Mencari buku yang baik untuk Struktur Data

Saya diminta mas Ade Jamal (Kajur Informatka UAI) untuk memegang mata kuliah Struktur Data di jurusan Informatika, Universitas Al Azhar. Sebenarnya dari sisi materi tidak terlalu bermasalah, karena waktu di Jepang saya pernah mengajarkan mata kuliah yang sama selama 3 tahun (2004-2006). Tetapi saat di Jepang saya sangat diuntungkan dengan banyaknya buku struktur data yang bagus, sehingga mencari text-book sangat mudah. Kalau untuk bahasa Inggris, saya hanya punya bukunya Cormen. Waktu kuliah S1 dulu, saya diajar algoritma oleh Wada sensei memakai buku ini. Tapi ini kan berbahasa Inggris. I need a good Indonesian reference. Saya belum sempat ke toko buku mencari text book bahasa Indonesia yang sekiranya  bagus saya pakai untuk mengajar. Ada rekomendasi ?

Kira-kira materi yang saya ajarkan adalah sbb.

  1. Algoritma + Struktur Data = Program
  2. Algorithm & Computational Complexity
  3. List, Stack, Queue
  4. Linked list
  5. Circular list
  6. Doubly-linked list
  7. Tree structure
  8. Searching
  9. Hash
  10. Binary search
  11. AVL tree
  12. B tree
Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

3 Balasan ke Mencari buku yang baik untuk Struktur Data

  1. jundul berkata:

    Salam persahabatan untuk mas Anto, kebingungan pak dosen sangat saya maklumi, karena memang ketersediaan buku-buku teori Informatika di Indonesia masih dikatakan kurang dan belum bersifat komprehensif. Tapi sebenarnya untuk mensiasatinya saya pikir pak dosen sudah capable untuk membuat buku sendiri. Tentang Strukdat, saat saya memegang mata kuliah tersebut, ada beberapa “acuan” dari buku berteks Indonesia yang saya jadikan referensi. Kalau pak dosen berkenan, pak dosen coba melihat-lihat buku yang dikarang oleh Rinaldi Munir, hanya saja contohnya diaplikasikan dalam bahasa C dan Pascal.
    Tetapi saya merekomendasikan agar pak dosen mulai membuat buku sendiri tentang mata kuliah yang pak dosen pegang. Seperti saya juga membuat buku saya sendiri untuk menjelaskan mata kuliah yang saya ajarkan kepada mahasiswa sendiri.
    Kalau pak dosen berkenan, silahkan pak dosen mengunjungi gubuk saya di jundul.wordpress.com, dan saya mengharapkan pencerahan-pencerahan yang pak dosen berikan untuk perkembangan gubuk saya kedepan

    salam

  2. Robby (SGU) berkata:

    pak anto,
    bapak mungkin bisa tanya ke miss tanika (SGU)
    sebab beliau pernah memberitahu saya ttg buku yg bapak butuhkan
    saya lupa judul dan pengarang nya (sbb saya sedang libur)
    hehe….

    ada 2 jilid pak
    @ 72 ribu

    thx

Tinggalkan Balasan

