Silaturahmi Alumni PPI Nagoya

Pada hari Minggu (14 Dec 2008) yang lalu, saya menghadiri undangan silaturahmi alumni Nagoya, di rumah Pak Andi Eka Sakya di BSD. Saya sampai di rumah Pak Andi agak awal. Tak lama kemudian, satu demi satu tamu datang, hingga totalnya mungkin sekitar 40 orang. Senang rasanya bertemu dengan teman-teman lama, yang tidak bertemu lebih dari 10 tahun yll. setelah mereka menyelesaikan studi di Nagoya. Selain keluarga pak Andi sebagai tuan rumah, yang hadir antara lain keluarga pak Abinawanto, pak-bu Marsidon, pak Haris Munandar (atase KBRI di Hongkong), pak Heru Subiyantoro, pak Mappaona, pak Sulistioso (kalau beliau saya juga baru sekali ketemu, karena tinggal di Nagoya sebelum saya datang, yaitu th.88-91), kel. pak Karyawan, kel.pak Triyono W.S., mbak Dini (bu Yus), mbak Ade (bu Casmara), mas Hutomo (skr. di Batan), Lisa dan keluarga (putrinya Pak Sukamto), mbak Rina (bu Syahrul), dll. Umumnya yang hadir berusia 50 tahun ke atas (over-sech, alias over-sechet, kata pak Andi), yang tinggal di Nagoya antara tahun 86-95.  Sehingga di antara mereka, saya jadi yang paling muda, kembali seperti 17 tahun yll. saat pertama kali datang di Nagoya….he he he 😀

Acara dimulai-diisi-dan diakhiri dengan ngobrol dan makan-makan. Yah, serasa kembali ke saat-saat kami masih aktif di berbagai kegiatan PPI Nagoya, belasan tahun yll. Dari hasil obrolan pada pertemuan kemarin, ada inisiatif untuk menyelenggarakan lagi pertemuan yg sama, kira-kira setahun mendatang, agar bisa mengumpulkan lebih banyak alumni yang sudah tersebar di mana-mana. Di Tokyo ada Prof.Edison Munaf, atdikbud KBRI, Dr. Pujiatmoko atase pertanian KBRI, di Denpasar ada Prof.Wirawan, di Malang ada Dr.Retno Mastuti, di Bandung ada Dr.Suwarno, Dr.Totik dan Dr.Iriawati, dll.). Juga keluarga pak Yamamoto yang sejak dulu sampai sekarang menjadi sesepuh PPI Nagoya diharapkan dapat juga hadir pada pertemuan mendatang.

Untuk menyambung tali silaturahmi di dunia maya, saya buatkan milis alumni PPI Nagoya di googlegroups. Beberapa rekan yang sudah saya tambahkan ke milis a.l. mas Abdul Rahman Bohari, pak Suwarno ITB, mbak Aan-mas Budi, mbak Rina-mas Gatot, Indra Malela, dll.  Semoga saja jaringan ini bisa bermanfaat di masa depan.

Omake (bonus):

Foto-foto kegiatan PPI Jepang Tengah tempo dulu. Sekitar awal tahun 90-an. Saat itu PPI Jepang Tengah belum dipecah ke Nagoya, Gifu, dsb. karena sebagian besar mahasiswa belajar di Nagoya. Seingat saya hampir 100 orang yang berada di Nagoya. Saat itu mungkin PPI terbesar no.2 atau 3 di Jepang, CMIIW.Foto kiri: saat penyelenggaraan Festival Indonesia di Aichi Kokusai Senta, th.91. Kanan: Keikutsertaan dalam pentas seni di gedung Kokaido, Tsurumai, Nagoya. Saya tidak ingat tahunnya. Tetapi melihat personel2-nya, sepertinya sekitar th.93. Sebagian besar saya masih ingat namanya. Dalam kurung saya tuliskan afiliasi saat ini. Depan dari kiri ke kanan: ??? (yg pegang gitar), Sinta Berliana (LAPAN), Lucinda (UAJY), Retno Mastuti (Unbraw), Iriawati (ITB), Asrianna Issa Sofia (Univ. Paramadina), Rita Fathiah, Meilani Liyadi, mas Gatot (pegang gitar). Belakang dari kiri ke kanan: ???, ???, Indra Malela (Kanefusa), Anto (BPPT), Budi Santosa(BATAN), ???, ???, Mufti Swaghara (BPS)

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di gado-gado. Tandai permalink.

