Latihan presentasi 3 menit

Dalam mata kuliah “Research Methodology”, saya berikan tugas ke mahasiswa saya di SGU untuk merancang presentasi 3 menit mengenai tema penelitian yang disajikan di salah satu jurnal, atau boleh juga mempresentasikan proposal penelitian tugas akhir mereka. Angka “3” ini berasal dari kalimatnya Toriwaki sensei, yang mungkin boleh dibilang peneliti paling senior bidang Medical Image Processing di Jepang. Kata beliau, “penelitian yang baik adalah yang bisa dipresentasikan dalam 3 menit”. Dalam waktu pendek itu tentu saja tidak perlu mengulas detail metode maupun eksperimennya, tetapi yang penting esensi dari penelitian itu harus tersampaikan. Ini merupakan tantangan tersendiri, karena pemilihan kata, pemilihan slide, pemilihan bagian yang ditampilkan tidak boleh sembarangan. Presentasi harus pendek, berkesan, dan menggambarkan bahwa ybs. mengerjakan sesuatu yang menarik dan signifikan. Ketrampilan ini banyak terasa manfaatnya, misalnya saat ada kunjungan tamu ke lab. yang ingin mendapatkan gambaran singkat mengenai kegiatan penelitian yang dilakukan ybs.

Adapun untuk penilaian, saya coba serahkan ke siswa yang lain untuk menilai temannya yang melakukan presentasi, dan nanti nilai akhir adalah rata-rata dari nilai yang mereka berikan. Saya percaya bahwa siswa-siswa saya adalah calon engineer, yang  dapat dipercaya dan mampu bersikap obyektif dalam memberikan nilai tsb.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

5 Balasan ke Latihan presentasi 3 menit

  1. Ford Lumban Gaol berkata:

    Apa kabar, Pak? Ingin tahu hasil penilaian Bapak ttg presentasi ICT7 SGU. Mungkin bisa kita share nantinya dengan pengalaman saya 🙂

    Tempo hari saya kirim email perihal softcomputing conference. Bagaimana komentar Bapak?

  2. Halo Pak Ford.
    Insya Allah nanti kita bisa sharing pengalaman, pak. Oh ya, terima kasih atas informasinya saat itu. Mohon maaf, habis itu banyak banget agenda mendadak, jadi terlupa untuk membalas ke pak Ford dan rekan-rekan di sc-ina. Sayangnya kebanyakan seminar internasional yg di LN ya Pak ? Untuk tahun depan, saya prioritaskan yang di dalam negeri terlebih dahulu mengingat budget terbatas.
    Anyway, masukan yg diberikan rekan-rekan perlu saya rangkum, agar bermanfaat juga bagi yg lain. BTW, minggu kemarin saya ke UI, dan main ke tempat mas Rahmat. Sayang nggak ketemu pak Ford yah.

  3. Ford Lumban Gaol berkata:

    Minggu kemarin kebetulan saya sedang libur tidak ke UI. Sedang “bertapa” merapikan draft disertasi sekalian merapikan satu paper hasil review ke delapan kali oleh sebuah jurnal int . Kalau Tuhan mengijinkan paper tsb bisa dipublish di Jurnal tsb, karena tinggal finishing saja.

    Oh ya, ide konferensi soft computing tadi saya kira bisa kita gandeng dengan pihak Dept Pariwisaya dan Budaya. Tempo hari saya pernah ikut simposium mereka dan saya kira pihak BudPar sangat mendukung. Anytime kita ketemu mungkin kita bisa share lebih mendalam lagi.

  4. resilla berkata:

    Kaget ama ting2an gelas pak. Huehehehehe. Bikin panik trus malah jd blabbering ngomongnya..
    aarrrrrggghhhhh…

  5. Souza N berkata:

    Hehehe, makasih sudah dipercaya buat ngasih penilaian. Tapi 3 menit itu rush hour sekali deh, Pak. Bingung mau nyampein apa soalnya semuanya penting2. Tapi merupakan pengalaman berharga. Arigatou gozaimasu, hehe.

Tinggalkan Balasan

