Tanaman herbal : Bunga Rosella

Pagi ini mas Witjak menawarkan bunga Rosella ke saya. Satu plastik berisi bunga yang dikeringkan dan cukup banyak. Kata mas Witjak, bunga itu bisa dipakai sebagai obat hipertensi dengan cara menyeduh 2 buah bunga dan ditambahkan gula batu untuk pemanis. Saya cek di internet, memang cukup banyak situs yang membahas khasiat bunga Rosella ini. Di antaranya sebagaimana dilaporkan di [1], bunga Rosella atau nama latinnya Hisbiscus Hibiscus sabdariffa, kandungan vitamin C nya cukup tinggi. Di situs lain juga dilaporkan bahwa sebagai tanaman Herbal, Rosella bisa dipakai untuk obat hipertensi [2]. Sementara baru pada level ini saja informasi yang dapat saya peroleh, dan belum sampai taraf jurnal yang peer-reviewed yang membahas khasiatnya. Saya cari di buku tanaman herbal Indonesia, tapi belum termasuk di list yang ada. Ataukah ada yang mengetahui sumber informasi lain yg bisa dipertanggungjawabkan ?

Referensi

  1. LIPI olah bunga Cranberry jadi minuman
  2. Rosella begitu menggoda
  3. Study Shows Consuming Hibiscus Tea Lowers Blood Pressure

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di gado-gado. Tandai permalink.

39 Balasan ke Tanaman herbal : Bunga Rosella

  1. ibnu uwais berkata:

    di bukuna prof hembing tentang tanman obat dah liat lom mas….?

  2. ardy berkata:

    mas Anto, saya coba bantu ya :-).
    mau koreksi yang betul tulisannya mana ya ? “Hisbiscus sabdariffa” atau “Hibiscus sabdariffa”. saya masukkan yg pertama ndak mau dan disuruh masukkan yang kedua. dan keluarlah http://www.ncbi.nlm.nih.gov/sites/entrez
    ada 81 paper yang nyangkut dengan keyword “Hibiscus sabdariffa”. Salah satu papernya menyebutkan bahwa tanaman ini banyak mengandung gamma-tocopherol dan tentunya fungsinya sebagai antioksisan. Jika perlu paper lengkap-nya akan saya donlotkan.

    Anto : Terima kasih mas Ardy. Sudah saya ralat tulisan di atas.

  3. agus-sastro berkata:

    Dear mas anton,

    Salam kenal & sukses buat mas anton, mas aku skrng sedang membangun komunitas budidaya tanaman rosella online, alamatnya di http://rosella-online.com dimana nantinya aku ingin jadikan situs ini benar2 fokus pada informasi seputar rosella (baik budidaya-nya, bisnisnya, dll) untuk mungkin kita bisa saling berbagi infomasi.

    http://rosella-online.com
    agus-sastro

  4. ahmadsaifudin berkata:

    Oh iya, saya jg punya pengalaman tentang teh rosella, waktu itu saya demam tinggi, sudah minum obat anti biotik ditambah penurun panas dan sudah 3 hari ternyata tidak kunjung sembuh sampai akhirnya adik saya menawarkan minum teh rosella asli import dari mesir, aneh bin ajaib, malam hari itu saya minum, besok pagi demam saya sudah hilang…
    saya sampai sekarang rutin meminum teh ini dan kebetulan saya jg menjadi distributor dan membuka counter di PGC { pusat grosir cililitan ]. Sampai saat ini animo masyarakat sekitar bagus, karena memang produk yang kami tawarkan adalah produk unggulan. Oh ya, penyakit asma istri saya jg sembuh karena mengkonsumsi teh rosella mesir. Prinsip kami, kami tidak mau mengecewakan konsumen, sebelum kami pasarkan, produk kami sudah kami coba sendiri, sehingga kami tahu dan merasakan langsung khasiat dan manfaat teh ajaib ini. Oh ya, sekedar informasi, sebenarnya profesi saya adalah paramedis dan sudah banyak dokter2 kami yang membeli dari kami, baik untuk dipergunakan sendir maupun untuk sanak kerabat mereka. Berminat juga?… Hubungi kami di telp 021-99503807. Oce, ditunggu…

  5. agus-sastro berkata:

    Dear mas anton,

    aku mau infokan bahwa alamat website http://rosella-online.com udah pindah ke http://rosella-online.blogspot.com

    Terima kasih,
    agus-sastro

  6. agung berkata:

    Pro.Mas anton

    Saya baru merasakan nikmatnya teh merah….dan sekarang saya mabok teh merah…mulai persemaian kecil2an…
    tolong deh kalo ada bibit and tanaman yang dah jadi dimana saya bisa dapatkan….daerah sidoarjo-jatim
    wis pokoe tak tunggu kabar-kabarinya ya…
    ok sukses….ya
    salam
    agung

  7. raddriesner berkata:

