Selamat atas keberhasilan kalian, murid2ku yang sudah jadi sarjana

Dear all beloved students:

1. Christian Pratama (CP)

2. Firmansyah Asnawi (Piiman)

3. Tika Diah Pitaloka (TDP)

4. Willia Fauziah

5. Ahmad Muharria

6. Oktaviani Ayu Puspa

7. Dian Anggraini

8. Andree Ang Kisjanto Surya (Aang)

9. Sri Krisna Endarnoto (Omib)

10. Teresa Vania Tjahja

Tidak terasa bulan Agustus 2011 akan segera berakhir. Bulan depan kalian akan diwisuda sebagai tanda berakhirnya masa studi 4 tahun di perguruan tinggi. Juga Dian akan berangkat melanjutkan studi S2 di Belgia atas beasiswa Erasmus Mundus. Saya merasa bahagia, bangga dan mengucapkan selamat atas apa yang telah kalian capai.

Degree B.Eng, B.Sc, S.Si, S.Kom atau S.T. kelak akan melekat pada nama kalian dengan segala konsekuensinya. Kalian akan dianggap sebagai sarjana yang siap bekerja sesuai dengan kapasitas kalian sebagaimana tercermin pada gelar yang akan diberikan. Kalaulah dalam proses pendidikan selama ini, ada matakuliah/skill yang belum kalian terima, pelajarilah dan kejarlah ketinggalan kalian.  Kalau misalnya kemampuan programming belum memadai, kejarlah ketinggalan itu. Gelar bukanlah perhentian dan puncak, tetapi awal dari kehidupan kalian sebagai sarjana. Momentum dimana kalian melepaskan atribut sebagai mahasiswa dan mulai terjun ke dunia nyata.

Dunia nyata tidak seramah yang diduga. Penuh dengan intrik, penuh dengan masalah, yang kadang tidak sesuai dengan teori yang dipelajari saat masih di kuliah. Tapi itulah kehidupan nyata. Nasehat saya, janganlah pernah menyerah kalau kelak menghadapi masalah. Sesulit apapun masalahnya, hadapilah dengan tabah. Selama mengerjakan thesis, saya rasa kalian telah memahami berbagai teknik, seperti upaya untuk simplifikasi masalah agar bisa dicerna mulai dari bagian yang terkecil, sebelum diproyeksikan ke masalah sesungguhnya yang berskala besar. Jangan buru-buru tapi jangan juga berhenti. Modal yang utama adalah ketekunan, ketelatenan, passion dan bersikap baik kepada semua orang. Syukurilah capaian yang ada, walau  kecil sekalipun. Sebagaimana peribahasa Jerman “Wer den Pfennig nicht ehrt, ist den Taler nicht wert” Barangsiapa tidak bisa menghargai capaian yang kecil, dia tidak berhak untuk meraih capaian yang besar. Kalau kalian telah berusaha sekuat tenaga, apapun hasilnya mari disyukuri. Karena itu bibit keberhasilan yang kelak akan dipanen di masa depan.

Seiring dengan selesainya tugas saya membimbing penelitian tugas akhir, sesuai ketentuan milis, maka keanggotaan kalian di milis ini saya unsubscribe (sekitar 1 September 2011), untuk digantikan dengan mahasiswa/i baru yang saya bimbing. Walaupun demikian bukan berarti silaturahmi kita putus, tetapi Insya Allah tetap berlanjut. Sekiranya menginginkan, kalian tetap boleh untuk mengikuti milis patrecog@googlegroups.com mengikuti riset yang akan saya teruskan di masa depan. Dalam hal tsb. tolong saya diberitahu, dan kalian akan saya gabungkan lagi ke milis.

Kalau kalian sudah diterima di satu perusahaan, atau diterima studi lanjut di salah satu perguruan tinggi, tolong saya diberi kabar. Berita ttg kemajuan karir kalian adalah hal yang sangat saya idamkan. Ingat: obsesi saya sebagai dosen adalah memiliki murid yang capaiannya lebih baik daripada saya saat seusia kalian. Kalian harus dapat mewujudkan obsesi saya tsb. dengan capaian yang lebih berhasil, lebih baik. Dan saya yakin kalau kalian semua dapat meraihnya.

Sebagai dosen pembimbing, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras kalian selama menjadi mahasiswa bimbingan saya. Banyak manfaat dan hal-hal baru yang saya pelajari selama satu semester kemarin. Juga penelitian kami di BPPT sangat terbantu dengan penelitian yang kalian lakukan.

Kebetulan juga hari raya Idul Fitri akan segera tiba. Ini merupakan momen sangat tepat bagi saya untuk menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri bagi yang merayakannya, dan mohon maaf lahir batin kepada kalian semua.  Selama ini mungkin banyak “bully”, kata, teguran dan sikap saya yang mungkin menyinggung perasaan. Tidak lain karena itu tugas saya sebagai pembimbing yang mengharapkan kalian menorehkan hasil terbaik di tugas akhir sebagai kenangan yang akan kalian bawa seumur hidup.

Saya merasa beruntung pernah membimbing kalian dan selalu berdoa agar karir kalian cemerlang di masa depan.

Gambatte kudasai !

 

Wassalamualaikum Wr Wb

 

Anto Satriyo Nugroho

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

