Akhir Pekan Kami yang Indah


Walau rata-rata hanya dua hari saja dalam seminggu saya pulang ke rumah dan berkumpul dengan Alya-Tika dan Ine, tetapi semoga akan menjadi kenangan indah bagi mereka kelak saat sudah dewasa. Maafkan bapak ya, Nduk. Terpaksa kita prihatin dan bapak tidak bisa fulltime berada di sisi kalian. Beberapa coretan mengenai detik-detik indah di di rumah, kutuliskan di sini ya, Nduk.

  1. Alya duduk di depan (engga jongkok lg), pegangan spion motor, lalu teriak2 di spanjang jalan, “Menyenangkan ya? Oooaaa uwoo..uuukk..aaa aaakk..!! Ibuu!! Adeku jadi monyeeeeett!!  (December 17 at 10.00 pm)
  2. Alya dan Tika ikut ibu ke pengajian di perumahan. Waktu doa di pengajian, Alya sibuk banget mengatur posisi tangan ibu sambil berkata, “ssstt..ibu anteng ya. Doa ya bu! Sst..anteng, tangannya gini. Ssstt.. Diem, anteng ya bu..”. Sementara itu Tika praktek bhs Jawa, “Ibu, aku pengen numpak monggo!” Whaa?? Ternyata maksudnya “aku pengen menek wit pelem” (December 14 at 9:25pm)
  3. alhamdulillah….tiga buah hatiku mau menerima telpon-ku. “Alya, bapak punya roti unyil nih”, langsung dijawab “Bapak nanti pulang jam berapa ?” (^^;  (13 Dec 2010)
  4. malam ini waktu mau berangkat ke stasiun, Alya memelukku sambil berkata manja “pak…aku masih kangen sama bapak” …oalah nduk, kasihan. biasanya yang begini cuma mbak Tika, koq hari ini dek Alya ikutan juga ? (12 Dec 2010)
  5. Alya datang & joget-joget alay Hawaian “pak aku harum lho” …setelah dilihat dari dekat, ternyata habis membalur tangannya dg minyak zaitun (^^;  (Sunday at 8:38am)
  6. Tika, “Ibuku yg sangat cantik seperti putri duyuung.. Tolong ambiilkan air putih untukku ya..”. Alya, “ibuku yg cantik, tolong ambil air putih untuk..untuk kepala!” Ooo.. Pengen diguyur?? “Whoaa..:'( engga mau diguyul!!”. Trus td ktnya mau utk kepala? “Whoaa.. Emoh diguyul.. Ibuku yg cantik.. Tolong ail putih untuk muluut!!” (December 10 at 5:23am)
  7. Tika mau tidur siang, kucium pipinya & kuucapkan “Selamat tidur sayang”, dan kami sama2 tersenyum. Suatu saat nduk, saat bapak sudah lemah & berkeriput pipi, kalau kau cium pipi bapak, saat itu ingatlah nduk, kasih sayangmu saat itu sama spt kasih sayang bapak sekarang padamu. Ya Tuhan. jadikanlah anak2 kami anak sol…ihat yg berhasil fiddunya wal akhirat. (December 7 at 4:07pm)
  8. Menikmati suasana rumah yg damai: eyang uti kakung sudah makan, minum obat & istirahat, Ine belajar piano, Tika belajar menulis pesanan makanan, Alya main keranjang belanja & menyusun balok, bapak baca buku. Alhamdulillah 🙂   (December 7 at 10:08am)
  9. Tika belanja ber2 dg bapak. Ibu minta dibelikan beras & tissue basah. Tetapi entah kenapa catatan Tika: Mie gelas 4, susu clevo 4. Tisu basah, beras, serena, oreo (December 6 at 5:57pm)
  10. dua anak ribut main, nggak mau tidur siang, walau udah dibujuk berulangkali. akhirnya… “ayo, siapa yang tidak tidur siang akan dikeramasi bapak”…langsung terdengar jeritan mereka & suara gedebukan di tempat tidur. Tak lama kemudian kedua gadisku (3 & 6 tahun) itu tenang, entah tidur pura2 atau tidur beneran. wkwkwkwk 🙂   (December 5 at 2:42pm)
  11. bertiga di bed. bapak tiduran, alya main karet & tika membaca buku cerita. “Pak, gimana bacaan Tika ? aduuh…bapak gimana sih. aku kan baca banyak banget, koq malah bapak tidur”  (December 5 at 5:28am)
  12. Tika: “batu temeor ya tidak bisa bicara” …meteor, nduk. bukan temeor  (December 4 at 6:16pm)
  13. alya berdiri di depan cermin, “Oh tidak! aku halus membelsihkan ingusku yg meleleh!” Lalu berlari ambil tasnya, “Ooh.. aku halus belanja sekalang ke jakata!! oh tidaak…” (December 1 at 9:36pm)
  14. ‎”Ciumlah, kasihilah & temanilah anakmu bermain selagi masih diberi kesempatan oleh-Nya. Detik-detik indah itu tak akan berulang lagi. Dan penyesalan selalu datang belakangan. Jangan sampai menyesali waktu yang telah dilalui. “….mengiang di kepalaku saat menuju tempat outbond Tika sambil melihat berkas-berkas pekerjaan yg kubawa serta.  (November 27 at 9:36am)
  15. Tika: “Pak, besok bapak ikut outbond ya. Aku pengin difoto sama Bapak”…..Bapak tau, Nak. Itu sebenarnya ungkapan kerinduanmu untuk bermain ditemani bapak ya ? Insya Allah hari ini bapak akan menemanimu, Nduk. (November 27 at 5:49am)
