Hukuman dengan cara menyalin jawaban puluhan kali

481166_10151301697144477_2104666865_nAdakalanya di kuliah saya memberi hukuman kepada murid-murid yang tidak dapat menjawab dengan baik, untuk menyalin jawabannya dengan tulisan tangan 10x, atau 20x dengan hadiah nilai kuis saya ubah ke 60 (batas minimal lulus). Ini hanya dalam quiz saja, tentunya. Karena pandangan saya, quiz adalah tool untuk edukasi. Dengan menulis 10x atau 20x jawaban tersebut, tentunya siswa tsb. akan membaca berulang kali, sehingga sedikit banyak akan teringat dengan cara menjawab soal itu. Sesekali ada juga yang saya strap dengan menulis seperti gambar di bawah. Ceritanya, quiz yang berbentuk pertanyaan secara lisan tersebut saya ujikan dan dia gagal menjawab dengan baik. Saya tawarkan dua pilihan, pertama mencoba lagi di lain waktu, atau pilihan kedua menyalin jawaban itu berpuluh kali plus hukuman tambahan: menulis :saya akan lebih rajin belajar puluhan kali. Mana yang kamu pilih ? Dengan cepat dan cukup mengejutkan, dia memilih yang kedua “Yang kedua aja pak !”. Dan dengan riang gembira, dia mengerjakan hukuman tsb. di samping saya, dan ngobrol banyak, tentang Tika, tentang Alya sebagaimana dia ikuti dari blog/FB. Agak heran juga, dihukum koq bisa ceria dan malah ngajak ngobrol dosennya 😀 Saya tidak akan lupa dengan murid yang satu ini. Semoga ujian-ujian berikutnya dapat kau lalui dengan baik, ya Nak

 

Tentang Anto Satriyo Nugroho

My name is Anto Satriyo Nugroho. I am working as research scientist at Center for Information & Communication Technology, Agency for the Assessment & Application of Technology (PTIK-BPPT : Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). I obtained my doctoral degree (Dr.Eng) from Nagoya Institute of Technology, Japan in 2003. My office is located in Serpong, Tangerang Selatan City. My research is on pattern recognition and image processing with applied field of interests on biometrics identification & development of computer aided diagnosis for Malaria. Should you want to know further information on my academic works, please visit my professional site at http://asnugroho.net
Pos ini dipublikasikan di kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

