Menyiapkan tutorial SVM

Hari-hari ini saya sangat sibuk. Minggu depan ada tiga presentasi. Hari Senin saya presentasi di rapat rutin diskusi group riset datamining di kantor, hari Rabu saya mengajar di SGU dg. materi Decision Tree, sedangkan hari Jumat mengajar di STTTelkom Bandung mengenai SVM (Support Vector Machine). Untuk materi presentasi hari Senin yad., tinggal “mem-permak” file yang pernah saya pakai presentasi sebelumnya. Yang cukup melelahkan adalah menyiapkan materi SVM, karena ceritanya harus lengkap. Dalam presentasi2 sebelumnya, saya biasanya hanya menyajikan SVM secara ringkas, sekitar 3 slide saja. Karena kali ini sifatnya tutorial, jadi harus sedetail mungkin. Sementara ini sudah hampir 60 slide. Mungkin nanti bertambah, karena ada beberapa point yang saya belum puas penjelasannya. Materinya a.l.

  1. apakah SVM itu ? (optimal hyperplane, hard vs soft margin, non linear SVM)
  2. training & testing/classification
  3. eksperimen SVM vs MLP pada spiral data
  4. parameter tuning memakai DOE (Design of Experiments)
  5. multiclass problem
  6. software2 SVM (SVM light, SMO, Weka)
  7. studi kasus

Rasanya item-item di atas sudah cukup sebagai pengantar SVM. Sebenarnya saya ingin masukkan juga feature subset selection pada SVM, yaitu Recursive Feature Elimination yg dibuat oleh Isabelle Guyon. Tetapi sepertinya waktu nggak cukup, dan akan terlalu melebar dari tema inti. Membuat slide semacam ini perlu effort besar. Tetapi sekali dibuat, nantinya akan sangat membantu kalau saya harus mengajarkan materi yang sama, atau bersinggungan dengan SVM.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di talk & seminars. Tandai permalink.

8 Balasan ke Menyiapkan tutorial SVM

  1. ariana berkata:

    Assalamualaikum . Wah, seperti nya menarik belajar tentang SVM. Apa saya boleh belajar SVM dari slide presentasi Bapak?

  2. U-CHAN berkata:

    bisakah saya download filenya pak…
    trims

  3. mudji berkata:

    saya tertarik riset svm, apa boleh saya mendapat file presentasi anda? terimakasih

  4. sukri berkata:

    Pak saya tertarik dengan SVM
    boleh saya belajar dari bapak?
    terima kasih

  5. dwi berkata:

    assalamualaikum..
    saya sedang mengambil topik tugas akhir dengan SVM untuk klasifikasi wajah..
    bolehkah saya meminta slide presentasi bapak?? kebetulan sy mahasiswa STT Telkom angkt. 2008…
    makasi pak, wassalam.. 🙂

  6. Desi berkata:

    Bapak…saya sedang mengerjakan Tugas Akhir dengan metode SVM untuk analisis longsoran tanah…
    Boleh saya belajar dari presentasi bapak?
    kalau bapak berkenan,boleh saya minta slide presentasinya pak?
    terimakasih

  7. Nofa berkata:

    saya mahasiswa teknik sipil, yg sedang study tentang Metode SVM.
    bolehkah saya meminta Slide ttg SVM dr bpak? trims..

  8. Jova Alghani berkata:

    pak saya dari UPI bandung, saya sedang memperdalam penelitian ttg metode baru di forecasting, sedianya bapak men share ilmu SVM kepada saya? sangat membantu bilamana bapak bersedia..trims email : ttejova@yahoo.com Terimakasih sebelumnya pak..

Tinggalkan Balasan