    Thanks atas artikel yang menarik ini

  8. Susy Pane berkata:

    Aku udah 1 bulan minum teh bunga rosella, dan perutku terasa enak (kalau tidak bilang agar kempes), pokoknya nyaman deh… Nah, kalau aku mau nanam sendiri, dimana bisa dapat bibitnya yah? aku di daerah Depok…

    thanks

  9. nanang berkata:

    mas,,, saya minta tolong ne.. kirimkan katalog informasi distribusi pemasaran dan dimana bisa saya dapatkan bibit tanaman rosella… terima kasih…

  10. lapakku berkata:

    Saya pengkonsumsi Rosella. Awalnya baca2 tentang Rosella, kemudian mencoba sendiri. Setalah beberapa saat akhirnya jualin juga 😀 . Kalo Anda berminat, bisa dapatkan di saya kelopak rosella.. for more info.. bisa sms ke 081310053411

  11. dian-wahyu berkata:

    Dear mas Anton,

    mau update alamat url, http://rosella-online.com sudah dipindahkan ke http://rosella-online.net

    Bagi rekan2 yang ingin tahu tentang tanaman rosella dan cara tanamnya kunjungi aja websitenya di http://rosella-online.net

    dian-wahyu
    http://rosella-online.net

  12. sari berkata:

    anda berminat dengan bibit rosella, kami ada berapapun jumlah yang anda inginkan, berminat hubungi kami di 08881315397

  13. amiee berkata:

    Hai… Hai….
    Kabar Baru Neh…..
    baGi anDa Yang ButuH RossElla aNda Bisa Datang ke PRIMKOPPOL PRIMA HUSADA Jl. RS. POLRI Sukanto Depan Masjid AL Affiah Kramat Jati Jakarta Timur….
    HarGa nya SanGat Terjangkau loooooh…..
    aDa juGa nO Hp: 085214882835 / 085695027574
    aTas Nama aMiiiiieee……
    Ok………….

  14. bejo berkata:

    helllo
    numpang nampang dunk

  15. merio berkata:

    saya suka bgt minum jus maupun minuman hasil racikan yang berasal dari bunga rosella. saya tertarik untuk membudidayakannya. ada yang bisa bantu memberikan informasi tentang budidaya rosella…

  16. Arief berkata:

    Hallo gays…
    Kalian ingin sehat kan..
    Kalian juga pastinya ingin keluarga kalian sehat juga apalagi ortu..
    Nah mudah saja solusinya ajak mereka olahraga plus jangan lupa minum teh BUNGA ROSELLA.
    Apalagi belinya dari saya..
    Harga murah cuma 75rb/kg untuk yang los. Untuk NETTO 50gram=Rp.5.000 dan 100gr=Rp. 10.0000
    Selain murah produk aku itu bebas Pestisida..
    Pokoknya HIGINIS Deh…
    Jangan kuatir, karena selalu aku pantau…
    Aku juga menyediakan Benih Rosella bagi yang ingin menanamnya..
    Aku juga sipa bimbing hingga panen.
    Hub aku Arief 081805086394 (SMS aja)
    Aku petaninya langsung lho…

  17. pucung berkata:

    Wah infonya di web ok and bagus. Kami, dari koperasi Pucung Maju juga sedang mengembangkan rosela. Tapi penjualannya agak seret. Trims.

  18. andik sismanto berkata:

    bagi yang membutuhkan rosella, bisa menghubungi saya, rosella dari kami kwalitas bagus dan kering hingga ,mencapai kandungan air0,1% kami jual dengan harga 100Rbu/kg dan kemasan 100 gram Rp.10.000
    berminat hubungi (024) 7477585 atau 085229148203

  19. nugroho berkata:

    saya petaani rosella siapa yg bth kerjsma bs hubungi saya di nmr 081 215 769 49 karena saya susah memasrkan.

  20. aan berkata:

    Saya tertarik dengan budidaya rosella. bersama ini sya minta kepada orang yang bersedia memberikan informasi kepada saya tentang budidaya rosela. dan ini no saya 0858 68084 053. atas kesediaannya saya ucapkan banyak terima kasih.

  21. Yasa berkata:

    duh pengen tanya…banyak orang bilang menarik2….
    berhasiat….
    caranya diseduh aja…

    tapi bingung nih….bijinya juga ikut diseduh??apa kelopak bunganya aja??

    ada yang tau ga??tolong kasih tau cara buatnya dong…thx

    ^_^

  22. agi berkata:

    yang diseduh kelopaknya aja tuh, sekitar 2 – 3 kelopak,kalau bijinya bisa dipakai untuk bibit lagi

  23. iin berkata:

    saya butuh kelopak bunga rosella, buat penelitianku.tolong ya kalau da yang mau bantu.hub…085640357085

  24. MasBob berkata:

    Arief : mas lokasinya dimana ….?

  25. Yuni berkata:

    untuk teman-teman yang butuh rosella kering baik perkilo maupun, sudah dikemas bisa hub yuni di 08121534363, bibit juga kami sediakan

  26. Slamet berkata:

    Mirip Republik bunga Rosella aja ini web..tapi bagus juga sih jd tau ternyata bunga Rosela ada manfaatnya.aku di Pulogebang Permai Cakung,kalo mo beli di mana yang paling deket ya?.

