Ketemu teman-teman lama

Jumat yll. saya tidak pulang ke Solo, dan melewatkan akhir pekan dengan ketemu teman-teman lama.

Jumat malam, ngumpul-ngumpul bareng teman seangkatan SMA (lulusan th.1989 SMA 1 Solo) di Plasa Senayan. Yang datang : Novi, Ari Rosati, Anna “Rambo”, Dini, Ndari, saya, Anton, Anto “Don King”, dan Budi. Tak terasa usia kami sudah mendekati 40. Mereka sudah jadi orang. Ari jadi dokter kecantikan, Anna bekerja di beacukai, Budi di Pajak, Dini jadi konsultan, Anton kalau nggak salah di Danar Hadi (bener nggak Ton ?). Topik pembicaraan seputar anak, keluarga, pekerjaan, dan tak lupa embel-embel awasi kolesterol, jaga makanan πŸ˜€ Pulangnya saya diantar Anton. Anton sedang akan buka usaha warung (atau resto?) “Kandjeng”, yang berada di Bulungan. Menu andalannya gudeg, garang asem, dsb. Pokoknya makanan Jawa (Solo/Yogya). Rabu 19 Maret besok rencananya baru akan dibuka, dan kami diminta datang dg teman dll. karena saat itu boleh makan gratis. Sayang, hari Rabu saya tidak dapat menghadiri acara pembukaan tsb. Semoga saja usaha Anton sukses !

Sabtu pagi saya main ke rumah Indra Malela, sobat saya sejak kami tinggal di Nagoya. Saya dulu ketemu Indra pertama kali di tahun 1992. Saat itu saya masih tk.II di Nagoya Inst. of Technology, sedangkan Indra tk.I di Nagoya University. Bidang kami sama : informatics. Setelah lulus S2, Indra bekerja di Kanefusa, sedangkan saya meneruskan di jalur akademik. Indra dulu teman dalam suka dan duka. Kalau udah ketemu, seperti biasa kami ngobrol ramai, debat, yaah..tentang pekerjaan, tentang idealisme, dll. Puteranya sudah dua : Indy dan Ifal. Keluarga Indra tinggal di daerah Lippo Cikarang. Malam minggu saya bermalam di rumah Indra.

Minggu pagi, saya dan Indra sekeluarga main ke rumah sahabat lama : Pak Heru Subiyantoro, di Bekasi. Senang banget bisa ngumpul lagi. Dulu di Nagoya, Pak Heru adalah serasa sahabat, kakak bagi kami berdua. Belum lama ini Pak Heru beralih jabatan, menjadi Sekretaris Dirjen Perimbangan Keuangan di Depkeu. Pak Heru sekeluarga juga dikaruniai dua puteri : Aiko dan Ami. Aiko dulu waktu masih tinggal di Nagoya, usianya 2 tahun, sangat lengket dengan saya. Kalau saya main ke rumah Pak Heru, saat pulang harus menggendong Aiko muterin rumah dan kemudian dikembalikan lagi lewat jendela πŸ˜€ Wah, kalau sekarang sih jelas nggak bisa lagi. Aiko udah gede, kelas 1 SMA. Ami lahir di Jakarta Bandung, dan sudah di SMP. Kalau nggak salah kelas I SMP. Kami ngobrol ramai, ngalor ngidul, mengenang saat-saat manis di Nagoya. Sekalian mengucapkan selamat kepada Pak Heru, yang baru saja mendapat jabatan Professor. Suatu posisi akademik tertinggi yang sudah semestinya disandang oleh orang selevel Pak Heru. Di tengah pembicaraan, Pak Heru minta bantuan untuk membuatkan blog. Saya sudah buatkan versi awalnya, tinggal nanti diisi dengan tulisan-tulisan beliau. Alamat blog Pak Heru : http://herusubiyantoro.wordpress.com

Usai dari rumah pak Heru, saya ikut Indra sekeluarga ke MM (Metropolitan Mal). Di sana, saya muter-muter di Gramedia, dan akhirnya beli stempel lucu buat Tika (ada karakter neko-chan dan ushi-kun), dan buku berjendela “Life in the City”, buat modal bercerita ke Tika dan Alya.

Usai dari Gramedia, saya kembali ke Jakarta. Tetapi saya salah naik bus. Saat ada bus datang, saya lihat di ada tulisan jurusan kota. Saya tanya ke kenek-nya, “Ini berhenti di Komdak, nggak ?”, dijawab “Iya”. Ya udah saya naik. Tetapi ternyata bis itu nggak jalan ke arah Komdak, dan saya diturunkan di Golden, dekat Ps.Baru. Dasar kenek penipu ! Kenek durhaka ! Maunya cari untung aja, main jawab “iya”, asal penumpang mau naik dulu. Masalah jawabannya tadi benar atau menipu, urusan belakangan. Pokoknya duit masuk dulu. Grrr…..Daripada capek nyumpah-nyumpah, akhirnya saya cari ojek untuk ke Thamrin. Alhamdulillah dapat tukang ojek yg “kayaknya” baik hati, dan nggak menipu.

Ah, betapa sulitnya mencari orang jujur di ibukota ini 😦

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di gado-gado, Indonesiaku. Tandai permalink.

4 Balasan ke Ketemu teman-teman lama

  1. herusubiyantoro berkata:

    Yth Dik Anto,
    Ass. wr.wb.
    Terima kasih telah berkunjung ke rumah kami bersama dik Indra sekeluarga, dan juga atas bantuannya membuatkan weblog untuk saya. Paling tidak saya tak ketinggalan teknologi dan informasi. Sekedar koreksi, Ami tidak lahir di Jakarta, tetapi di Bandung.
    Wass.
    Heru Subiyantoro

  2. Dodi Mahendra Putra berkata:

    Ass. Wrr. Wbr.

    Hi Anto,

    Salam kanggo keluarga..
    Mungkin wis lali karo aku….aku koncone Anton..sing termasuk cah-cah mbeling Fis-2 .. πŸ™‚

    Aku iseng2 buka google…golek website SMAN1..terutama alumni 89…eh malah enthuk blog-mu…crito ketemu cah-cah 89 neng plaza senayan..
    Sak ploke lulus aku jarang banget ketemu konco-konco SMA1…opo maneh saiki..paling-paling karo Soesilo Loejeng Nugroho…

    Piye kabare…
    Kowe weruh website-e alumni SMAN1 solo 89?
    Aku nggoleki tur ora ketemu..

    Nuwun,
    Wassalam
    Dodi

  3. soesilo berkata:

    Ass. Wr. Wb,

    Mas anto Satriyo nugroho,

    Tepung aken, dalem kapener rencang saking ndusun…nami Soesilo, kolo rumiyen asring dolan wonten Baturan…rekonipun ngudi ilmu..he..he.
    Dalem injih tepung sanget kalian “Dodit mbeling”…ingkang sakmenio nembe ngenger wonten Singapore…dalah kuwo tasih temangsang wonten Yokohama.
    Kapos pundhi kabar nipun..?
    Salam kagem keluargo….

    Wassalam
    sn

  4. Oscar berkata:

    Hallo..
    Mungkin ga kenal saya, tapi kita dulu sama2 di sma 1 solo. Salam kenal. Saya dulu cmn 1 tahun di kls 2 ips thn 89..
    Kyknya kita pernah ketemu, tp skr muka anak2 jd laen..tua..hehe. Hidup kayaknya sekejap bgt.

    Wassalam

    Oscar

Tinggalkan Balasan

