Tiga puluh dua tahun yll.

Facebook memang menarik. Lewat jejaring sosial ini saya bisa bersua kembali dengan teman-teman lama yang tidak bertemu puluhan tahun. Yang paling banyak adalah teman SMA, mungkin karena setelah lulus masih saling menjalin kontak. Teman SD dan SMP tidak terlalu banyak, karena sudah terlalu banyak menyebar dan hilang kontak.

Beberapa waktu lalu, Ichwan, teman SD saya mengupload foto tahun 1977. Foto waktu kami masih kelas I SD, di SD Negeri 15 Mangkubumen Lor. Wah, rasanya natsukashii, melihat foto wajah-wajah kami waktu masih imut-imut.

Saya dan teman-teman mencoba menebak-nebak, siapa saja yang ada di foto tsb. Beberapa masih bisa saya kenali dan ingat namanya: Rudi,Soni Wibisono, Ichwan, Djanurindro,Ibu Rolly (Wali kelas I, dan kepala sekolah saat itu), Elvy, Wiwin, Wiwik, Kikik, Didiet Sri Raharjo, Hendrawan, Agus, Anto D (Herman Dewanto), Rina, Didiet Rusdianto, Amir Syarifudin, Moh.Syukri (Uki), dll. Bisakah menemukan saya pada foto di atas ? He he he. Saya berada di baris belakang, yang paling hitam dan paling pendek 😀 …dari kiri no.4. Kalau melihat seragam yang dikenakan, sepertinya saat itu hari Jumat atau Sabtu. Hari Senin dan Selasa kami memakai baju putih dan celana hitam. Rabu dan Kamis kami memakai seragam (batik biru celana putih). Jumat dan Sabtu memakai baju putih dan celana “keki” (apa ya bahasa Indonesianya?).

Sekolah kami waktu itu rasanya menyenangkan. Rasanya tidak ada pelajaran yang membuat pusing kepala. Kelas 1:  masih belajar menulis huruf latin, kelas 2 belajar berhitung perkalian, dsb. IPA diajarkan mulai kelas III. IPS baru diajarkan di kelas V. Bahasa Inggris belum diajarkan.

Kalau bapak dan ibu guru datang di sekolah, kami berebut mencium tangan beliau, membawakan sepedanya ke tempat parkir sepeda, dan membawakan tas beliau ke ruang guru. Ah, kenangan yang manis. Guru-guru kami walau saat itu demikian sederhana hidupnya, kami sangat menghormati mereka.

Kalau istirahat, kami sering bermain kejar-kejaran, atau “sontlengan” (menggendong seorang teman dan beradu tumbukan dengan yang lain), adu kecik (memakai biji sawo yang ada di halaman sekolah) dan berbagai permainan rakyat yang lain. Entah, SD jaman sekarang mungkin sudah berubah suasana dan permainannya. Permainan murah meriah mungkin sekarang sudah tergantikan dengan game ?

Teman-teman saya sekarang sudah berkarir meniti jalan hidup masing-masing. Ada yang bekerja di MPR, ada yang di Dirjen Pajak, ada juga yang buka restoran di Bali, dan juga PNS biasa seperti saya. Lewat facebook, saya sudah temukan 7 orang: Arief Satiagraha (Tatok), Arif Wibisono (Gendon), Djanurindro Wibowo (Indro), Ichwan Sudrajat, Sony Sulistyo (Soni S), Nurul Kusumowardhani (Nurul), Elvy Tauchitasari (Elvy). Masih banyak yang belum kami temukan. Semoga suatu saat, entah lewat facebook, atau lewat coretan ini, kami bisa menyambung tali silaturahmi lagi.

Iklan

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

2 Balasan ke Tiga puluh dua tahun yll.

  1. ree berkata:

    wah fotonya jaman dulu bangetyah
    coz jadi kenangn banget

  2. Nugroho berkata:

    Senangnya bisa bertemu teman lama…
    Maen-maen pak:
    http://www.nugie28.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s