Orang gemuk dilarang beli

Hari Sabtu kemarin saya sedang dalam perjalanan dari Cikarang ke Jakarta lewat tol. Sampai di dekat pintu keluar pondok gede, di sisi kanan, ada papan reklame “orang gemuk dilarang beli. Coming soon”. Papannya gedee banget. Entah apa maksudnya memasang iklan demikian. Saya nggak habis fikir. Mengapa untuk sekedar menarik perhatian, pemasang iklan itu harus memakai kalimat yang melecehkan sifat fisik seseorang ?

Seringkali seseorang mengkomentari temannya, “Wah, kamu gemuk/kurus amat sekarang”,  “Wah, adiknya koq lebih cantik (lebih pintar, lebih ganteng) daripada kakaknya”, dan berbagai macam ungkapan lain yang mengarah ke “maen pisik”. Mungkin ada sebagian orang yang kalau dikomentari seperti itu jadi ketawa, tetapi ada juga yang jadi tersinggung. Kadangkala seseorang itu terlalu gemuk atau terlalu kurus, karena ada hal tertentu yang melatarbelakanginya dan cukup sensitif untuk diungkap. Apalagi kalau seseorang mengkomentari bahwa salah seorang dari dua bersaudara lebih cantik, lebih pintar, dsb. Kalau itu terjadi pada anak saya, akan saya labrak orang yang mengkomentari hal demikian.  Hal itu akan menanamkan bibit rasa iri/dengki  si kakak/adik terhadap saudaranya. Jengkelnya kadang-kadang komentar seperti di atas muncul dari orang yang memakai pakaian Islami (berjilbab). Pengin rasanya saya bilang : tanggalkan saja deh jilbabnya kalau masih berkelakuan kayak gitu. Kelakuanmu itu bikin image Islam jadi  jelek. 😦 Padahal Rasulullah SAW dulu marah ketika istrinya mengkomentari fisik seseorang tamu lewat isyarat tangan, padahal sang tamu sudah keluar dari rumah. Begitu tingginya akhlak Rasulullah SAW, yang mestinya jadi panutan kita semua.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

2 Balasan ke Orang gemuk dilarang beli

  1. dian berkata:

    Bener Pak, karena gemuk atau kurus bukan pilihan…
    Tapi anugrah….
    Andai boleh memilih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s