Konsultasi hipertensi

Saat pulang ke Solo minggu lalu, saya konsultasi ke dr. Suryo Aribowo di RS PKU Muhammadiyah Solo, mengenai kasus hipertensi yang saya alami. Inti penjelasannya sbb.

  1. Tekanan darah saya yang tinggi sudah lebih kurang tiga bulan (sejak Mei s/d sekarang Agustus 2007), berarti dapat dipandang sebagai kasus hipertensi
  2. Hipertensi ada dua jenis:
    1. Esensial
      1. Tidak ada sesuatu yang meyakinkan yang bisa diajukan sebagai penyebab naiknya tekanan darah. Dengan kata lain, penyebabnya tidak bisa diketahui.
      2. Mayoritas/lebih dari 90% kasus hipertensi adalah jenis esensial ini
    2. Sekunder
      1. Penyebabnya bisa diidentifikasi dan selanjutnya bisa dikoreksi/disembuhkan
      2. Ciri: timbulnya kasus pada usia sebelum 35 atau sesudah 55 tahun
  3. Karena usia saya saat ini 36 dekat dengan usia 35, sehingga ada kemungkinan masuk kategori sekunder. Hanya saja untuk meyakinkannya perlu periksa lab. lebih detail.
  4. Yang harus dijaga adalah jangan sampai hipertensi itu complicated, yaitu menyerang target organ: ginjal, jantung atau otak.
  5. Usahakan agar tekanan darah turun sampai ke 140/90. Ini sebagai batas atas kondisi normal.
  6. Terapi ada 3 jenis: diet makan, olah raga, dan obat. Diet makan dan olah raga perannya tidak terlalu banyak dalam menurunkan tekanan darah. Kalau sebelumnya tidak diet makan, barangkali dengan diet makan bisa diharapkan menurunkan tensi. Kalau sebelumnya kurang olah raga, barangkali dengan olah raga bisa diharapkan tensi turun. Tetapi kalau sebelumnya sudah diet maupun olah raga, tentunya tidak banyak bisa diharapkan hal tsb. membantu menurunkan tensi. Berarti tahap berikutnya adalah terapi obat.
  7. Untuk menyelidiki kemungkinan kategori sekunder, disarankan untuk periksa lebih lanjut :
    1. ECG
    2. Foto rontgen thorax
    3. urium
    4. creatinin
    5. asam urat
    6. urine
    7. gula darah
    8. kolesterol total
    9. Triglycerids
    10. HDL (High Density Lipoprotein cholesterol)
    11. LDL (Low Density Lipoprotein cholesterol)
  8. Adapun untuk hal lain, saya normal. Tidak ada pembesaran kelenjar thyroid, trend berat badan tetap, tidak ada gejala keluar keringat banyak, tidak ada preferensi udara dingin.
  9. Captopril (12.5 mg) disarankan untuk terus dikonsumsi. Sebaiknya diminum sekitar 1 jam sebelum makan pagi dan 1 jam sebelum makan malam (kalau tidak punya maag), karena captopril bekerja lebih efektif saat perut dalam kondisi kosong. Ada kemungkinan minggu yll. saat saya jatuh sakit & tensi naik, dikarenakan lama tidak mengkonsumsi captopril, karena saya fikir sudah jarang terasa pusing karena tensi naik.Efek samping dari captopril adalah timbulnya batuk, tetapi bukan jenis menular. Kalau batuk sudah demikian mengganggu dan tak terhankan, segera konsultasi ke dokter untuk diberikan obat yang lain.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di gado-gado. Tandai permalink.

6 Balasan ke Konsultasi hipertensi

  1. Audi berkata:

    Pernah denger Diet menurut golongan darah nggak pak? Kayaknya makannya kudu diatur. Bokap gue saat ini sukses menerapkan diet tersebut. Buku-nya ada banyak tuh digramedia.

    Atau kalo enggak, coba makan undur2. Jadi undur2 hidup dimasukin ke kapsul trus diminum. Buat orang yang sakit maag atau yang perutnya sesitif, undur2 sangat manjur.

  2. %Audi
    Saya belum pernah mendengar diet menurut golongan darah atau undur undur. Apakah bisa dipertanggungjawabkan secara medis ? Kalau undur-undur hidup …hihihi… geli ah. 😀

  3. Gunawan berkata:

    Deu… ngaku-ngaku deket 35 🙂 inga…inga… tahun ini 37 jadi lebih deket ke 55 he…he….
    Oom anto kerjanya pindah aja ke solo. Biaya transpor 2 mingguannya dipake utk. sambungan ADSL 🙂 Jadi ngantor online aja 🙂

  4. %Gunawan
    Semangat muda dong Oom 😀 Ide ngantor di Solo bagus juga tuh 😀

  5. Audi berkata:

    Kalo masalah Diet menurut golongan darah sih kayaknya bisa dipertanggungjawabkan. Soalnya yang nulis buku itu seorang dokter. Coba om Anto pergi ke gramedia, soalnya sudah semakin banyak buku yang menulis tentang hal tersebut.

    Contohnya bokap gue. Dulu orang bilang daging kambing itu bisa bikin darah tinggi. Dulu bokap gue juga makannya tempe tahu doang soalnya buat menjaga tekanan darah dan gula. Trus setelah membaca buku tersebut dibilang bahwa golongan darah bokap gue itu cocoknya makan daging kambing. Trus dicoba ama bokap, ternyata emang bener. Selain bokap gue lebih sehat, tekanan darah dan gula darahnya stabil.

    Kalo undur2 sih gue nggak tahu pertanggungjawaban medisnya tapi sudah dicoba dikeluarga gue (bokap, adek, om dan tante gue), semuanya merasakan khasiatnya. Bahkan di internet ada yang ngejualin undur2 lho. 1 ekor dijual rp.1000

    Saran gue sih coba dulu diet menurut golongan darah. Artis cantik Susan Bachtiar juga ikut diet kayak gini lho *apa hubungannya yah??hehe*

  6. Mahmudin berkata:

    Mas anto, kayanya masalah yg dihadapi masa anto sama saya sama, saya hanya bisa menyarankan tetapi sudah saya lakukan. Coba olah raga yg teratur, terus kalau berat badanya kelebihan coba turunin insya allah hipertensi mas akan baik-baik saja mungkin akan berada dikisaran 130 -140 /90/80, kalau saya ditambah minum herbal salah satu produk MLM alhamdullilah samapai saat ini tensi saya ada pada kisaran 130/80 dan jangan lupa berdoa pada tuhan mohon kepadanya untuk kesembuhan penyakit mas, karena semuanya tergantung sama tuhan kalau tuhan belum kasih izin apapun yang kita lakukan tak akan berhasil,
    selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

