Tips bertanya lewat email

Posting di milis komunitas datamining Indonesia (indo-dm@yahoogroups.com)

Di beberapa milis yang saya ikuti, kadang ada pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa/i yang mengerjakan tugas akhir. Misalnya ingin mencari informasi tentang SVM, GA, atau topik lain. Memanfaatkan milis untuk mencari informasi tentunya sah-sah saja dan sangat baik. Justru di situ manfaatnya ikut sebuah milis. Agar pertanyaan itu mendapat tanggapan/respon baik dari anggota milis yang lain, ada baiknya memperhatikan hal-hal sbb.

  1. Pakailah bahasa yang baik, sopan, tanpa kesan menyuruh orang lain. Kelemahan email sebagai alat komunikasi adalah kita tidak bisa melihat roman muka penulis email itu. Kalau tidak hati-hati, adakalanya menimbulkan kesan sok menyuruh, seenaknya dan kesan tidak baik lainnya. Untuk menghindari hal tsb. ada baiknya pada kesempatan pertama saat bertanya memakai bahasa yg formal. Ada kalanya saat membaca email yang memakai bahasa “gaul” untuk bertanya, orang langsung malas menanggapinya. Agar hal yg merugikan ini tidak terjadi, mari kita pergunakan bahasa yg sopan, apalagi pada kesempatan pertama mengajukan pertanyaan.
  2. Perlihatkan bahwa anda telah melakukan berusaha keras mencari informasi tsb. Misalnya dengan menjelaskan apa saja yang sudah dicapai, baru kemudian tanyakan sisi mana yang belum jelas, atau belum terjawab. Jangan langsung bertanya “tolong carikan informasi A, B, C”. Tugas anda adalah tanggung jawab anda sendiri, dan anggota milis lain hanyalah partner diskusi.
  3. Tidak semua masalah selalu dapat terjawab. Adakalanya karena memang tidak ada yang mengetahui masalah yang ditanyakan, tapi bisa juga karena tidak sempat mencarikan informasi yang diperlukan. Kadangkala untuk menjawab sebuah email, perlu waktu 30 menit atau lebih. Jadi bisa dibayangkan kalau seseorang menerima cukup banyak email yang bersifat konsultasi. Untuk membalaspun kadang kekurangan waktu. Dalam hal ini, janganlah berkecil hati, dan cobalah tanya sekali lagi, atau tanya ke forum/milis yang lain yang mungkin bisa membantu anda.

Tanggapan dari mas Iko Pramudiono (peneliti NTT Jepang)

Terima kasih Mas Anto utk tipsnya. Di dunia maya memang perlu juga etika2, tdk hanya spy komunikasi berjalan lancar tp juga spy silaturahmi dlm komunitas bisa terjalin.

Saya tambahkan sedikit tips nya :

  1. politely introduce yourself
    Orang akan lebih dihormati ketika dia dengan sopan dan jelas memperkenalkan dirinya seperti namanya, tempat dia sekolah, tema penelitian dsb. Saya sendiri merasa lebih senang bisa berhubungan dg orang yg jelas jatidirinya drpd org yg kesannya “hit and run”. Selain itu, kalau kita kenal secara personal kan bisa jadi akan berlanjut ke silaturahmi jangka panjang. Siapa tahu dari kenalan di milis nantinya bisa penelitian bareng atau direkomendasikan utk beasiswa dsb.
  2. do your homework
    Seperti Mas Anto jelaskan juga, paling tidak search dulu di arsip milis sebelum bertanya. Siapa tahu sudah ada pertanyaan serupa dan jawabannya.
  3. contribute to the community
    jangan hanya “fire and forget”, tp juga berusaha utk menjadi bermanfaat utk anggota komunitas lainnya.

Selain turut berkomentar thd topik2 lain, juga dg bercerita ttg apa yg sedang dikerjakan bisa menjadi tambahan ilmu buat yg lain. Sering kali jawaban pertanyaan hanya berupa pointer2 atau URL2, pemberi jawaban akan juga merasa senang bila dibuatkan rangkuman dari hasil pencarian misalnya atau sekedar laporan bila ada kemajuan setelah mendapat jawaban.

in short, be a respectable community member

Iklan

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di gado-gado. Tandai permalink.

2 Balasan ke Tips bertanya lewat email

  1. hadhie berkata:

    mohon ijin meng copy – paste uraian ini ke milist saya pak anto, kebetulan saya sering mendapat masalah yang sama dengan yang dibicarakan di atas

    Anto:
    Silakan pak Hadhie. Tulisan saya di blog ini bebas untuk dikutip, selama menyebutkan sumbernya (URL). Semoga bermanfaat. Syukur kalau pak Hadhie berkenan melengkapi tips ini.

  2. hadhie berkata:

    makasih Pak Anto,semoga berkah,amien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s