Ke pulau dewata mengikuti Konferensi Sistem & Informatika

Hari Kamis malam (13 November 2008) saya berangkat ke Bali mengikuti Konferensi Sistem & Informatika (KNS&I). Ini adalah pertama kali saya mengikuti seminar yang diselenggarakan di pulau Bali. Kegiatan tsb. diselenggarakan di hotel Inna Sindhu Beach Hotel, yang terletak di pantai Sanur. Sampai di Bali saya dijemput keluarga dik Nunung (adik saya yg ketiga, bekerja di Denpasar). Malam itu saya numpang di rumah dik Nunung. Keesokan harinya panitia penyelenggara (STIKOM-Bali) menjemput saya dan mengantar untuk check in di hotel. Saya bermalam di hotel yang sama dengan tempat penyelenggaraan kegiatan. Hotel itu berada di pinggir pantai Sanur, dan saya tinggal jalan kaki saja untuk menikmati indahnya sore hari di Sanur.

Esok hari, konferensi dibuka oleh mas Yudi Agusta sebagai ketua panitia disusul dengan sambutan dari ketua STIKOM dan diikuti oleh sambutan walikota Denpasar yang diwakili Bp. I Dewa Made Agung sekaligus membuka resmi konferensi. Setelah itu tiba giliran saya mempresentasikan keynote speech dengan judul “Support Vector Machine: Paradigma baru dalam softcomputing”. Kebetulan Bowo turut hadir di seminar, sehingga saya bisa minta bantuannya mengambil gambar. Gambarnya koq heboh amat…saya nggak ingat lagi ngapain koq tangan bisa ke atas semua seperti gitu…hi hi hi. Narsis banged dah.

Setelah keynote speech, dan coffee break, masuk ke sesi paralel. Pada kegiatan tsb. dipresentasikan sekitar 60 makalah, terbagi dalam 3 sesi. Sejak awal sampai akhir, saya ikut di ruang I, karena kebetulan materi yang disajikan berkaitan dengan datamining, image processing dan tema-tema lain yang dekat dengan bidang penelitian saya. Gambar di kanan adalah saat Bowo presentasi riset kami di BPPT “Desain Sistem Analisa Spatio-Temporal Penyebaran Penyakit Tropis memakai Web mining”.

Yang menyenangkan dari mengikuti kegiatan ini adalah saya dapat menambah wawasan dari materi yang dipresentasikan, mengikuti perkembangan riset-riset teman-teman di tanah air, dan juga menambah teman/silaturahmi. Dengan mas Yudi Agusta, saya juga pertama kali jumpa di darat, walaupun sebelumnya sudah sering kontak, diskusi via internet. Saya juga jumpa lagi dengan mas Yudho Giri Sucahyo UI dan istrinya mbak Yova. Sayang, pesawat mereka delay, sehingga baru bisa hadir setelah konferensi selesai. Juga rekan-rekan dari UI, UPH, UII, dll. Di sela-sela diskusi yang hangat, ada seorang ibu yang mendekati saya dan tanya: pak Anto dari SMA 1 Solo ya ? Saya heran, koq beliau tahu. Ternyata setelah ngobrol, baru saya tahu kalau beliau, yaitu Dr.Cecilia Esti Nugraheni adalah kakak kelas saya di SMA1 dulu. Mbak Heni setahun di atas saya, angkatan 88, sedangkan saya angkatan 89. Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Departemen Ilmu Komputer di Univ. Katolik Parahyangan.

Malam hari saya diajak makan malam oleh mas Yudi di “Bumbu Desa”. Tak lama kemudian mas Yudho dan rombongan UI turut bergabung, meramaikan suasana malam.  Kami punya kesamaan minat dalam datamining. Mas Yudi ahli mengenai clustering, mas Yudho mengenai association rule, sedangkan saya lebih meminati kasus klasifikasi.

Kesan saya, restoran ini walaupun serba Sunda, tetapi interior dan cara pelayanan tamu banyak miripnya dengan restoran di Jepang. Misalnya begitu tamu datang, mereka berteriak “Wilujeng Sumpiiiing”…atau kalau ada tamu sudah selesai makan dan akan keluar, akan ada koor…saya lupa entah “terima kasih” ataukah “nuhun”. Rasanya saya belum pernah temukan adat seperti ini selain di Jepang. Di Jepang, di beberapa rumah makan, convenient store, dan beberapa tempat lain, kalau tamunya pulang, salah seorang akan berteriak “arigato gozaimashitaaa”, dan yang lain ikut serempak teriak demikian, walau mungkin tidak sempat melihat, siapa yang pulang. Gara-gara itu, seorang kawan saya usil. Tidak ada seorang pun yang pulang, tapi dia teriak “arigatoo gozaimashita” (padahal doi tamu juga), dan ternyata staf rumah makan itu juga koor serempak “arigato gozaimashita”…padahal tidak ada seorang tamu pun yang keluar dari rumah makan.

Minggu pagi alhamdulillah saya sudah tiba kembali di Solo. Alhamdulillah perjalanan lancar dan tidak ada delay yang menjemukan. Malam ini  saya akan berangkat, kembali ke Jakarta dengan segala hiruk pikuk dan kemacetannya.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di talk & seminars, trip report. Tandai permalink.

2 Balasan ke Ke pulau dewata mengikuti Konferensi Sistem & Informatika

  1. Tatang berkata:

    Subhanallah . . .
    Kalau lihat kiprah rekan2 yg spt Anda begini, saya semakin semangat . . . Semoga TIK Indonesia semakin maju dan bermanfaat bagi masyarakat . . .
    Salam
    ~tat

  2. andi irma berkata:

    Lihat foto mas Anto lagi happyou jadi teringat gambar reklame megawati yg tangannya selalu terangkat ke atas hehe…

Tinggalkan Balasan

