Pertama kali ke IPB kampus Dermaga

Siang ini saya bersilaturahmi ke Dept.Ilmu Komputer, kampus IPB di Dermaga. Berangkat dari Gambir sekitar pk.10.43 pagi, naik kereta Pakuan Ekspres. Waah…asyik deh. Gerbong sepiiii, ber AC dan bersih. Berhentinya pun cuma di tiga stasiun. Sampai di stasiun Bogor, saya dijemput pak Hari Agung, pak Julio dan pak Soni. Kami kemudian berangkat ke kampus, lewat jalan memutar, tapi sepi. Sepanjang jalan kami ngobrol ngalor ngidul. Ujung-ujungnya membahas sinetron “X”, yang makin lama makin bikin eneg lihatnya 😦 Bukan karya “seni” yang bagus, dan kelihatan sengaja dipanjang-panjangin dengan konflik yang nggak jelas. Sama sekali beda dengan film lain yang diangkat dari novel, seperti return of the condor heroes nya Chin Yung, misalnya. Satu-satunya yang menarik bagi saya adalah “suami-suami takut istri” jam 6 sore 😀 Kata pak Julio, ada lagi yang menarik : “OB” (Office Boy) jam 5 sore. Wah, harus lihat nih…hehehe.

Sampai di kampus, setelah makan siang, dan sholat, kami kemudian diskusi seputar kegiatan riset dan edukasi. Cukup lama juga diskusinya, sampai lewat waktu Asar. Yang hadir sekitar 12 dosen, dan beberapa di antaranya hanya pernah saya ketahui namanya saja dari milis indo-dm (datamining) dan sc-ina. Alhamdulillah bisa silaturahmi dan copy darat dengan bu Imas, pak Hari, bu Yeni (kalau bu Yeni, kami pernah ketemu saat saya kengaku ke lab.nya mas Rahmat@UI), dan bapak-ibu yang lain. Juga mas Taufik Djatna yang menyempatkan diri ikut diskusi, sebelum kembali ke Hiroshima untuk menyelesaikan PhD nya. Usai diskusi, kemudian saya diantar kembali ke stasiun Bogor. Terima kasih bu Sri, bu Yeni, pak Soni, pak Wisnu, dan bapak-ibu staf pengajar IPB yang lain. Semoga pertemuan siang ini bukan yg terakhir, melainkan awal kerjasama konstruktif di antara kita.

Sore mendekati pk. 5 sore, menunggu kereta Pakuan jurusan Jakarta. Saya menikmati indahnya sore, di stasiun Bogor. Saya duduk di jalur 2. Di depan ada Dunkin Donat, yang staf nya sibuk meladeni tamu. Di luar ada kursi-kursi yang terisi ibu2 berjilbab saling bercengkarama. Ada juga calon penumpang yang jalan-jalan menuntun anaknya. Langit mulai meredup, matahari akan menghilang di ufuk barat. Di belakang saya ada kereta ekonomi yang terisi penumpang. Tidak terlalu penuh. Ada pengamen satu group yang aduuuh….bagus banget deh suara mereka. Lagunya apa judulnya saya lupa. Tapi paduan gitar, bas, drum, dan harmoni yang timbul dari alunan suara mereka, terasa membuai. Saya mencoba menghayati sore itu. Hm…kira-kira apa yang harus saya bayangkan untuk menghayati suasana itu ya ? Seorang bapak yang pulang kerja berkeringat mencari nafkah untuk anak istrinya, ataukah seseorang yang sedang patah hati, ataukah pedagang yang melepas lelah di stasiun. Entahlah. Yang jelas sore itu demikian berkesan bagi saya. Sayang saya nggak pandai bikin sketsa lukisan, atau puisi yang romantis.

Sampai Jakarta, hujan mulai turun. Saya sudah ada janji dengan mas Yudi. Beliau menunggu di depan McDonald Sarinah. Aaah, akhirnya ketemu juga dengan teman yg selama ini sering chatting dan diskusi. Mas Yudi baru saja selesai PhD di Jepang. Wah, bukan main. Masih muda belia, tapi beliau adl dokter spesialis kandungan dan sekaligus doktor di bidang medis. Rasanya orang seperti beliau bakalan jadi rebutan deh di Indonesia. Kami kemudian ke Starbuck dan ngobrol ramai. Saya ditraktir mas Yudi maccha dan tiramisu. Gochisou sama deshita mas Yudi. Keep in touch ya.

Sampai kantor jam 8 malam, dan kemudian ngobrol lamaa dengan mas Made dan mas Aris. Ah, …hari ini saya lewatkan dengan banyak obrolan yang menyenangkan.

Ngantuk !

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di trip report. Tandai permalink.

4 Balasan ke Pertama kali ke IPB kampus Dermaga

  1. ardi berkata:

    mas Anto,
    baca ini jadi kangen ama Bogor :-).
    walau macet dan jalan yg berlubang (info terbaru), “tour” ke kampus Dermaga memang mengasikkan.

  2. enriforkelory berkata:

    This looks cool so far, what’s up people?
    If there are any real people here looking to network, leave me a post.
    Oh, and yes I’m a real person LOL.

    Peace,

  3. oneXantituera berkata:

    Hi.
    My PC worked not correctly, many mistakes and buggs. Please, help me to fix buggs on my computer.
    I used Windows 2003.
    With best regards,
    oneXantituera

  4. Cialis berkata:

    akTjHn Thank you for the material. Do you mind if I posted it in her blog, of course, with reference to your site?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s