Batuk berat : efek samping captopril

Seminggu kemarin kondisi badan saya drop. Mungkin karena kecapaian. Senin pagi berangkat dari Solo, tiba di Jakarta pk.6 petang, langsung persiapan materi pelatihan. Padahal hari Minggu saya dalam kondisi badan yg tidak fit. Selasa pagi pk.05.30 berangkat ke Bandung pakai travel. Kembali ke Jakarta sekitar pk.10 malam. Setelah itu, badan rasanya penat banget. Makanan juga sulit masuk, baru dua tiga suap segera berhenti. Saat itu saya mulai batuk-batuk, akibat captopril yg saya konsumsi. Hari Kamis selera makan masih buruk, dan batuk makin menjadi, ditambah pusing, karena batuk kan keluar tenaga. Batuk kali ini sudah demikian mengganggu. Interval kadang cuma 1 menit, dan berkelanjutan. Hari Jumat nafsu makan saya lumayan. Pagi bisa habis bubur ayam semangkuk, siang bisa makan nasi, dan malam juga OK. Lega rasanya, tapi batuk tetap parah. Sabtu tiba di Solo, dikasih obat : amoxilin (500 mg x 3 x 4 hari), dextrofort (3 x sehari), dan Predison sbg. obat anti inflamasi10 pcs. Mestinya sih Metil Prednisolon yg generik, karena lebih aman, tapi  saat itu nggak ada. Alhamdulillah pagi ini batuk saya sudah sangat jauh berkurang. Captopril saya stop dulu sementara. Kata dokter dulu kalau batuknya sudah demikian mengganggu, obatnya akan diganti. Saya ukur tensi saya hari Sabtu kemarin eh…ternyata bagus 130/86. Hari Minggu pagi, setelah bangun pagi, saya ukur lagi tensi alhamdulillah normal 127/80. Mungkin benar dugaan teman saya, bahwa saya capek secara psikis, dan perlu meluangkan lebih banyak waktu dengan keluarga. Oh iya, saya kemarin juga mencoba suplemen makanan Berocca. Dimakan cuma sekali sehari di pagi hari. Alhamdulillah badan saya kemarin terasa segar, entah karena sudah pulih atau mungkin juga karena tambahan suplemen ini. Kata apotekernya, suplemen ini jangan dikonsumsi di malam hari, karena nanti metabolisme-nya akan terganggu. Malam-malam nggak bisa tidur. Wah, saya koq langsung inget iklan obat pria perkasa …ha ha ha ha 😀

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di gado-gado. Tandai permalink.

4 Balasan ke Batuk berat : efek samping captopril

  1. Bambang berkata:

    Saya pernah mengalami “hipertensi jas putih” sampai 150/100 dan berdebar. Hal ini karena saat cemas diperiksa dokter. Kemudian saya beli alat sendiri, dan saya ukur sendiri. Ternyata tensi saya normal. Hanya saja kalau makan banyak asin tensi agak naik.

  2. Hesekiel berkata:

    Payah nih. Semua obat ada efek sampingnya. Tahu obat yang nggak ada efek sampingnya? Kalau ada, beri tahu aku ya!!

  3. ADAbisnis berkata:

    Meskipun tensi rendah, captopril tetep harus dikonsumsi, terutama bagi penderita gagal jantung. Jika tensi rendah, captopril tdk untuk menurunkan tensi, tp untuk mencegah remodelling jantung.
    Trims

  4. nanang berkata:

    Kayaknya hrs pindah ke yang herbal alias alami. Kalaupun berefek, efeknya juga alami. krn efek kimiawi biasanya hanya bisa diatasi dgn kimia juga

Tinggalkan Balasan

