Catatan perjalanan ke STTTelkom

Dua hari ini saya sakit kepala. Tensi saya naik jadi 160/110. Mau nggak mau terpaksa banyak tidur, agar segera pulih. Alhamdulillah sore ini sudah baikan, dan bisa nge-blog lagi.

Rabu malam (26 Des 2007), saya berangkat ke stasiun Solo Balapan. Rencananya naik kereta Turangga ke Bandung, pk.22.10. Seperti saya perkirakan, ternyata kereta mundur dari jadwal semula. Diumumkan kalau kereta Turangga baru tiba sekitar pk.24.00, karena banjir yang menyebabkan transportasi Jawa Timur ke Jawa Tengah. Stasiun sudah lengang, sepi, Solo di waktu malam, tetapi kereta belum juga tiba. Tanggalan bergulir, ke angka 27 Desember. Saya sudah kirim kabar ke panitia (mas Agus) agar mengantisipasi seandainya saya terlambat tiba di Bandung dengan mengubah susunan acara. Akhirnya pk.24.45 kereta tiba dan saya pun berangkat ke Bandung. Saat kereta mulai berjalan, hidangan diberikan kepada penumpang yang naik dari Solo. Saat saya buka dan mulai menyantap, ternyata saya temukan puntung rokok di dalamnya…hiiii…. Sebenarnya mau protes, tapi staf kereta sudah tidak di gerbong saya lagi, dan saya males jalan ke gerbong lain. Terpaksa hidangan saya makan apa adanya, tentunya dengan tidak menyentuh mentimun yang “ditemani” oleh puntung rokok.

Saya bangun sekitar pk.5 pagi, dan segera melakukan sholat Subuh. Sambil menikmati udara pagi, saya baca-baca bukunya Grinnel “The Scientific Attitude”. Buku aslinya saya taruh di Jakarta, jadi yang saya bawa terjemahan bahasa Jepangnya. Bagian menarik yang saya baca adl. kasus manipulasi data oleh Imanishi Kari di jurnal Cell, yang menjadi skandal besar di dunia sains, karena melibatkan peraih nobel Dr.David Baltimore. Selain itu saya baca juga bagian yang mengupas tips-tips pendidikan untuk level S2 dan S3. Kebetulan siang harinya, saya dijadwalkan diskusi informal dengan dosen-dosen STTTelkom. Banyak informasi yang bermanfaat saya peroleh dari buku tsb.

Kereta akhirnya tiba di stasiun Bandung, pk.10.15, padahal kalau jadwal normal tiba pk.7 pagi. Alhamdulillah panitia sudah mengantisipasi keterlambatan tsb., dan seminar yang sedianya mulai dari pk.9 pagi, diubah susunan acaranya. Saya dijemput dua mahasiswa pak Arif (Ajum dan Bayu), dan kami langsung menuju STTTelkom.

Ini kali pertama saya main ke kampus STTTelkom. Pak Arif Bijaksana menjemput saya. Saya dan pak Arif juga baru kali itu bertemu, walau sudah sering kontak dan diskusi di milis datamining (indo-dm@yahoogroups.com). Setelah beristirahat sejenak, kami masuk ke ruang diskusi. Kebetulan penyaji sebelumnya baru saja selesai, dan langsung tiba giliran saya.

Materi yang saya presentasikan adalah peran feature selection sebagai salah satu metode preprocessing dalam datamining. Karena keterbatasan waktu, saya hanya batasi pada metode2 dasar seperti Sequential Forward Selection, Sequential Backward Selection. Riset saya mengenai pemakaian margin pada SVM terpaksa tidak dapat saya perkenalkan, karena waktu terbatas. Usai presentasi, saya banyak mendapat pertanyaan menarik dan kritis dari para mahasiswa. Kaget juga, karena walau mereka masih semester 7, tetapi pertanyaannya sangat cerdas dan menarik. Banyak pertanyaan yang terpaksa saya jawab dengan “Tidak tahu”, karena memang topik yang mereka tanyakan sangat gres dan saya belum sempat mempelajarinya. Ada juga pertanyaan yang kebetulan sama dengan tema riset saya yang masih unpublished 😀 Ah, alangkah bahagianya Pak Arif. Beliau memiliki banyak mahasiswa yang demikian kritis. Dosen yang memiliki mahasiswa demikian, akan sangat terbantu dalam risetnya. Memang mahasiswa STTTelkom saya lihat sangat aktif dalam diskusi di milis datamining. Riset datamining mereka cukup maju dan berkembang.

Usai presentasi, saya diajak pak Arif dan rekan-rekan lain untuk mengunjungi warung-warung jualan yang dibuat oleh mahasiswa di ruang GSG. Rupanya kegiatan tsb. adalah tugas dari satu mata kuliah : “Inovasi”. Hidangan yang sempat saya cicipi adalah soto makasar dan kari & roti canai.

Usai makan siang, sekitar pk.14.00, saya diajak diskusi informal dengan rekan-rekan dosen dan beberapa mahasiswa. Saya ceritakan tentang pengalaman dan kesan saya mengikuti pendidikan S1 s/d S3, dan pengalaman menjadi dosen selama 4 tahun di Chukyo University. Cerita saya kurang terstruktur, karena persiapan juga agak mendadak. Semoga saja ada hal yg bisa diambil manfaatnya.

Saya diantar mas Arif dan istri beliau, ke stasiun Bandung. Kereta alhamdulilah berangkat tepat waktu, dan tiba di Solo sekitar pk.4 pagi sesuai rencana.

Terima kasih kepada mas Arif & keluarga, serta rekan-rekan dosen dan adik2 mahasiswa/i di STTTelkom atas kesempatan yg diberikan dalam acara diskusi menarik hari Kamis yll. Semoga event tsb. menjadi awal kita untuk saling bertukar pikiran, diskusi, sharing mengenai datamining di masa depan.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di talk & seminars, trip report. Tandai permalink.

3 Balasan ke Catatan perjalanan ke STTTelkom

  1. isackfarady berkata:

    STT Telkom emang hmmm…

  2. evi berkata:

    GMN SIH DI STT TELKOM TU?
    BJU SERAGAM NYA DI SEDIAKAN OLEH PIHAK KAMPUS YA?
    TRUS, SPATU NYA? BELI SNDRI ATO DARI KAMPUS JGA?

  3. syila berkata:

    thx a lot mas!!
    for ur experience

    it can be inspiration for me as a new student in IT Telkom

Tinggalkan Balasan

