Kapan tekanan darahku naik ?

Setelah satu tahun mengidap hipertensi, saya mulai mengetahui kapan dan pada situasi apa saja kepala saya pusing dan tekanan darah saya berpeluang naik.

  1. Saat menunggu rapat atau kegiatan yang tidak berjalan tepat pada waktunya. Kalau molor 10-15 menit masih bisa ditolerir. Tapi kalau satu jam…wah, kepala mulai nyut-nyut.
  2. Jika deadline paper, laporan sudah semakin dekat dan saya belum siap. Kalau udah gitu saya sering uring-uringan, menyalahkan diri ini yang tidak bisa memanage waktu dengan baik.
  3. Jika ada undangan atau tugas mendadak, dan bentrok dengan kegiatan yg sudah lama diagendakan
  4. Makan daging kambing, hidangan yang ber-vetsin.
  5. Makan indomie, langsung terasa efeknya dalam 1 jam. Kepala jadi berat. Padahal 10 tahun yll. saya kuat banget makan indomie goreng. Sekali terjang langsung 4 bungkus indomie goreng. Sampai-sampai mas Kusnanda bilang “To…perut kamu kayaknya bukan berisi cacing deh…tapi naga…” hi hi hi
  6. Kecapekan & kurang tidur
  7. Salah posisi saat tidur
  8. Porsi makan pagi kurang. Untuk amannya lebih baik makan nasi, karena di Indonesia perlu energi lebih untuk bisa beraktifitas baik di pagi hari.
  9. Terlambat makan. Kebiasaan saya sekarang makan pagi pk.7, makan siang pk. 11, makan malam pk.17.
  10. Minum captopril. Yang ini aneh. Mestinya captopril itu untuk menurunkan darah. Tetapi belakangan setelah minum captopril, kepala saya jadi agak berat. Kenapa ya ? Saya lihat penjelasan mengenai efek samping captopril, tetapi tidak ada side effect seperti itu. Sementara saya stop dulu, dan ganti ke extract bawang putih. Minum bunga Rosella juga ternyata nggak mempan. Perut saya nggak nerima.

Aduuuh..manja benar nih badanku…. 😦

Iklan

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di gado-gado. Tandai permalink.

2 Balasan ke Kapan tekanan darahku naik ?

  1. utchanovsky berkata:

    Wah ribet juga yah pak kalo udah kena penyakit ginian. Jadi mau berenti ngerokok nih 😦

  2. sjam berkata:

    gimana sekarang ?
    mungkin dosis captoprilnya kurang pas….
    pada keadaan tertentu, diresep Dr dimintanya 2 kali makan captopril nya….

    meditasai dan yg serupa mungkin bisa membantu juga…
    kapsul bawang putih pun minimal harus 2 butir per tiap makan, 3 kali sehari….lumayan ya, tapi konon akan ada/terasa efeknya..(dan tetap relatif aman khan…)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s