Kecelakaan sepeda motor vs kereta Prameks

Kamis pagi saya mengantar papa (ayahnya Ine) kembali ke Yogyakarta. Kami bertiga (papa, Anto dan Tika) berangkat pakai taksi, sekitar pk.8 pagi setelah usai sholat Dluha. Tiba di Yogya sekitar pk.09.15 pagi. Papa langsung ke rumah, sedangkan saya dan Tika meneruskan perjalanan ke Carrefour di Ambarukmo. Di carrefour rupanya kami datang terlalu pagi. Setelah menunggu sebentar, akhirnya kami bisa masuk. Wah, Tika seneng banget. Lihat sana lihat situ, makan bakso 😀 Usai dari carrefour kami berangkat ke stasiun Tugu.

Tiba di stasiun Tugu pk.12 siang, kami terpaksa menunggu agak lama, karena kereta Prameks (Prambanan Ekspress) baru berangkat pk.13.15. Sambil menunggu kereta, Tika menghabiskan waktu mewarnai buku gambar. Kereta Prameks akhirnya tiba, dan sekitar pk.13.15 kereta diberangkatkan menuju Solo. Tetapi, saat kereta baru berjalan sekitar 20 menit, tiba-tiba terasa jalannya agak terganggu dan ada bunyi keras “tak !”. Tak berapa lama kemudian kereta langsung berhenti. Posisi kira-kira di dekat stasiun Srowot, sekitar 7 km dari stasiun Klaten. Saya fikir ada yang iseng melempar kereta, atau relnya bermasalah. Tapi berhentinya cukup lama, dan banyak orang yang kemudian turun merunduk-runduk entah mencari apa di bagian bawah gerbong. Desas-desus berseliweran. Belakangan baru tahu kalau ternyata ada kecelakaan yang cukup tragis. Satu sepeda motor dengan pengendara 3 orang terlanggar oleh kereta yang kami naiki. Satu korban sudah tidak dapat dikenali lagi, sedangkan dua korban yang lain tewas dg mengenaskan. Aduuh, kasihan sekali. Motor yang naas tersebut sebenarnya satu diantara 3 sepeda motor yang berentengan, menuju ke pemakaman orang lain. Satu motor berhasil melewati rel, motor yang ditengah terlanggar kereta, sedangkan yang paling belakang katanya terserempet. Kereta kemudian dijalankan sebentar hingga sampai stasiun Srowot, dan berhenti cukup lama. Hari saat itu masih hujan, walau tidak teramat lebat. Saat masih berhenti, karena tidak ada kepastian, saya akhirnya calling ke taksi langganan di Solo agar dijemput di St. Srowot. Kereta berhenti hingga sekitar pk.14.40, kemudian diberangkatkan lagi ke Solo. Saya dan Tika tetap tinggal di stasiun Srowot menunggu taksi, karena sudah terlanjur berangkat menjemput kami. Stasiun Srowot adalah stasiun kecil yang berada sepertinya di daerah yang agak sepi. Tapi dari percakapan dengan bapak-bapak staff di stasiun, katanya memang di daerah tsb. rawan kecelakaan, karena tidak ada portal-nya. Mungkin karena daerah yang sepi dan di dusun. Kata mereka, kecelakaan kemarin adalah yang keempat. Akhirnya taksi datang dan kami diantar pulang ke Solo. Kami sampai di rumah sekitar pk.16.30 dengan rasa lelah dan masih terbayang dg kecelakan yang terjadi siang tadi. Hari ini di solopos saya baca ada liputan peristiwa kemarin yang cukup tragis tsb.

Iklan

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di trip report. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s