Style dalam membimbing penelitian tugas akhir

Modifikasi dari email yg saya kirimkan ke mahasiswa2 saya (undergraduate)

  1. Kata kunci dalam sistem saya membimbing adalah “teamwork”. Saya dan mahasiswa yg saya bimbing, bekerja dengan saling membantu, saling melengkapi, saling mengajarkan apa yang diketahui.
  2. Idealnya kampus menyediakan laboratory untuk eksperimen, dan sebenarnya saya ingin siswa2 saya tiap hari berada di sekitar saya, sehingga kerja sebagai team work bisa terlaksana dg baik. Kalau ada kesulitan dalam riset, bisa segera didiskusikan. Tetapi karena hal ini tidak memungkinkan, sementara waktu konsultasi lebih sering lewat milis/email. Tetapi tiap minggu selalu ada meeting, dan tiap siswa melaporkan kemajuan kerjanya.
  3. Pada waktu2 tertentu diadakan presentasi pertengahan (chuukan happyo). Siswa harus bisa mengemas penelitiannya dari latar belakang, tujuan, dst sampai kesimpulan & rencana ke depan. Waktu untuk presentasi 15 menit. Selama saya bimbing, setidaknya 2-3 kali chuukan happyo dilakukan, dimana yang terakhir adalah rehearsal presentasi untuk thesis defense.  Selama chukan happyo, penilaian akan saya lakukan setulus hati, apa adanya. Jelek saya bilang jelek. Bagus saya bilang bagus. Lebih baik dibilang “jelek” oleh orang tua sendiri, daripada dibilang “jelek” oleh orang lain di kemudian hari. Orang tua bilang “jelek” pasti dengan maksud membimbing, mengarahkan bagaimana agar bisa memperbaikinya.
  4. Tiap siswa harus mampu melakukan coding dalam bahasa C. Walaupun memakai software yang sudah jadi (misalnya WEKA, SVM light, SOM_PAK, dsb), tetapi kemampuan pemrograman tetap diperlukan.
  5. Saya bekerja di linux environment (ubuntu). Kalau kalian memakai Windows, silakan install cygwin terlebih dahulu. Pada prinsipnya saya ingin memakai FOSS (Free Open Source Software) sejauh mungkin dalam penelitian, dan menghindarkan diri dari ketergantungan memakai software proprietary.
  6. Yang paling saya perlukan adalah siswa yang memiliki kemauan dan motivasi kuat. Kemampuan bisa menyusul. Selama ada kemauan keras, pasti bisa !
  7. Saya targetkan agar di akhir bimbingan nanti, siswa bisa submit paper ke salah satu seminar nasional.  Kalau memang hasilnya layak, boleh saja dikirim ke international conference. Publikasi akan membantu, kalau kelak akan melanjutkan studi S2, maupun mencari pekerjaan. Penulisan paper lain dengan penulisan thesis. Di situ saya harapkan siswa bisa belajar tidak sekedar bagaimana mengerjakan penelitian, bagaimana menulis thesis, tetapi juga belajar bagaimana mengkomunikasikan hasil penelitian ke komunitas peneliti yang lain.
Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah, research. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Style dalam membimbing penelitian tugas akhir

  1. Risa berkata:

    wah thanks nich pak artikelnya ….saya pernah jadi pembimbing skripsi anak2 UI padahal saya bukan dosen UI, hanya karena saya kebetulan menguasi bidang yg sedang di riset oleh mereka….ya begitulah..intinya si sebenarnya komunikasi 2 arah, jangan sungkan bertanya dan yang di bimbing harus bener2 mengusai materi baik materi dasar maupun aplikasi dan pengembangannya…..sekali lagi tks n salam kenal

Tinggalkan Balasan

