Pertanyaan yang diajukan pada saat presentasi

Beberapa kali saya berkesempatan menjadi penguji presentasi riset/tugas akhir. Dari pengalaman tsb., saya coba rangkumkan pertanyaan-pertanyaan yang umum disampaikan di forum, selain tentunya pertanyaan mengenai konten riset itu sendiri. Mengumpulkan pertanyaan ini bagi saya menarik, karena bisa jadi alat evaluasi riset yang pernah saya lakukan sendiri (dan jadi kringetan..hehehe). Silakan rekan-rekan menambahkannya.

Note: tentunya pertanyaan ini cenderung ke bidang saya, yaitu komputasi. Untuk bidang lain mungkin pertanyaan yg muncul agak berbeda, walau di beberapa sisi mungkin ada kesamaan (misalnya masalah originality).

  1. Dari studi yang anda lakukan, pada sisi mana kira-kira anda berharap dapat menemukan suatu originality ? (untuk pengujian proposal)
  2. (Jika riset itu sedang berjalan/selesai) Dimana letak originality dari studi anda ? Apakah anda memperkenalkan metoda baru untuk memecahkan satu masalah yang sudah ada, ataukah anda mengemukakan masalah baru dan diselesaikan dengan metode yang sudah ada, ataukah baik masalah maupun solusi-nya merupakan hal yang baru sama sekali ?
  3. Masalah apa yang ingin dipecahkan ? Sejauh mana masalah itu dibahas oleh peneliti yang lain ?
  4. Mengapa masalah itu anda pilih ? Dimana letak signifikansi-nya ? (mengapa demikian penting untuk dijadikan tema penelitian ?)
  5. Bagaimana masalah itu dipecahkan ? Tidak dapatkah dia dipecahkan dengan metoda yang lebih sederhana ? Selama bisa dipecahkan oleh pendekatan yg lebih sederhana, tentunya tidak ada manfaatnya dipecahkan dengan metoda yang lebih kompleks (Occam razor). Ataukah pendekatan yang anda pakai itu diharapkan memberikan analisa baru yang belum pernah dibahas/dikenal selama ini ?
  6. Apakah pendekatan yang dilakukan realistis dan akan menjawab objective dari studi ini ?
  7. Apakah hasil eksperimen yang anda lakukan itu valid ? Bagaimana menguji validitasnya ?
  8. Bagaimana perbandingan hasil yang dicapai oleh metode anda dengan metode yg dibangun peneliti lain ? Apakah ada peningkatan performa ? Apakah peningkatan performa itu signifikan ? Di sisi mana letak kelebihan metode anda ?
  9. Untuk riset-riset biomedical eng., seringkali ada pertanyaan: apakah hasil yang anda capai sudah dicross-check dengan kalangan medis/biologist ? apakah hasil yang dicapai dipandang signifikan dari sudut pandang medis/biologist ?
  10. Studi anda dibatasi waktu (di Jepang 1 tahun untuk S1, 2 tahun untuk S2 dan 3 tahun untuk S3). Dalam kurun waktu tsb., seberapa jauh (sampai di mana) masalah itu dapat anda selesaikan ?
  11. Ke arah mana riset ini akan dikembangkan (future direction) ?
  12. Apakah riset ini spesifik untuk aplikasi yang anda kerjakan, ataukah generik/bisa dipakai untuk aplikasi yang lain ? Bagaimana karakteristik masalah yang diperkirakan dapat dipecahkan dengan baik oleh metode yang anda kembangkan ?
  13. Apakah riset ini ada rencana untuk diimplementasikan di industri komersial (untuk riset kategori aplikasi) ? Hal-hal apakah yang perlu dikerjakan untuk mentransfer produk riset ini ke dalam produk komersial ?
  14. Kalau riset ini akan ditulis sebagai paper, sisi manakah yang ingin anda tampilkan pada paper tsb. ? Story apa yang akan anda bangun dan bagaimana mengemasnya agar menarik bagi reader ?
Iklan

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di research. Tandai permalink.

4 Balasan ke Pertanyaan yang diajukan pada saat presentasi

  1. irwan berkata:

    alhamdullilah
    dapet juga masukan keren he5x…

    a sumimasen,
    irwan desu, douzo yoroshiku

  2. mrdaniels berkata:

    salam pak,

    masukannya ok2 pak!! wah, bagus ini buat temen – temen…

    mohon izin untuk membahasnya lebih lanjut di blog saya ya pak….

    Btw, ternyata kita satu SD to pak….

    Matur Nuwun

  3. Ping balik: Jawablah ini sebelum seminar!! « The Daniels Blog

  4. yulianti berkata:

    terima kasih pa sharingnya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s