah “mengajar”. Dengan mengajar saya dapat men-share apa yang pernah saya peroleh, pelajari di Jepang bagi generasi yang lebih muda, dan juga meng-update pengetahuan. Terutama sekali jika mata kuliah yang diajarkan adalah bidang yang advanced, hot topics. Hal ini otomatis menuntut saya untuk bukan hanya mengulang, tetapi juga belajar hal-hal yang baru.

Kali ini saya dapat kesempatan mengajar Bioinformatics. Sebelumnya saya pernah mengajar mata kuliah yang sama saat masih di Chukyo University, jadi sudah ada gambaran kerangka materi yang akan diberikan.  Buku yang saya pakai adalah “Bioinformatics Computing”, Bryan Bergeron, MD, Prentice Hall, 2003. Awalnya mau memakai buku David Mount, yang mungkin paling lengkap dan direkomendasikan. Tetapi materi yang tertulis di buku Mount tsb. cukup berat buat kelas bachelor. Keinginan saya adalah agar siswa mendapatkan big-picture dari bidang bioinformatics, itu yang melatarbelakangi saya memilih buku Bergeron.

Ada juga fikiran untuk memakai buku “An Introduction to Bioinformatics Algorithms”, Neil C.Jones & Pavel A. Pevzner, MIT Press, 2004, yang cenderung membahas sisi algoritma yang dipakai di bioinformatika. Tetapi kalau melihat kurikulum jurusan tempat saya mengajar, background komputasi-nya kurang kuat. Mungkin buku Jones-Pevzner ini lebih cocok untuk dipakai mengajar anak-anak jurusan komputer atau matematika.

Pertama kali saya mengajar di perguruan tinggi adalah pada summer 2003 di Chukyo University. Saat itu mata kuliah yang saya ajarkan adalah “Special Lecture in Media Science”, dan saya isi dengan teori dasar & aplikasi pattern recognition. Sebenarnya materinya menyenangkan. Tetapi mata kuliah itu harus saya ajarkan dengan dipadatkan. Dalam bahasa Jepang disebut shuuchuu kougi. Mata kuliah satu semester (13 kali pertemuan) diajarkan selama 2.5 hari. Hari pertama dan kedua start dari pk.9 pagi, selesai pk.17.50. Adapun hari ketiga hanya setengah hari saja. Taihen banget deh. Soalnya saya harus berbicara berjam-jam di depan kelas dalam bahasa Jepang. Padahal sebelumnya, saya maksimal bicara dalam bahasa Jepang hanya 1 jam saja, saat presentasi dan diskusi penelitian. Alhamdulillah 2.5 hari itu terlewati dengan lancar.

Kali ini semoga demikian juga. Materi yg saya ajarkan cukup menarik. Hanya saja mungkin perlu persiapa n lebih. Untungnya kegiatan saya di kantor juga sejalan dan se-tema.

Untuk slide kuliah, rencananya mau pakai beamer ! Sepertinya sejak saya pulang ke kantor belum ketemu orang yang presentasi pakai beamer, jadi bisa tampil beda…he he he 😀

Links to beamer :  http://latex-beamer.sourceforge.net/

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s