Nilai sebagai alat edukasi

Pemahaman/prinsip saya, nilai tidak lebih sekedar alat edukasi. Edukasi tidak selamanya manis, adakalanya pahit. Adakalanya saya memilih nilai yg terbaik saja untuk dilaporkan, dari beberapa kuis yg saya adakan. Adakalanya saya menghitung rata-rata dari semua kuis yg saya adakan, termasuk nilai yg jelek. Evaluasi dalam pendidikan adalah kombinasi harmonis antara reward dan punishment. Tujuannya agar siswa terpacu untuk mengejar kemajuan. Dosen “bebas” memilih caranya masing-masing, tapi harus tetap bertanggungjawab terhadap apa yg diberikan. Adakalanya saya berani memberi nilai A untuk satu kelas, bila semua memang layak diberi nilai A. Adakalanya saya tulis nilai 0 di transcript of record, bila memang nilainya 0. Adakalanya saya meluluskan 1/3 kelas, kalau memang demikian kondisinya. Tapi students, kalian boleh tanya dan berargumen dengan saya, terhadap nilai yg saya berikan. Kalau saya salah, maka nilai kalian akan saya koreksi. Kalau ada nilai yg kurang dari semestinya, akan saya tambah. Tapi kalau ada nilai yang kelebihan dari semestinya, akan saya kurangi. Juga silakan bertanya “apa definisi nilai 100 ?”, dan saya harus bisa menjelaskannya kepada kalian, bahwa kalian berhak mendapat 100 jika memang layak untuk itu. 100 dan 0 bukanlah nilai haram untuk diberikan.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

