Panggilan ke sensei

Saat saya masih semester 1 dulu, secara rutin saya belajar di lab. seorang professor di jurusan elektro. Beliau menjadi pembimbing akademik saya, menjadi tempat konsultasi kalau saya punya masalah di perkuliahan. Tentu saja bukan beliau langsung yang rutin menangani saya, tapi ditugaskan ke salah satu mahasiswa master. Di lab. tsb. para mahasiswa memakai “papa”, kalau sedang membicarakan professor-nya (yang tongkrongannya serem). Tentu saja panggilan ini informal dan beredar hanya di antara mahasiswa saja. Saya pun diberitahu bisik-bisik panggilan itu, dan diwanti-wanti jangan sekali-kali memakai panggilan “papa” ke sensee, kecuali kepingin distrap. 😀

Setelah saya menjadi dosen, murid-murid saya di Jepang biasa memanggil dengan “Nugoroho sensee”, karena memakai nama Nugroho saya pakai sebagai family name. Sampai di Indonesia, murid-murid saya biasa memanggil dengan “pak Anto”, dan kadang dengan bercanda, memanggil “sensee”. Panggilan yang tidak lazim pernah saya terima dari murid saya, “pak asnug”, karena mengira email saya asnugroho@gmail.com itu berasal dari nama saya “asnugroho”, padahal itu singkatan. Ada juga yang nekat memanggil “Oom Anto”, karena meniru kakak kelasnya memanggil demikian. Kebetulan kakak kelas mereka itu pernah tinggal di apartemen yg sama, saat saya masih di Tokyo. Dia masih TK (atau awal2 SD ya?), sehingga terbiasa memanggil “Oom” kalau saya main ke rumahnya. Hanya satu orang yang memanggil “mas Anto”, dan sampai sekarang belum lulus (semoga cepat lulus ya Nak). Masih tidak mengapa sih, …karena ada juga yang memanggil “pak dosen yang mirip Aa’ Gym”, dimana persamaannya ya, saya pun tidak tahu. Ada juga yang menyebut nama plus gelar lengkap dibaca semua “pak Anto Satriyo Nugroho bengmengdreng” saat sedang kesal dengan kenekatan saya dalam menyantap mie instan atau soto betawi …hahahahaha 😀

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

