Untuk Siswa yang berminat mengerjakan Thesis di bawah Supervisi saya

Untuk mahasiswa yang semester depan berminat untuk mengerjakan TA di bawah bimbingan saya:

  1. C/C++/Java  on Linux Platform
  2. Tidak diperkenankan memakai software ilegal u/ menyelesaikan thesis.
  3. memiliki kemampuan coding/kemauan kuat untuk belajar coding dari scratch. Saya tidak ingin mahasiswa saya memakai Matlab untuk tugas akhirnya. Anda harus mampu coding dari scratch. Kalau belum bisa, belajarlah. Saya menyukai mahasiswa yang mau belajar keras. Mengapa demikian ? Matlab dan berbagai toolbox memang sangat membantu produktifitas pekerjaan, tetapi lisensinya sangat mahal. Saya tidak mampu membelikan lisensi itu untuk mahasiswa bimbingan saya. Selain itu, berbagai toolbox di Matlab memiliki resiko membuat siswa menjadi manja. Siswa menjadi tidak tertantang untuk mengetahui, bagaimana sebenarnnya -misalnya- algoritma backprop, Otsu thresholding, inverse matrix, karena toolnya sudah tersedia dan tinggal pakai. Hal ini memudahkan, tapi kurang bagus untuk pendidikan. Jangan berikan kalkulator kepada anak kelas 1 SD, dan biarkan mereka berlatih keras untuk menghitung di luar kepala. Saat mahasiswa adalah saat anda belajar. Dengan membuat berbagai routine itu dari scratch, anda akan meningkatkan kemampuan sbg engineer, dan mengurangi ketergantungan terhadap tool proprietary.
  4. Ulet dan menyukai kerja keras. Kalau anda siswa S1, alokasikan sehari minimal 8 jam untuk mengerjakan thesis work. S2 atau S3, tidak ada batasan waktu. Tuhan sudah menyediakan 24 jam sehari bagi anda untuk menyelesaikannya.
  5. Setidaknya sekali dalam seminggu, diadakan “kentoukai”, yaitu pertemuan untuk  mengevaluasi kemajuan tiap siswa. Tiga hal yang harus dilaporkan: apa yang ditugaskan pada minggu sebelumnya, hal apa yang dilakukan dalam seminggu terakhir untuk menyelesaikan tugas itu (hasil eksperimen, hasil kajian literatur, dsb), apa rencana kerja seminggu berikutnya.
  6. Kalau motivasi & performa terlalu mengecewakan, bimbingan terpaksa saya hentikan di tengah jalan, dan saya kembalikan ke jurusan/fakultas.

Research interest saya berkaitan dengan Pattern Recognition/Datamining dan Image Processing.  Project Penelitian yang saya tawarkan sekiranya anda berminat untuk mengerjakan thesis

  1. Biometrics:
    1. Automated Fingerprint Identification System (Fingerprint Feature Extraction, Classification, Matching)
    2. Iris Recognition
  2. Indonesian Automated Document Reader (Automated Speech Recognition, Optical Character Recognition, Text Summarization, Text to Speech Synthesizer)
  3. Computer Aided Diagnosis for Malaria Status & Parasite Species Identification

Diluar ketiga tema tsb. anda boleh mengusulkan tema penelitian, namun demikian saya akan sangat selektif dalam memilih tema, mengingat keterbatasan waktu dan tenaga. List mahasiswa yang pernah saya bimbing: http://asnugroho.net/lecture.html

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di catatan kerja, kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

