Akhirnya punya rak buku

Alhamdulillah rak buku pesanan saya akhirnya jadi juga. Saya pesan dua buah, masing-masing berukuran 0.4 x 1 x 2 m dari kayu. Harganya tidak terlalu mahal @Rp 750 ribu. Saya pesan agar dibuatkan masing-masing 6 rak: 4 diantaranya dengan ketinggian 30 cm dan dua sisanya 40 cm. Kalau dipenuhi, kira-kira bisa masuk hampir 1000 buku. Yang paling repot adalah mengatur penempatan buku-buku tsb. karena harus memikirkan klasifikasinya, agar saya bisa random access ke buku yang saya perlukan. Sementara saya bagi ke 4 kategori : computer science, serba-bio (biomedis, biologi, bioinformatika), matematika dan populer. Ternyata proses penempatan itu cukup makan waktu. Alhamdulillah Kamis sore hampir semua buku yang saya beli sejak mengikuti program S2 bisa masuk. Masih ada sekitar 2 rak yang nganggur, rencananya untuk menaruh buku-buku saat pendidikan S1 dulu. Saat S1 dulu saya masuk di jurusan electrical & computer engineering, sehingga sebagian bukunya berkaitan dg elektro (denkikairo, denshikairo, denjiki, dsb), dan sebagian lagi berkaitan dg komputasi (algorithm, signal processing, automaton, information theory, gazou shori, neuro, dsb). Buku-buku elektro hampir tidak pernah saya baca lagi, karena saat penjurusan, saya memilih komputasi. Tapi kalau dibuang rasanya sayang banget, karena bisa saja satu saat saya perlukan lagi. Ada juga buku teks Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi untuk SMA di Jepang. Kelak kalau anak-anak sudah besar, saya ingin mengenalkan kepada mereka “Gini lho, Nduk…pelajaran matematika di Jepang”, agar wawasan mereka luas.

Sebagian besar buku yang saya miliki tsb. berbahasa Jepang. Baru sejak bekerja di Chukyo saya berani beli lebih banyak buku berbahasa Inggris – yang biasanya jauh lebih mahal- karena ada anggaran belanja buku dari kampus. Sayang juga sebenarnya, karena yang bisa membaca buku berbahasa Jepang tsb. cuma saya. Entah barangkali kelak kalau Tika atau Alya sekolah ke Jepang, dan mengambil bidang yang sama, barangkali buku-buku itu ada manfaatnya bagi mereka.

Tika senang banget saat saya kasih 1 rak. Dia langsung tempatkan buku-bukunya “Aku sayang ayah”, “Aku sayang ibu”, “Aku sayang adik”, “Aku mau minum obat”, “Kogepan”, dan berbagai buku ajaib-nya. Tak lupa bantal Pooh san dia tempatkan juga di rak itu. Saya ingin menumbuhkan cinta pada buku kepada Tika-Alya, dengan cara menempatkan buku-buku mereka pada rak yang sama dengan orang tuanya. Di situ ada kebersamaan, di situ ada teladan. “Kodomo wa oya no senaka wo mite sodatsu“, begitu kata orang Jepang dalam mendidik anak. Arti harfiahnya anak belajar dengan melihat punggung orang tuanya. Anak mengikuti tauladan dan contoh yang diberikan orangtuanya. Semoga saja anak-anak kami kelak juga mencintai buku dan ilmu.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di keluarga. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

