Terkena Hipertensi Esensial

Melanjutkan konsultasi sebelumnya, kemarin siang saya ke RS.PKU untuk konsultasi hipertensi dengan dr.Suryo Aribowo, Sp.P.D. Mas Suryo menganalisa hasil periksa lab. saya, termasuk di antaranya rekam EKG dan foto rontgen thorax. Ringkasannya sbb.

  1. Foto rontgen thorax tidak memperlihatkan satu kelainan apapun
  2. Fungsi ginjal saya normal. Hal ini ditunjukkan dari nilai kreatinin yang normal (0.84).
  3. Kelainan awal ginjal juga tidak ditemukan. Biasanya awal perubahan ditunjukkan dari hasil periksa urine, terutama albumin. Tetapi albumin saya ternyata negatif.
  4. Satu-satunya yang tidak bagus adalah kolesterol LDL, tetapi ini pun tidak menjelaskan hipertensi
  5. Saya coba tanyakan mengenai perlu tidaknya periksa GFR (gromerular filtration rate) untuk memeriksa kemungkinan kalau hipertensi ini sekedar symptom dari penyakit lain (ginjal). Tetapi menurut mas Suryo, hasil periksa lab menunjukkan kalau ginjal saya berfungsi normal. GFR itu bisa juga diturunkan memakai formula tertentu. Tapi mestinya hasilnya nanti normal juga. Jadi tes GFR tidak diperlukan, walau kalau mau mencoba tentu saja tidak mengapa.
  6. Karena tidak ditemukan adanya kelainan yang dapat menjelaskan hipertensi, mas Suryo menyimpulkan kalau hipertensi yang saya idap ini sifatnya esensial. Berarti tidak dapat disembuhkan, karena penyebabnya tidak diketahui.
  7. Yang disarankan adalah agar saya berusaha untuk menekan tensi ke angka paling tinggi 140/90. Selain diet, mengatur pola hidup, juga olah raga. Olah raga yang disarankan misalnya aerobik, lari, jalan kaki, dsb. dan bukan olah raga yang sifatnya game.
  8. Obat yang saya konsumsi selama ini : captopril 12 mg dilanjutkan dan diamati. Kalau sekiranya tidak ada kemajuan, kadarnya ditingkatkan menjadi 25 mg. Efek samping captopril adalah batuk. Kalau batuknya ternyata sangat mengganggu, akan dicoba obat lain.
  9. Beberapa kali saya merasa sakit kepala yang cukup mengganggu aktifitas. Penyebabnya kemungkinan karena kecapekan dan kurang istirahat. Biasanya saya pakai untuk istirahat. Tetapi ada kalanya saya tetap harus bekerja, sehingga terpaksa minum obat. Mas Suryo merekomendasikan panadol atau parasetamol, yang relatif lebih ringan daripada obat “N” yg selama ini saya pakai.

Rencananya selama satu bulan ini saya coba untuk rutin dan tertib mengkonsumsi captopril dan berbagai terapi yg lain. Insya Allah satu bulan lagi saya akan konsultasi ke beliau.

BTW, sekali ke PKU Muhammadiyah kemarin alhamdulillah saya ketemu 3 teman se-angkatan di SMA1. Pertama dr.Suryo Sp.PD, kedua dr.Rusmawati Sp.A. (beliau dulu teman sekelas di Fisika 2, dan Tika kalau sakit ndokter ke tante Rusma), mas Arif Yusuf (beliau ini teman se-SMP di SMP2 dan juga se-SMA di SMA1). Senang rasanya melihat keberhasilan teman-teman saya. Semoga kesuksesan dan barakah senantiasa dilimpahkan Allah SWT kepada mereka. Amin.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di gado-gado. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Terkena Hipertensi Esensial

  1. Sarjono berkata:

    nah tuh khan,
    akhirnya kena serangan kousetsuatsu jg toh.

    saya sejak natsu tahun lalu jg disuruh dokter atur pola makan dan olahraga. dapet pil amrodin, sehari sebiji. sekarang sudah setahun lebih, masih nge-pil dan naik-turun tangga lt5 tiap kali ke ruang kerja, ditambah lari pagi muterin komplek aist, kira 3.8 km. hanya saja akhir2 ini karena musim dingin agak sering saboru ;(

    lumayan, dah turun jadi 124/76. tp kadang2 masih naik 13x/8x. bahkan akhir2 ini bisa 14x/9x, karena kedinginan, pembuluh darah mengkeret. tp secara umum sudah turun tekanan darah dan gak pusing2 lagi.

    maksimal 140/90 apa gk ketinggian tuh?
    khususnya diastolic-nya bukannya maksimal 85 saja untuk standar normal.

    dokter sini bilang obat tsb kerjanya utk mengendurkan pembuluh darah agar lebih lancar mengalir, bukan melarutkan kolesterol jahat yg nempel di dinding pembuluh darah. penurunan kolesterol bisa dilakukan dengan mengganti makanan dan olahraga rutin, tetapi itu tidak bisa serta merta. bukan sebulan dua bulanan, setahun 2 tahun pun belum tentu nilai kolesterol bisa turun drastis, kecuali terkena stress yg super tinggi sehingga tidak sempat mengkonsumsi apa pun. ‘kali lho. soalnya kolesterol saya terhitung sejak tahun 2000, hanya sekali yg turun drastis, yg setelah saya ingat, adalah saat menyelesaikan disertasi s3. waktu itu, dalam sejarah hidup saya, benar2 mumet, stress, pusing, bahkan pernah hampir mau menghindar saja. gak doktor2an, gak pathek’en πŸ™‚

    yo wis ati2 wae.
    kurangi konsumsi gorengan tuh.
    ntar kl sama2 ndoktor ndik bppt, ayo ngrebus sayur wae yo. ben dadi koyok kulup, lemes.

    oh ya, tiap kali ke lt21, coba lewat tangga. tahun depan ayo balapan karo aku. ndromos be’e yo.

    Anto :
    Wah…matur nuwun atas saran-sarannya mas. Diastolic 90 itu adalah informasi dari dokter sing mrikso aku. Mungkin yen neng Indonesia, batas bawahnya normale pancen luwih duwur daripada di Jepun. Tingkat stress-e rak luwih duwur neng kene..hehehe πŸ˜€ Wis, enggal balik terus besuk yen wis ndik kantor, kita balapan lari pagi di depan kantor yo, sekalian absen πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s