  16. “…But how I miss the girl, And I’d go a million times around the world just to say, she had been mine for a day..” (Aubrey by Bread). This song reminds me to my daughter’s stillbirth 9 yrs ago. I was blessed to have a chance holding her in my arms for the very last time before her funeral. (November 26 at 9:50pm)
  17. Bapak: “Tika, mau nggak punya adik lagi ?” “Nggak mau pak. Nanti kalau punya adik lagi, ibu jadi sibuk ngurusi adik. Terus yang mengurus aku dan dik Alya siapa ?” (November 26 at 7:52am)
  18. Senandung malam u/ Tika yg gag enak badan, Alya yg sedang cacar air dan emaknya sakit gigi…..”Somewhere out there beneath the pale moon light, someone thinking of me and loving me tonight, somewhere out there someone saying a prayer, that we’ll find one another in a big somewhere outthere,…. somewhere out there if… love can see us through, Then we’ll be together somewhere out there out where dreams come true….” (November 9 at 8:21pm)
  19. Alya merengek2 ngantuk, kugendong & kuayun2 sambil bersenandung “…I remember the night and the Tennessee waltz. Now I know just how much I have lost. Yes I lost my little darlin’ the night they were playing the beautiful Tennessee waltz. …” Boboklah anakku sayang, bapak sebentar lagi berangkat ke Jakarta. Maafkan …bapak yg berpamitan saat kalian terlelap.  (November 7 at 3:16pm)
  20. semalam giliran Tika dongeng. “Miki berhentikerja lalu menemani Mini menggendong bayi tikus di rumah…” Lho, kalauga kerja, Miki dpt uang dr mana Ka? “Kan tinggal ambil di ATM, bu! ATMitu sgt kaya lho..duitnya buaanyaakk…”—-> pantas saja dulu Tika menyuruh bapak libur panjaaaaaaaang. Kalau kurang uang, kan bisa… ngambil ke ATM, ya nduk ? (November 4 at 9:18pm)
  21. Tika: bu, bhs inggrisnya “punya” apa? “have”, jwb ibu. Tika: “ibu dengar ya, udah bener belom nih!”, trus Tika mengatakan, “I have.. cow.. sex!” haaa?? ternyata maksudnya “I have six cows.”  (November 1 at 11:15pm)
  22. di stasiun Balapan, menunggu argo dwi pangga 20.00 menuju Gambir. Masih terbayang, saat2 indah di rumah. Menggoda Tika sampai menangis 6x, menidurkan Alya sambil menggendong & bersenandung dandang gula, wirangrong, pucung, dan juga saat mengganti tabung gas Ine. Sabar nak, kita Insya Allah bersama lagi hari Sabtu yad (November 1 at 8:31pm)
  23. nggodain Tika sampai nangis. udah dihitung Tika, katanya bapak udah enam kali bikin aku menangis…anakku detail juga hafalannya 🙂 (November 1 at 4:12am)
  24. Tika,..usia bapak berapa ? Dua puluh satu pak….wkwkwkwkwk 😀  (October 18 at 8:52pm)
  25. Berangkat ke Solo Balapan. Tika melambaikan tangan sambil teriak “bapak jangan nakal ke murid2nya ya. Aku masih menyayangi bapak” ……wkwkwkwk….koq kayak drama to nduk. Mimpi Indah yaaa..:) (October 10 at 9:46pm)
  26. telpon ke Solo, Tika sedang semangat 45 berlatih menyanyi “berkibarlah benderaku”, “garuda pancasila”. Kudengarkan baik-baik sambil terkantuk-kantuk…Tika sangat bersemangat…tapi entah bagaimana tahu-tahu di telpon ada suara aku diteriaki “Pak…Pak…Pak…” Ternyata aku ketiduran sambil pegang telpon dan nggak merespon nyanyian Tika.  (September 30 at 3:33pm)
  27. Ternyata semalam ditangisi Tika “aku merasa kehilangan bapak, sangat menyenangkan kalau ada bapak”, Alya ikut2an “bapak mana, koq nggak datang2…koq ibu nggak ikut nangis ?” (September 27 at 6:06am)
  28. Puspa sayang, sore ini bapak ke Surabaya, Ibu & adik2mu di rumah Solo. Adik2mu lucu-lucu, nak. Kata dik Tika, “jagongnya menyenangkan tadi pak. Tapi lebih senang lagi saat bapak pulang & tiba di rumah”, sedangkan dik Alya suka joget-joget. Bapak kemarin kecopetan BB, nduk. Pencuri-nya durhaka ya, mau ngambil BB bapak tapi nggak minta ijin dulu. Di Solo sering hujan & angin kencang, nduk. Di sana tentunya Puspa & mbak Sekar aman tenteram ya. Nggak ada pencopet, nggak ada badai taufan. Selamat ulang tahun ke-8 anakku. Bahagialah engkau anak-anakku di sisi Allah SWT. (September 26 at 5:56pm)
  29. semalam Alya lagi sulit tidur. “Adeku ngga suka huluf eeellll!! Belajal itu sangat syullit!! Kalau ibu malah-malah, tidul di lual aja..”….wkwkwkwkwk (September 22 at 6:44am)
  30. mengajari Tika, apa yg harus dilakukan jika di mal terpisah dg ortu: jangan menangis, jangan panik, dekati mbak yg di kasir & bilang “saya mencari org tua saya. bapak namanya pak Anto, ibu namanya bu Ine. tolong dipanggilkan ya mbak”. mestinya di sekolah hal spt ini diajarin ya ? (September 12 at 2:58pm)
Iklan

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di keluarga. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s