Biaya hidup di Tokyo

Ada pertanyaan dari dua rekan mengenai biaya hidup di Tokyo.

  1. Imera Sahrul
    salam kenal, nama saya era bulan februari suami saya kebetulan dapat beasiswa dari univ.waseda – tokyo dan kami berencana untuk berangkat ke sana..kira2 bisa bantu gak sih mas anto cara cari apartemen di sekitar dekat kampus karena dan seandainya mahal ada gak sih yang mungkin dekat dengan sarana transportasi untuk dapat ke kampus..terima kasih.
  2. Eko Prasetyo
    Salam kenal untuk Pak Anto, dan utk Ibu Imera Syahrul (Salam untuk suaminya yg akan kuliah di Waseda). Kebetulan saya juga baru dapat pengumuman kalo saya diterima di Univ.Waseda – GSAPS (April 2008).
    Mohon informasi lebih jauh tentang kehidupan di Tokyo. terutama biaya hidupnya. Untuk pertimbangan saya dalam membawa keluarga (istri & 1 anak bayi). Maklum, direncanakan saya akan menerima sekitar 175.000 yen untuk biaya hidup bulanan.
    Terima kasih.

Selamat kepada kel. Bu Imera & Pak Eko. Beasiswa 175 ribu yen rasanya cukup untuk hidup sederhana di Tokyo, walaupun ini tergantung kepada cara kita memanage keuangan. Yang mahal untuk di Tokyo rasanya adalah transportasi & sewa kamar/apartemen. Saran saya, sedapat mungkin bertempat tinggal di dekat kampus. Dekat di sini saya maksudkan bisa ditempuh dengan sepeda.

Untuk anak balita, di Jepang ada tunjangan dari pemerintah. Walau tidak besar tapi sangat membantu. Dulu saya terima 5000 yen perbulan saat tinggal di Nagoya. Tidak tahu berapa besarnya untuk Tokyo. Selain itu biaya berobat untuk anak usia tsb. gratis. Saya tidak ingat, sampai usia berapa pengobatan balita gratis. Kalau nggak salah s/d 2 tahun. Tapi ada juga yang bilang kalau sampai 5 tahun masih gratis. Sebaiknya nanti dikonfirmasikan lebih lanjut setelah sampai di Tokyo. Saya pernah membuat estimasi yang dapat dibaca di https://asnugroho.wordpress.com/2007/01/13/biaya-hidup-di-jepang/ Mungkin kumpulan tulisan https://asnugroho.wordpress.com/selected-articles/ bermanfaat juga.Untuk informasi yang lebih akurat, sebaiknya kontak dengan PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) wilayah Kanto. Bisa juga dengan subscribe ke milis ppi-jepang@yahoogroups.com dan mencari informasi dari rekan-rekan PPI yang studi di Waseda. Biasanya informasi dari teman-teman seperti ini jauh lebih membantu daripada kalau kita mencari sendiri informasi tsb. lewat internet.

Bu Imera, sayang saat ini saya sudah berada di tanah air, sehingga tidak dapat membantu lebih jauh.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di living in Japan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Biaya hidup di Tokyo

  1. Indra berkata:

    Mau Tanya tentang.. Kehidupan Mahasiswa di Jepang..?? terutama Mahasiswa Muslim ya Tinggal Di tokyo..??

Tinggalkan Balasan

