Duapuluh satu djam di Djogdja

Sejak hari Sabtu s/d Senin yang lalu (28-30 Januari 2012), saya mengisi acara shortcourse on datamining di Universitas Islam Indonesia. Acara ini terbuka untuk umum, dan pada saat hari pelaksanaan diikuti oleh sekitar 15 orang. Acara dimulai pk. 08.30 hingga 15.30, total 7 jam selama 3 hari. Umumnya peserta adalah dosen di perguruan tinggi Yogya, Solo, dan ada juga yang dari jauh seperti Palembang. Yang membuat saya stress adalah peserta umumnya adalah dosen yang sudah mengajarkan matakuliah datamining, atau matakuliah lain yang berkaitan erat. Mau tidak mau saya harus memutar otak, agar penjelasan saya disesuaikan dengan latar belakang peserta. Lain halnya kalau pesertanya mahasiswa, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lambat. Selama kegiatan tsb., banyak sekali pertanyaan-pertanyaan kritis yang diajukan, yang saya pun belum tahu jawabannya.  Materi yang saya sajikan mengacu pada buku Introduction to Data Mining, oleh Pang-Ning Tan, Michael Steinbach, Vipin Kumar Addison Wesley, ISBN: 0-321-32136-7. Karena tidak mungkin membahas semua, saya fokuskan bahasan pada topik-topik sbb.

  1. Apakah Datamining itu ?
  2. Data
  3. Klasifikasi (k-Nearest Neighbor Classifier, Artificial Neural Network, Support Vector Machine)
  4. Feature Subset Selection
  5. Association Rules (Apriori Algorithm)
  6. Clustering (k-Means Clustering, Single Link Clustering, Complete Link Clustering, Average, Centroid, Minimum Spanning Tree, DB Scan, dsb)
  7. Self Organizing Maps
  8. Praktek memakai Weka
  9. Contoh aplikasi datamining:  analisa data meteorologi, bioinformatika, prediksi efektifitas interferon, social network, webmining, intelligent searching, computer aided diagnosis, biometrics dsb.

Tiga hari yang melelahkan, akan tetapi saya banyak belajar hal baru juga selama berinteraksi dengan teman-teman peserta. Kunjungan ke UII ini adalah yang kedua kali. Kunjungan ke UII pertama adalah Maret 2000, saat saya baru saja menikah dan bersilaturahmi dengan bapak-ibu di Magister Teknik Sipil. Karena istri saya saat itu bekerja sebagai staf honorer di program tsb. (saat itu kepala program magister masih Pak Lutfi yang kemudian menjadi rektor UII). Hal lain yang menyenangkan adalah saya berhasil membuat foto di tempat yang sama dengan 12 tahun lalu. Setelah 12 tahun menikah, ternyata ada “perkembangan” dan “kemajuan”,…kata teman saya (^^;

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di research. Tandai permalink.

3 Balasan ke Duapuluh satu djam di Djogdja

  1. za berkata:

    Hihih lucu fotonya. Gayapun sama. Salam.

  2. mukhlis berkata:

    mantap pak…..i like….

  3. aris prama aulia berkata:

    boleh minta materi tentang SOM-nya?

Tinggalkan Balasan