  27. Arifkalisari berkata:

    Rosela rasanya aneh…ada yang punya hasil uji lab tentang kandungan n kasiatnya?

  28. frengky berkata:

    ada yang punya info tempat pembelian rosella dengan harga murah?karna mao gw beli jumlah banyak.thanks..

  29. risdianto berkata:

    aku pingin tahu bagaimana menanam bunga rosella ini. sebab aku punya bibit nya dan saat ini akan mulai menanam.
    tolong kirimin saya cara2nya dong…
    anak medan….

  30. ijass berkata:

    …….kalau di Malaysia kami kenali sebagai buah ribena kerana warnanya sama seperti anggur hitam (blackcurrent). Pengalaman saya, pernah menanamnya daripada biji benih (bibit seed) di laman rumah (kurang lebih ada 50 pokok). Buahnya yang sedang matang, diambil petalnya (ranggi/kelopak) lalu dimasak untuk dapatkan jusnya (atau diblender) rasanya masam (asam/kejout), lebih praktis tanpa gula. Memang daripada aspek kimia mengandungi komposisi vitamin C yang tinggi (ascorbic acid) semulajadi yang bertindak sebagai agen antioksidan (antioxidant), mengawat hipertension dan agen anti-penuaan (awet muda).Lebih enak daripada produk yang dibeli daripada toko, kerana fresh dan tanpa bahan pengawet, untuk tahan lama simpan dalan peti sejuk. Manakala daunnya dalam masyarakat India dan Melayu juga digunakan sebagai ramuan (bumbu) masakan kari ikan atau daging. Ianya menerbit rasa asam (masam) dan aroma yang enak.
    Itu saja info yang dapat saya tulis, sekarang saya tidak menanamnya kerana tinggal di kawasan perumahan kerajaan (pemerintah). Saya akan cuba dapat artikel tentangnya di lain kali. Terima kasih.

  31. anto berkata:

    saya minta tolong dikirimi sampel bibit gratis kalau ada alamat: Jl. Purnawirawan gg. bugenvil no. 16 gedung meneng bandar lampung 35145 thanks berat bagi yang mengirim

  32. Solikin berkata:

    Hi, sy solikin di cibitung bbrp hr yg lalu ke kampung kebetulan sodara sy lg tanam rosella .
    Barangkali ada yg mau nanti sy tanyakan harga per kilo brp.
    Solikin/ 081386824288
    Sekalian numpang promosi sy juga bikin jage merah siap seduh kl ada yg pesan boleh juga

  33. Setiyawan berkata:

    Bagi teman teman dan saudara/i ku yang berminat dengan bibit rosella silahkan datang ke Kerinci 13 di Duri dengan gratis, di halaman rumah saya banyak dan untuk di konsumsi sendiri…..(pls call me at ext. 0765824949)

  34. ubadah berkata:

    BALQIS Agrobis {Pusat perkebunan Bunga Rosella)
    terbasar dan terbaik nasional. di budidayan diatas lahan 313 hrkta sekaligus memiliki 477 Distibutor seluruh indonesia. tesedia rosella ungu dan merah, harga sangt murah juga tesedia kemasan saset.. Kami masih membuka distribtor baru dg cara yang sangat mudah. Bila tertarik jadi distributor hub. Balqis Agobis Jl. Ir. Soekarno 20-28 A Bliatar. Tlp. 0342-812703 – 7716870 – 7771115 – 081335303011 – 081333720450.

  35. siti aspiyah berkata:

    bagaimana mengoptimalkan pertumbuhan rosella organik di musim kemarau

  36. edy berkata:

    Buat yang dilampung khusus, kami punya banyak bibit berupa tanaman. kalau berminat hub 0852-7913-1752; 0721-9644173

  37. zulfan berkata:

    Mas anto saya jual bunga rosella kering harga 65.000/ kg saat ini saya punya cuma 1 ton kalau mau hubungi saya kediri 081586308986 cepatan mas siapa cepat dia dapat

  38. Luna berkata:

    Saya juga sedang mencari tanaman rosella, khususnya daunnya, dalam jumlah sekitar 1 kg. Saya butuh untuk kebutuhan penelitian. Bagi yang dapat membantu Saya bisa hubungi via email loenaa@students.itb.ac.id. Terima Kasih

  39. nugroho berkata:

    SAYA MENYEDIAKAN BIJIJ ROSELLA BANYAK…SIAPA YG MOU NANAM BS SAYA AJARI NANTINYA BISA DIBISNISKAN…CALL SEGERA MUMPUNG BLN2 NOVEMBER DAN DESEMBER WAKTU TANAM YG BAGUS Hub: NUGROHO 08121576949 ATAU 0274 6889639 http://www.rosellaku.blogspot.com

Komentar ditutup.