Batal naik pesawat

Minggu sore sebenarnya saya berencana kembali ke Jakarta naik Lion Air. Jadwal take off pk.16.45. Sampai di bandara, saya check in, dan mendapat informasi kalau jadwalnya diundurkan 1 jam. Kemungkinan berangkat sekitar pk.18.00. Saya rasa ini logis karena cuaca tidak bagus. Langit sudah mulai gelap, awan sudah siap memuntahkan hujan lebat. Karena mundur satu jam, saya telpon ke Ine agar nyusul saja ke bandara, biar Tika bisa lihat pesawat. Itung-itung mengobati kekecewaannya karena tidak dapat melihat pesawat, saat menjemput saya hari Jumat yll. Ine, Tika dan Eyang Uti sampai di bandara pk.16.15. Kami kemudian masuk ke ruang tunggu.

Tika senang banget karena di ruang tunggu bisa melihat pesawat Adam Air dengan jelas. Tapi saya jadi makin khawatir melihat langit yang makin gelap. Tak berapa lama kemudian hujan pun turun dengan derasnya. Benar-benar deras, bagaikan diguyurkan dari langit. Di tengah derasnya hujan itu, pesawat Adam Air ternyata tetap berangkat. Wah, saya yang melihat saja udah khawatir, apalagi penumpang yang di dalam pesawat itu. Di sebelah saya ada seorang wanita paruh baya dengan anak-anaknya sedang bicara di handphone sambil menatap Adam Air dari jendela. Rupanya dia sedang bicara dengan suaminya yang sedang berada di dalam pesawat. Gila bener…. Pesawat sudah mulai jalan koq ya masih nekat menelpon penumpang, lho. Apa nggak ketahuan oleh pramugarinya ya ? Mestinya pramugari waspada terhadap penumpang macam ini, yang jelas akan membahayakan perjalanan udara. Atau barangkali penumpang itu telpon sambil sembunyi-sembunyi. Entahlah. Benar kata orang : di Indonesia semua serba mahal, kecuali satu : nyawa. Sepertinya banyak yang nggak sayang dengan nyawanya. Banyak sekali pelanggaran tata tertib yang dilakukan orang di Indonesia, yang beresiko dengan nyawa. Yang paling sering saya lihat adalah orang setir mobil sambil telpon pakai HP. Di Jepang jelas kena denda berat banget. Yang paling berbahaya adalah yang seperti penumpang pesawat tadi.

Akhirnya, setelah melihat buruknya cuaca saya putuskan untuk membatalkan perjalanan dan mengambil kembali bagasi saya, sekitar pk.17.15. Pesawat saat itu masih belum tiba di Solo, karena belum lepas landas dari Jakarta. Karena boarding pass sudah diterbitkan, jadi saya tidak mendapat pengembalian uang tiket. Apa boleh buat, karena itu memang resikonya. Akhirnya kami ke stasiun Solo Balapan untuk mencari tiket kereta, untuk perjalanan Senin pagi. Alhamdulillah masih dapat seat di Argo Lawu pk.08.00. Semoga saja perjalanan besok lancar.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di keluarga. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Batal naik pesawat

  1. novi berkata:

    tika senang sekali ya bisa lihat pesawat 🙂

    btw, kalo di jkt apa aja bisa pak 😀 sms-an sambil nyetir 😛 supir angkot aja bisa ngitung pendapat sambil nyetir, saya yg jadi penumpangnya sampai was-was 😦

    mudah2an perjalanan besok lancar ya pak 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s