Sedikit catatan untuk novel laskar pelangi

Saat membaca novel laskar pelangi, ada sedikit hal yang meragukan. Saat acara cepat tepat, pertanyaan yang diajukan oleh jury, terutama matematika, apakah levelnya tidak terlalu tinggi untuk SMP ? Saya tidak tahu mata pelajaran SMP pada tahun 70 80-an seperti apa. Yang jelas pada saat saya SMP (1983-1986), kami hanya diajarkan trigonometri, aljabar dan aritmatika. Selisih usia saya dengan tokoh-tokoh di novel tsb. mungkin hanya terpaut 3 tahun, jadi mestinya tidak ada perbedaan signifikan kurikulum di SMP. Calculus seingat saya baru diajarkan di bangku SMA. Khusus mengenai hal ini, versi film novel ini lebih realistis dalam menggambarkan tingkat pendidikan SD/SMP. Soal-soal yang diajukan di cepat tepat (tidak sama dengan versi novel) sangat wajar untuk level SMP.

Kemudian soal pertama yang diajukan oleh jury (halaman 370): luas bidang di bawah y=2x dengan batas 0 dan 5, disebutkan jawaban yang benar adalah 12.5. Jawaban ini tidak tepat, karena integral dari 2x adalah  x^2. Dengan batas 0 dan 5, luas area di bawah y=2x adalah 25. Kemungkinan kedua adalah salah ketik. Kalau melihat jawaban Lintang di kalimat-kalimat berikutnya, sepertinya pertanyaan itu seharusnya tertulis “y=2x-x”. Kalau pertanyaannya seperti ini, maka kalimat2 berikutnya termasuk jawaban 12.5 adalah benar.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di gado-gado. Tandai permalink.

5 Balasan ke Sedikit catatan untuk novel laskar pelangi

  1. murniramli berkata:

    Pak Anto,
    ini harus dikirimkan ke Andrea Hirata
    atau ke penerbitnya u menjadi masukan berharga.

    Kayaknya setting SMP-nya bukan th 70-an deh, rasanya th 80-an. Saya sejaman Pak Anto, jadi belajar kalkulusnya di baru di SMA (^_^).

  2. narakushutdown berkata:

    andrea mengatakan novel itu kan sebuah memoar dalam bentuk sastra, dan memeng dibumbui sedikit2 yg pastinya enggak sama persis.

  3. aRuL berkata:

    hehe sy sempat heran. beberapa materi yg diterima terlihat tinggi dari seumuran mereka…

  4. Mbak Murni thanks atas sarannya. Saya sudah kirim ke pak Andrea via blog beliau http://sastrabelitong.multiply.com/

    mas aRul: yup. Saya juga merasa demikian.

    Mas narakushutdown, yang saya maksud bukan sama persis tidaknya antara novel dengan realita. Tetapi level pendidikan SMP di dalam novel itu saya rasa terlalu tinggi, sehingga terkesan kurang wajar. Walau mungkin untuk anak jenius seperti Lintang, hal seperti ini tidak masalah, tetapi karena diangkat sebagai soal-soal cepat tepat, sehingga mencerminkan pandangan Pak Andre terhadap kurikulum rata-rata SMP pada era tsb. Saya kelahiran tahun 70, jadi mestinya tidak banyak terpaut dengan usia tokoh novel. Sebagaimana halnya bu Murni, saat saya masih SMP (83-86), materi kurikulum yang diajarkan seingat saya tidak setinggi cerita dalam novel. Selisih sekitar 3 tahun saya kira tidak mungkin menyebabkan adanya perbedaan signifikan kurikulum pendidikan di SMP. Terutama calculus, setahu saya materi itu baru diajarkan di level SMA. Kalau tidak salah di kelas 2 SMA, bukan di level SMP sebagaimana dalam novel.

  5. aam berkata:

    jangankan untuk yg thn 7-80,wong yang 1997 aja kalkulus belum diajarkan d smp, tapi kalo soal untuk olimpiade bisa jadi bgitu, itu semua emang hanya bsa dijawab oleh pngarang sndiri, klo ga salah di http://www.sastrabelitong.com

Tinggalkan Balasan

