Tawaran pekerjaan baru

Kemarin saya ditelpon mas Husni (Dr.Husni Fahmi) mengenai penawaran untuk membantu Kominfo di bidang BIO-ID. Sore-nya saya dikontak bu Henrietta dari Kominfo agar mengirimkan CV. Awalnya saya dengar sebagai “BIO-IT” dan saya fikir ini berkaitan dengan biomedical engineering, atau bioinformatics. Ternyata setelah saya konfirmasikan ke mas Husni, yang benar adalah BIO-ID, bukan BIO-IT. BIO-ID itu adalah Bio-identification. Mungkin lebih tepatnya adalah biometrics.

Sebenarnya saya berminat untuk memulai riset di bidang biometrics, tapi tangan dan waktu saya sangat terbatas dan tidak mungkin menghandle riset itu. Kegiatan saya di kantor saat ini diarahkan ke Datamining. Walau ada interseksinya dengan biometrics di bagian pattern recognition-nya, tetapi tetap saja perlu pendalaman khusus agar bisa berkiprah di biometrics (terutama masalah feature extraction).

Kadang suka “ngiri” ke sahabat saya : mas Rahmat (Dr.Rahmat Widyanto @ UI) yang punya pasukan elit mahasiswa dari UI untuk mewujudkan ide-ide riset cemerlang beliau. Saya yang bekerja di LPND tentu saja serba terbatas dan tidak memiliki “pasukan” untuk membantu merealisasikan ide tsb. sehingga semua harus saya tangani sendiri. Beberapa kali saya mendapat email dari mahasiswa yang ingin konsultasi. Saya baru terfikir untuk menawarkan kesempatan supervisi riset (kolaborasi), agar para mahasiswa tsb. dapat membantu riset yang saya tidak sempat terlibat langsung di dalamnya. Dulu mas Warsito pernah merintis supervisi riset lewat internet bagi mahasiswa Indonesia. Saya saat itu masih tinggal di Jepang dan ikut mendaftarkan diri. Sayang tidak ada kejelasan kelanjutannya.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di catatan kerja, research. Tandai permalink.

5 Balasan ke Tawaran pekerjaan baru

  1. donydw berkata:

    Wah ternyata di Indonesia banyak lowongan pekerjaan juga ya. Bagi-bagi dong infonya Mas :). Ngomong-ngomong biometrics, dulu waktu masih kuliah saya sering baca jurnal yang namanya Biometrics. Isinya kebanyakan tentang artikel statistik kedokteran. Apa sama dengan biometrics yang dimaksud Mas Anto ya.

  2. saniroy berkata:

    Tulisannya bikin penasaran Mas Anto. Akhirnya diterima atau tidak tawaran tersebut melihat beberapa pertimbangan Mas Anto di tulisan? πŸ™‚ Apa pun semoga yang menjadi pilihan terbaik. Aamien.

  3. Gunawan berkata:

    Alhamdulillah πŸ™‚ diambil kan tawarannya ?
    Untuk ke UI, tunggu aja tawaran berikutnya πŸ™‚

  4. Handri berkata:

    Buat Pak Donydw, Biometrics itu adalah indentifikasi seseorang berdasarkan pengukuran physical properties yang unik seperti fingerprint, face, gait,DNA, dll.
    Yang sekarang lagi populer dipakai buat indentifikasi foreigner di bandara. Bahkan mulai tgl 20 Nov ini, Jepang juga mulai menerapkan process yg sama buat semua orang asing yg tiba di sana.
    Pak Anto itu tawaran pekerjaan yang menarik dan mudah2an bisa diapplikasikan juga di Indonesia, mungkin bisa juga kerjasama dengan pak Rachmat kalau perlu pasukannya.

  5. Dear all,
    Terima kasih atas reply & masukannya. Saya masih menunggu penjelasan job description-nya. Kalau masih mampu dihandle, Insya Allah saya terima. Soalnya job di kantor sudah cukup padat. Khawatirnya overload, dan tidak bisa memenuhi komitmen yg sudah dibuat.

Tinggalkan Balasan

