Tulisan di Netsains : Prediksi efektifitas Terapi Interferon untuk Hepatitis C

Alhamdulillah, hari ini tulisan saya dimuat di portal netsains.com. Situs tsb. bertujuan mendiseminasikan iptek dengan bahasa populer sehingga bisa difahami masyarakat. Sebenarnya hal ini sangat sulit, karena tidak semua riset bisa dijelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Saya hanya kebetulan saja, pernah melakukan beberapa penelitian pada kategori aplikasi, sehingga bisa disajikan dalam bahasa populer. Tetapi banyak juga penelitian saya yang tidak bisa dijelaskan dengan bahasa populer, karena bahasannya pada tataran teori. Sebenarnya ini satu tantangan, karena bagaimana pun juga ada tuntutan ke arah tsb. Apalagi jika profesi yang dilakoni mengharuskan kita bergaul dengan orang banyak, yang bidangnya berlainan. Jalan keluar-nya adalah melakukan riset dasar dan riset terapan sekaligus. Memang berat, tetapi keduanya diperlukan. Mengatur porsinya juga susah, apakah 50-50, 70-30 atau rasio yang lain. Riset dasar diperlukan untuk memberikan kontribusi ke dunia sains dalam jangka panjang, sedangkan riset terapan untuk memberikan kontribusi dalam jangka pendek, sehingga peneliti tidak kelabakan kalau ditanya : apa sih kontribusi untuk memecahkan masalah di masyarakat secara riil. Terhadap pertanyaan seperti ini, tidak mungkin kita menjelaskan bahwa riset dasar yang dilakukan itu akan bermanfaat, karena term-nya sangat panjang. Umumnya perlu waktu lama agar riset dasar itu kelihatan “manfaatnya secara riil”. Tetapi kalau kita mengerjakan juga tema riset aplikatif, mungkin akan lebih mudah untuk memberikan jawaban yang membuat sang penanya faham (moral : tanin wo nattoku saseru no wa daijina koto ).

Catatan :

  1. Judul tulisan saya diubah oleh editor, tetapi maknanya jadi berubah dan tidak konsisten dengan isi tulisan. Istilah yang dipakai seharusnya “meramal”, atau “memprediksi”, bukan “menguji” sebagaimana judul yang dipilih oleh redaksi. Arti keduanya berlainan. Menguji : berarti terapi dijalankan baru kemudian dievaluasi. Meramal : berarti terapi belum diberikan pada pasien.
  2. Kalimat-kalimat pada alinea pertama adalah tambahan dari editor. Sebenarnya saya kurang sreg dengan tambahan kalimat-kalimat tersebut, karena pertanyaannya “terkesan kurang cerdas” (“Komputer bisa sembuhkan pasien Hepatitis C ?” dan “Koq bisa ya komputer melumpuhkan penyakit ?”).
  3. Memang sulit membuat tulisan yang memuaskan semua pihak. Tulisan peneliti adakalanya sulit dimengerti, sehingga perlu sentuhan editor berpengalaman. Tetapi proses mengoreksi ini tidak mudah, karena sebenarnya yang memiliki kemampuan mengoreksi adalah mitra setara (peer, orang yang sebidang). Untuk mengatasi kendala ini, sebaiknya tulisan yang telah diedit dicross check terlebih dulu dengan penulis artikel sebelum dipublikasikan, apakah setuju atau tidak, apakah artinya berubah atau tidak.
Iklan

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di research. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tulisan di Netsains : Prediksi efektifitas Terapi Interferon untuk Hepatitis C

  1. pur berkata:

    ck ck ck.. saya jadi bener2 kagum nih… saya denger cerita mas Anto sejak saya masih duduk di SMA 1 Solo (lulus 93) dari pak Ngadiyono (guru fisika). Sampe sekarang saya terus baca corat-coret mas Anto. Mampir ke Bekasi mas…Salam buat keluarga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s