Liputan Kompas: Mahasiswa SGU Ciptakan Aplikasi Navigasi Pintar

Kompas hari ini memuat liputan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa bimbingan saya: Sri Krisna Endarnoto dan Sonny Pradipta. Mereka mengembangkan aplikasi untuk Android, yang mampu mengekstrak informasi spatio-temporal lalu lintas Jakarta dari twitter, dan mendesain profile-based mobile advertisement yang disesuaikan dengan minat user. Riset mereka masih pada fase awal, tetapi suatu kebanggaan, bahwa karya mereka mendapat perhatian dari publik. Saat melakukan presentasi di ICEEI kemarin juga beberapa peserta aktif mendekati dan menyakan fitur-fitur yang mereka kembangkan. Semoga AGNI -aplikasi yang mereka kembangkan- terus disempurnakan sehingga dapat menjadi aplikasi yang bermanfaat. Keep up the good work, boys 😀

URL: http://serpong.kompas.com/berita/detail/798/mahasiswa.sgu.ciptakan.aplikasi.navigasi.pintar

Mahasiswa SGU Ciptakan Aplikasi Navigasi Pintar

Mahasiswa semester VIII Fakultas Teknologi Informasi Swiss German University berhasil menciptakan sebuah aplikasi yang dapat menampilkan status lalu-lintas di Jakarta pada peta online.

Skripsi yang dibuat oleh Sri Krisna Endarnoto dan Sonny Pradipta itu dipublikasikan pada ajang “3rd International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICEEI) 2011”. Acara yang berlangsung pada 17-19 Juli 2011 di Bandung, Jawa Barat, itu diselenggarakan oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI-ITB) bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Informasi dan Teknologi Universitas Kebangsaan Malaysia.

Krisna dan Sonny berkolaborasi membuat skripsi berjudul “Profiling-Based Mobile Advertisement as a Marketing Strategy for GPS- Based Online Traffic Map“. Keduanya menciptakan sebuah aplikasi yang mereka namakan AGNI (Advanced Generator of Navigational Information). AGNI secara cerdas akan mengekstrak informasi kemacetan jalan raya yang dipantau secara online oleh TMC (Traffic Management Center) Polda Metro Jaya melalui akun Twitter @TMCPoldaMetro.

Status kemacetan pada akun Twitter tersebut akan dianalisis dan diekstrak menggunakan salah satu algoritma kecerdasan tiruan atau artificial intelligence Natural Language Processing (NLP). Data hasil ekstraksi tersebut akan divisualisasikan dalam bentuk online map dalam smartphone berbasis Android.

Dengan aplikasi AGNI, pengemudi kendaraan di Kota Jakarta tidak perlu repot-repot membaca satu per satu status di Twitter @TMCpoldaMetro. Pengguna ponsel Android cukup mengaktifkan aplikasi AGNI dan fasilitas global positioning system pada ponsel akan mendeteksi lokasi dan memberitahukan status kemacetan dari jalur atau jalan yang akan dituju.

Bukan cuma itu, aplikasi ini juga menggabungkan algoritma kecerdasan tiruan data mining Support Vector Machine (SVM) untuk menganalisis profil pengguna AGNI. Dengan begitu, aplikasi AGNI dapat menampilkan iklan atau promo komersial pada jalur lalu-lintas yang akan dilalui oleh pengguna AGNI sesuai hobi atau profil si pengguna. Dengan konsep ini, maka iklan yang ditayangkan pada aplikasi tersebut tidak akan mengganggu kenyamanan pengguna AGNI karena penayangan iklan tersebut telah disesuaikan dengan hobi atau minatnya.

Selain kedua mahasiswa tersebut, SGU juga mengirimkan dua mahasiswa lain ke ICEEI.

Iklan

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di research. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Liputan Kompas: Mahasiswa SGU Ciptakan Aplikasi Navigasi Pintar

  1. Cahya berkata:

    Ini mengingatkan saya seperti aplikasi Waze :).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s