Catatan perjalanan ke Yogyakarta

Pagi ini saya tiba di St. Gambir Jakarta pk. 05.30 am. Naik ojek ke kantor, menaruh tas dan kemudian segera ke hotel Bumi Johar Gondangdia. Sampai di sana, saya bertemu teman lama, Prof.Yasuko Kobayashi yang sedang berada di Indonesia untuk melakukan penelitian. Saya kenal beliau cukup lama, sejak th.95, saat sedang silaturahmi ke sejarawan LIPI alm. Prof.Abdurrahman Surjomiharjo. Kami kemudian makan pagi di hotel deLuxe. Saat masuk ke restorannya, ternyata suasananya bener-bener Jepang. Gak beda sama sekali dengan resto di Jepang. Kata bu Yasuko, restoran itu dikelola oleh orang Okinawa. Di rak buku ada buku novel berderet dan juga Shuukan Shounen 😀 Banyak topik yang kami bicarakan. Mulai dari pemilu, Gus Dur, PKB, Bahtsul Masail, Serat Cebolek-nya mbah Mutamakkin, majalah Sabili, dsb. Bu Yasuko memang ahli di bidang keIslaman, dan menarik mengikuti analisa beliau sebagai orang luar terhadap perkembangan di Indonesia. Satu nasehat yang saya catat dari beliau : “Penelitian itu osoroshii/mengerikan, To. Sekali saja kita terlepas, akan sangat sulit untuk bisa memulai lagi. Misalnya seseorang ditugaskan jadi dekan, rektor, atau memegang jabatan yang lain, maka akan sulit sekali bagi dia untuk kembali ke posisi awalnya sebagai peneliti”. Saya mengamini-nya. Perkembangan dunia riset itu demikian cepat. Kalau tidak tiap hari mengikuti dan membaca jurnal, akan sulit untuk bisa melakukan penelitian yang benar-benar bermutu. Apalagi dewasa ini jurnal bisa dibaca dengan mudah dari internet. Penelitian yang dipublikasikan seseorang, dengan cepat akan terdiseminasikan ke yang lain, sehingga memudahkan peneliti lain untuk mengembangkannya.

Sekitar pk. 8 pagi saya tiba kembali di kantor dan bisa ngeblog lagi. Berikut catatan kegiatan saya sejak hari Sabtu yll.

