What will yo do if …. (originality dalam penelitian)

Kemarin siang saya mengadakan ujian mata kuliah Research Methodology di kampus SGU. Salah satu soalnya adalah sbb.

Misalnya anda sedang mengerjakan sebuah tema penelitian, dan anda mencoba mengembangkan sebuah algoritma baru untuk menyelesaikan sebuah masalah/tema tertentu. Anda yakin bahwa sampai saat ini belum ada orang lain yang mengerjakan tema yang anda pilih, sehingga besar harapan anda dapat meng-claim bahwa studi anda memiliki originality dalam penelitian tsb. Pada saat penelitian anda sudah hampir selesai, dan tiba saatnya merangkumnya dalam sebuah paper, tiba-tiba anda temukan di jurnal terbaru, ada sebuah paper oleh peneliti lain yang membahas tema yang sama dengan yang ingin anda tulis. Pendekatannya tidak sama persis, tetapi masalah yang ingin dipecahkan sama. Apa yang akan anda lakukan ?

Saya mencoba menguji dan mengetahui apa yang akan mereka lakukan saat berada pada situasi yang sangat tidak menyenangkan tsb. dan sangat mungkin terjadi pada setiap peneliti. Yang lebih menyakitkan lagi adalah kalau paper itu mengetengahkan sebuah pendekatan yang ternyata lebih lengkap dan lebih komplit dari metode yang kita kembangkan. Saya kira rekan-rekan yg sudah lama bergelut dalam penelitian mungkin pernah sekali dua kali mengalami hal demikian. Bagaimana anda menghadapi situasi yg tidak menyenangkan ini ?

Comments are welcome.

Iklan

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s