Ngoprek PC Kernel Panic

Sejak 2 malam yang lalu saya dibikin pusing 7 keliling. Pasalnya, saya berusaha mengupgrade OS, dari Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon) ke Ubuntu 8.04.1 (Hardy Heron). Setelah proses installing selesai, saya mulai jalankan dan amati fitur yang ada. Awalnya sih tampilannya OK, dan saya mulai tambahkan paket yang saya perlukan. Tetapi keesokannya saat saya boot ulang, tampilan jadi hancur. Apakah karena VGA card nya ya ? Saya coba pasang card, dan nggak pakai yang onboard. Awalnya sih tampilan jadi normal. Tetapi lagi-lagi waktu saya boot ulang, error muncul: Kernel panic. Wah, payah deh. Kernel panic biasanya disebabkan karena akses pada memory yang invalid. Semalaman saya oprek sampai sakit kepala. Untuk mengetahui mana yang bermasalah, saya bongkar harddisk, saya ganti dengan yang lain.  Saya coba install ubuntu pada harddisk yang baru, tetapi ternyata kasus yang sama berulang. Kernel panic ! Harddisk coba dipindah ke PC lain, dan ternyata terbaca. Ubuntu saya install pada harddisk tsb. yang terpasang pada PC yang lain. Dan ternyata berjalan normal. Jangan-jangan harddisk saya OK, tapi komponen PC saya yang lain yang bermasalah. Atas saran mas Aris, saya coba cabut RAM card-nya dan kemudian dipasang lagi. Barangkali RAM card itu tidak terpasang dengan baik, sehingga bagian memory yang ingin diakses tidak ditemukan, dan berakibat kernel panic. Hasilnya ternyata tidak berubah. Mas Made akhirnya teringat untuk mengecek pin RAM card. Bagian itu kemudian coba pelan-pelan dibersihkan memakai karet penghapus, dan dipasang kembali…voila ! Error message menghilang dan PC saya sembuh seperti sedia kala. Saya coba install Ubuntu terbaru 8.10 dan alhamdulillah tidak ada error yang timbul.  Benkyou ni narimashita.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di linux, zaurus, iPod & komputer. Tandai permalink.

2 Balasan ke Ngoprek PC Kernel Panic

  1. PriyayiSae berkata:

    kejadian sama,, seminggu yg lalu sy buka casing utk ngecek power LCDHD44780 dan tak sengaja RAM tersenggol sehingga fedora sy gagal booting. Akhirnya ya cuma dicopot RAM dan dibersihkan slotnya… Alhamdulillah langsung OK.

  2. ridwan berkata:

    thnx bos…
    dual OS gw bisa booting dengan normal lagi….?
    XP & UBUNTU 9.04…..viola..!

Tinggalkan Balasan