  1. Sabtu pagi saya rapat di SGU. Di sana saya berkenalan beberapa rekan peneliti, yang akan mengajarkan ilmunya di kampus. Antara lain pak Jan Sudir Purba MD, PhD. Beliau adalah Neuroendocrinologist dari Bagian Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yang lama bekerja di Belanda. Beliau ceritakan ketidaksetujuannya mengenai pandangan bahwa otak kiri berelasi dengan logika, sedangkan otak kanan berelasi dengan perasaan. Selain pak Purba, saya ketemu juga dg Dr.Lukas, dosen di Atmajaya Jakarta. Pak Lukas ini ternyata murid dari Johan A.K. Suykens (K.U. Leuven), yang mengembangkan Least Square Support Vector Machines. Selain pak Lukas, saya ketemu dg Pak Alva Erwin yang sedang mengambil PhD dalam bidang datamining di Curtin University of Technology. Pak Alva ini temannya mas Yudho Giri Sucahyo UI, yang juga mendapat PhD dalam datamining di universitas yang sama. Saat kembali ke Jakarta, sepanjang jalan saya ngobrol lama dengan pak Ford Lomban Gaol, UI. Dengan beliau saya punya peminatan yg sama, yaitu dalam tema bioinformatika. Pak Ford spesialisasinya di bidang Graph Theory. Senang rasanya saya bisa berkenalan beberapa rekan yang memiliki bidang peminatan yg sama. Sabtu malam saya kembali ke Solo pakai kereta Argo Lawu.
  2. Hari Minggu, saya mengantar Tika mengikuti lomba mewarnai di Solo Square. Sebenarnya acaranya menyenangkan. Kritik saya cuma satu. Pembawa acara ada dua: laki & perempuan yang memegang mike terlalu dekat dengan mulut. Selain itu suaranya terlalu keras, sehingga bergema di mal. Rasanya terlalu bising dan sakit bagi telinga. Mestinya penyelenggara memperhitungkan sikon. Kalau diselenggarakan di mal, sound system harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak terlalu keras dan menyakitkan telinga pengunjung. Apalagi banyak anak-anak di situ.
  3. Senin pagi, kami berangkat ke Yogya. Ine sudah pesan satu kamar di wisma kagama (Tika menyebutnya bakama 😀 ) untuk menampung kami sekeluarga selama berada di Yogya. Wisma kagama lokasinya menyenangkan. Karena berada dalam kampus, banyak sekali tempat jajanan untuk mahasiswa di sana. Saat itu pertama kali, Alya kami bawa keluar rumah, dan makan lesehan di pinggir jalan. Dia merangkak ke sana kemari, ah uh….pengin disuapin bakso 😀
  4. Senin siang, saya dijemput bu Shofwa dan kami berangkat ke UIN. Saya menyampaikan presentasi berjudul “Aplikasi Kecerdasan buatan dalam kedokteran”, dalam open forum di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 25 Agustus 2008. Ada hal yang kebetulan. Ternyata ibu dekan fak. Sains dan Teknologi, Drs. Hj. Maizer Said Nahdi, M.Si, adalah istri Dr. Luthfi Hasan. Pak Luthfi dulu adalah rektor UII. Sebelum menjadi rektor, beliau adalah direktur program magister teknik Sipil, tempat dimana Ine bekerja sebelum menyusul saya ke Jepang. Ternyata dunia itu sempit. Alhamdulillah, akhirnya saya berkesempatan bersilaturahmi dengan para dosen di UIN. Terima kasih atas sambutan dan perhatiannya saat saya di UIN. Semoga tali silaturahmi tetap terjalin.
  5. Selasa pagi, saya mengikuti seminar hasil penelitian lintas klaster di LPPM UGM. Pembicara pertama adalah ibu Prof.Sofia Mubarika dari DRN (Dewan Riset Nasional). Urutan berikutnya mestinya Prof.Fedik (Unair). Tetapi karena beliau belum tiba di tempat, akhirnya jadwal saya diajukan. Presentasi saya berjudul “Peran datamining dalam menganalisa data biomedis”. Pertama-tama saya jelaskan konsep datamining, disusul dengan contoh aplikasi di bidang medis, dan saya tutup dengan memperkenalkan riset yang dilakukan di BPPT, yaitu aplikasi webmining untuk sistem analisa spatio-temporal penyebaran penyakit tropis. Pembicara berikutnya adalah ibu Pingky Saptandari (Staf Khusus Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan). Presentasi bu Pingky sangat menarik, dan mengundang tawa pengunjung saat membahas konsep-konsep tradisional yang salah mengenai seks. Beliau memang ahli di bidang antropologi, sehingga tema itu bisa disajikan dengan demikian menarik. Setelah coffee break, presentasi dilanjutkan dengan informasi beasiswa Daad, dan ditutup dengan pembicara kunci terakhir: Prof. Fedik. Beliau membahas mengenai Avian Influensa di Indonesia. Pada sesi keynote speech, cukup banyak pertanyaan yang menarik. Dalam kaitan dengan bidang saya, pertanyaan yang diajukan a.l. mungkinkah riset kualitatif diolah dengan metode komputasi (datamining). Sepintas saya tangkap cukup banyak minat dari peserta untuk mengetahui lebih dalam mengenai potensi datamining/webmining yang sekiranya dapat diaplikasikan pada bidang mereka. Saya sempat bertukar kartunama dengan Prof.Yati Soenarto (pediatrics), dan Drs.Alip Sontosudarmo, S.U (Geografi). Pada saat acara tsb. rekan yang duduk disebelah saya ternyata adalah member milis softcomputing. Selama ini kami hanya berkomunikasi dalam milis, dan kemarin bisa bertemu & berkenalan.
  6. Usai acara keynote speech, kami mengikuti pembukaan research week UGM. Di sana saya bertemu mbakyu Endang (Dr.Endang Semiarti). Ohisashiburi desu. Dari beliau saya dengar, kalau pak Ipik baru saja turun SK nya dilantik sebagai guru besar. Wah, kejutan nih dari mas Ipik. Selamat bekerja mas Ipik. Semoga sukses selalu.
Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di talk & seminars, trip report. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