2 Balasan ke Silaturahmi Alumni PPI Nagoya

  1. Pudjiatmoko berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb

    Mas Anto kangen pengen kumpul-kumpul lagi. Mas Anto masih suka ngedalang?

    Kemarin Pak Mappaona ke Tokyo mampir di Tokyo dan kami jalan bersama ke Fukushima, observasi gunung yang banyak mengandung Zeolit. Berkunjung ke Pabrik Nitto Funka Kogyo. Beliau cerita baru saja reuni di rumah Pak Andi, seru ….

    Pak Mappaona sempat juga ke Nagoya kangenan sama Senseinya yang sudah pensiun. “Aku dengar ada orang lulusan Meidai yang jadi Menteri Pertanian, apa benar kau?” Kata Sensei. “Bukan Menteri sensei…tetapi orang yang dekat dengan Menteri, di lingkaran satu lah” kata Pak Mappaona. Ha … ha…. ha…

    Ketemu Pak Haris Munandar ketika menghadiri sidang WTO di Hokong bulan Desember 2005 (yang seru karena banyak didemo petani Korea). Ketika saya baru datang beliau sebagai ketua panitia delri meminta saya, “Pak potret dulu di blok sebelah (100 m dari hotel) untuk pendaftaran sebagai anggota delegasi RI”. Pokoknya saya ingat dengan senyumannya yang tahan banting (maksudnya biar sibuk tetap saja bisa tersenyum).

    Kalau sama Pak Heru, ingetnya pas kasih kartu nama sama beliau di Nagoya tahun 1992 beliau bilang “Lho ….ini kartu namanya persis sama dengan yang dikasih saya lima tahu yang lalu di Tokyo”. Kalau Mas Anto ketemu Pak Heru tolong bilangin ke beliau, kartu nama saya sudah ganti. Putri sulungnya Pak Heru dikasih nama Aiko. Biar berbau jepang, kata beliau.

    Kalau sama Pak Andi, ketika acara perbisahan beliau kubisiki, “Pak Andi kalau kembali di Serpong mohon diramaikan masjid Bahrul Ulum Puspiptek”. Beliau menjawab, ” Orang sudah ramai koq…” Kalau tidak salah info, putri beliau yang nomor satu bernama Irin sekarang kuliah di F. Kedokteran UI atau lagi koas? Sekedar info, Anak saya juga di Kedokteran tingkat empat di UGM. Ada saudara Mas Anto yang jadi dosen disana?

    Kalau dengan Pak Suwarno, kami sama-sama masak sewajan, dan sering main pingpong bersama dengan Pak Rahmat dan Pak Jitheng di Sakurayama.

    Wah pokoknya Nagoya penuh kenangan.

    Boleh juga tuh saya ikutan ke Milis Alumni Nagoya. Silahkan mas Anto dan kawan-kawan kalau ada waktu luang mampir di Blog saya http://atanitokyo.blogspot.com
    Nah kalau ke Tokyo silahkan mampir.

    Terimakasih Mas Anto.

    Wassalamu’alaikum wr wb
    Pudjiatmoko

  2. Joni Aldilla Fajri berkata:

    Assalamu ‘alaikum wr wb.

    Pa kabar smua member PPI Nagoya..smaga shat n lancar2 slalu.
    Mas,mbak..,Perkenalkan nama saya Joni Aldilla Fajri..biasa di panggil “al or aldi”..saya salah satu kandidat yg akan ikut program Master Degree di Gifu University, dprogram River Basin Research Center,Gifu University,dan dari gifu university jg saya dpt beasiswa..sya lulusan teknik kimia universitas bung hatta, padang.
    saya insyAllah akan brngkat ke Nagoya awal november..
    sbelum sya brngkat sya mau mendaftar sebagi member mailis PPI nagya.disitus apa ya kira2 sya bisa daftar..dan sya btuh saran n masukan kira2 apa saja yg harus sya bwa, karena ini akan pertama kalinya sya akan ke Jepang..
    sya tunggu kabar mas n mbak smua.
    trima kasih

Tinggalkan Balasan

