Mana dari program itu yang kamu buat sendiri ?

Saya pernah memiliki murid bimbingan yang selalu optimis. Saat saya berikan tugas untuk TA-nya, dia berusaha dan menolak dibantu karena ingin mandiri. Setelah lama tidak juga selesai, akhirnya saya bantu menyelesaikan program tsb. Cukup banyak kontribusi saya dalam menyelesaikan program tsb, sehingga akhirnya program itu bisa berjalan. Murid saya pun puas, dan dia kemudian datang ke saya lagi.
“Pak, saat sidang nanti, kira-kira apa yang akan bapak tanyakan saat menguji saya ?”.
*Wah…kebetulan nih, ada tahu goreng panas, harus cepat disambar*
“Baik, Nak. Pertanyaan saya nanti begini: “Mana dari program itu yang kamu buat sendiri ?” Sang murid terdiam, dan ngeloyor pergi. Setelah itu di luar dugaan, dia berusaha lebih keras lagi, tanya sana tanya sini, bongkar program itu sana dan sini, sehingga apa yang dihasilkannya jauh melampaui ekspektasi awal saya. Tibalah saatnya sidang sarjana. Diskusi cukup keras, dan murid saya agak panik dan terbata-bata saat ditanya. Usai sidang, kami pun menentukan nilai. Sang murid dipanggil kembali masuk. “Selamat ya, Nak. Nilai kamu xxx. Kamu lulus dengan nilai sangat bagus”. Murid saya terbelalak seperti tak percaya. Dan akhirnya dia terisak-isak saat diselamati para penguji. Saya pun tak kuasa menahan air mata. Kerja keras yang berbuah manis di akhir.

Oh ya….satu lagi kenangan dengan anak itu, adalah saat saya ajak pameran penelitian ke Bandung. Kami sama-sama kecapaian setelah sekian lama jaga stand. Saya dan murid saya duduk terdiam beberapa saat. Tiba-tiba dia bertanya “Pak, menurut bapak, di antara dua cewek di depan itu mana yang lebih cakep ?” Kaget saya….ada murid bertanya begitu pada dosennya. Ya saya jawab sejujurnya sih “Yang rambut panjang itu lebih cakep”. “Ooh..begitu ya Pak ? Maaf pak…saya tadi tanya, biar saya nggak ngantuk aja”. *tepok jidat*
Semoga karirmu sukses ya Nak.

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City.Since 2015, I was appointed as Program Director of R&D activities in Intelligent Computing Laboratory (former name: Digital Signal Processing Laboratory). The activities in the laboratory are organized into three groups : (i) Natural Language Processing (ii) Multimodal biometrics Identification (iii) ICT solution for Tropical Disease. I also enjoy to teach the students, as a part time lecturer in Swiss German University Serpong & UNS Sebelas Maret Surakarta. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

