tes kepribadian

Murid-murid saya seperti pelangi. Karakternya macam-macam. Adakalanya garang, adakalanya pendiam. Suatu saat saya harus membimbing mhsw yang pendiam. Saya ajak ngobrol, agar dia tidak kaku dan bisa komunikasi dg saya.
Saya (S): Ada pernah saya baca, teknik psikologi untuk mengetahui karakter seseorang. Mau nggak, kalau saya coba tes karaktermu ?
Murid (M): Baik, pak.
S: Coba tangan kiri di atas meja, ditunggingkan. Telunjuk berdiri dan menunjuk/menyentuh meja.
M: Baik, pak (dan melakukan yg saya minta)
S: Telunjuk kanan membuat lingkaran di atas meja, mengitari telunjuk kiri. Jangan berhenti, terus berputar-putar, mata fokus di telunjuk kiri.
M: Baik, pak. (dan dia lakukan, serius. telunjuk kiri berdiri di atas meja, telunjuk kanan mulai berputar-putar mengitari telunjuk kanan)
S: Sekarang jawab pertanyaan saya dengan cepat, jangan ada delay. Selama menjawab pertanyaan saya, telunjuk kiri dan kanan jangan berhenti. Siap ?
M: Siap pak…(dan dia lakukan, serius. telunjuk kiri berdiri di atas meja, telunjuk kanan mulai berputar-putar mengitari telunjuk kanan, sambil serius menunggu pertanyaan dari saya, jari tetap dimain-mainkan di atas meja)
S: Siapa Namamu ?
M: nama saya XXXXX (saya sensor namanya ya)
S: apa pekerjaanmu ?
M: saya mhsw di perguruan tinggi XXXX
S: sebutkan alamat lengkap rumahmu
M: saya tinggal di XXXX
S: Sebutkan tanggal lahirmu
M: XXXX (disebutkan dengan cepat tanggal lahirnya)
S: berapa usia mu ?
M: 22 pak.
S: Sudah dewasa atau masih kecil ?
M: (sempat terdiam sejenak, tapi langsung menjawab dengan cepat) masih kecil pak
S: Ooh..pantas saja ya…masih suka main gituan
M: ………berhenti memainkan jari…..ngakak terpingkal-pingkal karena baru tahu kalau diisengin dosennya.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

